Intan Dalam Debu – the web

Archive for the ‘Volume 27’ Category

Cuen Se Cung Tao

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 2 Comments

Cuen Se Cung Tao (Fei Shen)   Hormat pada guru / pemimpinnya, setia / menjunjung Tao-nya. Kalimat ini bukan hanya slogan semata, mestinya harus tertanam atau ditanamkan dalam hati sanubari setiap taoyu. Kalau sudah demikian, mestinya wujud nyata penerapannya ditunggu masyarakat dan lingkungan sekitar. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa kita harus menerapkan / memahami […]

Share

Stress, Bosan dan Lelah Untuk Hidup?

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments

Stress, Bosan dan Lelah Untuk Hidup? (Fang, Bali)   Berita utama dikoran Jepang: “Seorang pria yang dikatakan oleh polisi ‘sudah lelah hidup’ berjalan ke tengah kerumunan pejalan kaki dan melakukan hal tidak terduga oleh orang-orang disekitarnya. Ia mengeluarkan sebilah pisau dari balik bajunya berteriak lantang dan melakukan pembacokkan mambabi buta di distrik pusat pameran elektronik […]

Share

Ada Apa Di Hati Kita

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 1 Comment

Ada Apa Di Hati Kita (NN, Magelang)   Ada sepotong kalimat menggugah hati saya dan mungkin para pembaca juga sudah pernah mendengarnya. Demikian bunyi kalimat itu “Manusia lahir dan masuk ke dunia, menjalani hidup di dunia untuk jangka waktu yang kita tidak tahu!!” Yah..Manusia mana yang tidak ingin hidup bahagia, tentram dan damai. Dari hari […]

Share

Roda Karma Berputar

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments

Roda Karma Berputar (Zhu Ding-Ding, Surabaya)   Pada suatu hari, di sebuah desa hiduplah sepasang suami-istri dengan tiga orang anak perempuan dan seorang anak laki-laki. Setiap hari suaminya selalu mabuk-mabukan, berjudi, dan sering menyalahkan orang lain. Sang suami juga sering memarahi istrinya di depan anak-anaknya, bahkan di depan ibu mertuanya. Sebagai seorang ibu, ibu mertuanya […]

Share

Karya Sempurna, Fungsi Yang Utama, Estetika Mengikutinya

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments

Karya Sempurna, Fungsi Yang Utama, Estetika Mengikutinya (Ming-Ming, Jakarta)   Dari zaman ke zaman, dari waktu ke waktu, perkembangan masyarakat semakin kompleks, kompetisi semakin ketat di segala bidang. Tao tak lekang di segala zaman, kita saja yang Siu Tao pada zamannya mengikuti Tao/realita yang ada, berusaha mencari terobosan-terobosan baru menuju generasi unggulan, menuju ‘Kesempurnaan’. Sering […]

Share

Pentingnya Kesempatan Mencintai Orang Tua Kita

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments

Pentingnya Kesempatan Mencintai Orang Tua Kita (Yenny Tan, Surabaya)   Pernahkah kita memikirkan kesempatan apa saja di dalam kehidupan ini? Banyak kesempatan yang bisa kita lakukan di kehidupan sekarang ini, terutama untuk orang tua kita. Kita sebagai orang Tao, yang sangat dipentingkan adalah mengingat dan mencintai orang tua kita sendiri. Walaupun kita ditakdirkan memiliki orang […]

Share

Gampang Menulis Artikel

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 1 Comment

Gampang Menulis Artikel (Mirianto, Jakarta)   Sebenernya nulis itu sih ga ada caranya. Ga perlu kursus khusus buat belajar nulis. Apalagi kalo kita belajar Bahasa Indonesia pasti deh kita pernah diajarin yang namanya mengarang. Harus ada topik, pokok kalimat, alinea, dan bla… bla… bla… lainnya. Semuanya itu malah ga gitu penting buat gue. Semua itu […]

Share

TAO, Cahaya Penerang Hidupku

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 1 Comment

TAO, Cahaya Penerang Hidupku Intan Dalam Debu   “Bagaikan berjalan di tengah hutan belantara Tak tahu harus kemana kaki melangkah Ketika ada jalan setapak di depan mata Kucoba jalani walau hati terasa gundah…” Itulah sepenggal kisah dari awal perjalanan hidup ini, ketika aku belum menyadari akan sebuah makna perjalanan hidup seorang manusia. Mengapa lahir ke […]

Share

Harga Diri vs Nilai Diri

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 1 Comment

Harga Diri vs Nilai Diri (Mirianto, Jakarta)   Kadang orang sering banget ngomongin soal harga diri. Ada yang bilang harga diri dia rendah, juga ada yang bilang kalo harga dirinya tinggi banget… Trus apa harga diri itu penting banget ? Kalo menurut gue sih ga terlalu penting. Tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu Nilai […]

Share

Kalau Semua Tidak Mau Jadi Pemimpin

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments

Kalau Semua Tidak Mau Jadi Pemimpin (Daoren, Jakarta)   Ada satu artikel menarik yang pernah saya baca, yaitu tentang seseorang yang menolak kalau ia ditunjuk menjadi pemimpin. Dalam hati, saya berpikir kenapa orang ini tidak mau menjadi pemimpin kalau ditunjuk? Kenapa ia beranggapan kalau menjadi pemimpin haruslah seseorang yang perfect – yang sempurna? Padahal kita […]

Share
1 2 3