Intan Dalam Debu – the web

Mengapa Belajar TAO ?

Posted by IDB April 1, 2002, under Volume 11 | No Comments

Mengapa belajar TAO ?

Oleh : Lim Peng Hiang – Lampung

 

Saudara-saudara,

Kita belajar sesuatu tentulah, paling sedikit, karna kita ingin tahu mengenai sesuatu itu. Tapi pada umumnya kita belajar karena ingin mendapat manfaat dari yang kita pelajari itu.

Kita belajar berhitung, bukan semata-mata karena kita ingin tahu apakah ilmu-hitung itu, tapi lebih karena kita ingin bisa menggunakannya untuk membantu kita. Dalam kehidupan sehari-hari, secara otomatis kita selalu menggunakan ilmu-hitung, baik mengenai hal-hal yang rumit seperti di pabrik atau urusan perusahaan-perusahaan, maupun yang sederhana dalam urusan belanja rumah-tangga. Sekarang ini, mengerti cara berhitung sudah menjadi kebutuhan setiap orang.

Demikian juga dengan ilmu-ilmu yang lain, yang diciptakan dan dikembangkan manusia dari jaman dulu sampai sekarang, seperti ilmu kedokteran, tehnik, ilmu tumbuh-tumbuhan, dan tidak terkecuali ilmu bahasa. Semuanya dipelajari bukan hanya ilmu untuk ilmu, tapi lebih utama adalah untuk kesejahteraan manusia.

Dalam pergaulan sehari-hari, kita tidak terlepas dari penggunaan bahasa. Bahasa ada yang resmi, seperti yang dipakai dalam korespondensi antar negara, antar perusahaan, dalam pidato-pidato politik, atau upacara-upacara yang sacral. Bahasa ada juga yang setengah resmi atau sama sekali tidak resmi, seperti dalam pergaulan antar warga masyarakat, dalam diskusi-diskusi non-formal, seperti yang kita gunakan di Tao Koan kita ini.

Mengapa belajar TAO ?Penggunaan bahasa yang resmi dan tidak resmi itu disesuaikan dengan tempat dan waktunya. Sangatlah lucu dan janggal jika kita menggunakan bahasa resmi waktu berbicara dengan para petani, nelayan, atau ibu-ibu penjual sayuran. Bahasa yang tidak resmi, jika digunakan ditempat dan saat yang tepat, dapat membuat suasana terasa akrab.

Semua yang saya rasakan diatas berlaku juga dalam kegiatan orang belajar TAO. Ada orang yang belajar TAO untuk mengerti apakah TAO itu, ,mendalami filsafatnya, seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang Barat, dan banyak buku yang mereka tulis sebagai ilmu pengetahuan, mengupas arti TAO TE CING.

Tapi ada yang lebih mengutamakan manfaat agama TAO bagi kesejahteraan manusia. Jika buku-buku dari kelompok pertama itu terasa kering, karena lebih menekankan filsafat TAO yang tinggi, maka tulisan-tulisan dalam kelompok yang kedua lebih mudah dipahami, karena banyak yang berbentuk tanya-jawab, dan lebih menyangkut kebutuhan manusia sehari-hari.

Saudara-saudara,

Kita beruntung punya buku kuning yang bernama : Kitab Suci Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin atau Siu Tao Menuju Kesempurnaan. Buku ini tidak khusus mengajarkan TAO sebagai filsafat, seperti TAO TE CING yang sulit dimengerti, tapi lebih memberikan bimbingan dalam bentuk tanya-jawab, agar orang lebih mudah mengerti, dan lebih cepat mendapat manfaat dari belajar TAO.

Buku ini menyebutkan bahwa TAO menitik-beratkan pada yang alami atau Ce Ran, pada sifat rendah-hati, berusaha tidak merasa PUNYA, jika suksespun tidak membanggakan jasa.

Dalam buku ini kita jumpai pula kata-kata atau ungkapan, yang menunjukkan bahwa ada rahasia besar dalam agama TAO, dan yang mengajarkan keluhuran budi. Saya sebutkan saja dua buah kata atau ungkapan, yaitu :

TAO YING SUK - Suatu cara dalam agama TAO, yang sudah ribuan tahun digunakan, untuk memperlambat proses penuaan pada manusia.

CUEN SE CUNG TAO - Menghormati guru, setia kepada TAO.

Jadi, Saudara-saudara, kembali kejudul tulisan ini, yaitu :

Mengapa Belajar TAO ?, disamping menganjurkan Saudara-saudara agar rajin dengan tekun membaca buku pegangan kita yang saya sebutkan diatas, perkenankanlah saya menyampaikan imbauan dalam bentuk puisi sebagai berikut :

Mengapa Belajar TAO ?

Mengapa hati kita tergerak,
Beramai-ramai menjadi TAOYU;
Apakah karena kita diajak,—
Terdorong perasaan ingin tahu ?

Mengapa kita belajar TAO,
Menjadi pengikut MAHA DEWA;
Apakah karena pikiran kacau,
Ataukah sebab hati kecewa ?

Saudara,

Janganlah kita salah anggapan,
Merasa termakan bujuk-rayu;
Belajar TAO sudah jadi pilihan,—
Bertekad, dan bangga menjadi TAOYU.

Ingatlah :
Dijaman dulu
Guru TAO tidak gampang menerima murid
Sangat selektif, - muridpun hanya sedikit;
Banyak yang dengan tulus meminta,
Tapi terpaksa dibuat kecewa.

Tapi sekarang
Suhu kita sangat baik-hati,
Kepada siapa saja mau memberi,
Orang awam dijadikan siswa,
Diajari TAO agar bahagia.

Belajar TAO mendekatkan pada Alam Semesta,
Memahami hukumnya, menyesuaikan tindakan;
Berlatih TAO YING SUK membuat kita kuat dan awet-muda,
Jika sungguh-sungguh, bisa mendekati para Dewa.

TAO adalah air, TAO adalah udara,
Sangat dibutuhkan oleh manusia;
Dapat belajar TAO karena jodoh kita,
Janganlah kesempatan ini jadi sia-sia.

---ooo---

TAO

ADALAH PEMBIMBING

KESEMPURNAAN

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*