Intan Dalam Debu – the web

Sejarah Singkat : Kelenteng Fuk Tek Cen Sen

Posted by adminidb August 28, 2014, under Volume 11 | No Comments

Sejarah Singkat : Kelenteng Fuk Tek Cen Sen

Oleh : Admin

 
Klenteng “ Fuk Tek Cen Sen ” Jambi ini telah ada/berdiri sejak abad ke-18, tepatnya pada tahun 1805, dengan sebutan klenteng “Sou Sou Ding” yng terletak di tepi jalan M. Husni Thamrin, atau lebih dikenal dengan nama simpangan mangga/sungai maram. Tahun demi tahun umat pada klenteng ini semakin meningkat dan sempit mengadakan renovasi terhadap klenteng ini pada tahun 1952.
Sejarah Singkat : Kelenteng Fuk Tek Cen Sen
Namun karena timbulnya pemikiran bahwa umat klenteng ini terus akan bertambah seiring dengan kepercayaan masyarakat pada tahun tahun mendatang dan juga karena desakan Pemerintah atas lokasi ini yang akan digunakan sebagai perluasan untuk sarana transportasi umumlah yang mendorong seorang pengusaha Jambi berusaha mendapatkan sebidang tanah besar dan luas yang dianggap strategis letaknya untuk pendirian klenteng baru. Maka pada tahun 1979 didirikanlah klenteng baru yang terletak di “kampung Manggis”.

 

Baru pada tahun 1982, Dewa-Dewa yang ada pada klenteng lama menempati klenteng baru, berukuran 20X20 m² dengan total luas tanah ± 1 ha.

 

Adapun Dewa-Dewa yang terdapat pada Klenteng “ Fuk Tek Cen Sen ” adalah sebagai berikut :

  1. Dewa Fuk Tek Cen Sen
  2. Dewa Budha/Dewi Kwan Im
  3. Dewa Cu Sen Niang-Niang

 

Dengan demikian ditetapkanlah Tanggal 2 bulan 2 (Imlek) sebagai Hari Kebesaran Dewa Fuk Tek Cen Sen.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*