Intan Dalam Debu – the web

Pemupukan Moral Dalam Masyarakat

Posted by adminidb November 24, 2014, under Volume 12 | No Comments

Pemupukan Moral Dalam Masyarakat

Oleh : INA

 

 

Moral dapat dikatakan adalah suatu standart untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan singkat, yang disebut ‘moral’ itu bisa dibagi menjadi dua yaitu ‘moral individu’ dan ‘moral masyarakat/umum’.

 

Yang dimaksud moral pribadi itu adalah moralitas seseorang yang sudah terpupuk, sifatnya sangat pribadi. Dan yang disebut moral masyarakat/umum adalah moral yang diperlukan untuk hidup berdampingan dalam masyarakat.

 

Moral umum seperti juga pengetahuan lainnya harus ditumbuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua yang baik-baik itu dijadikan kebiasaan dalam hidup kita, misalnya tidak ribut-ribut ditempat umum, tidak mengganggu ketenangan tetangga, tidak sembarangan buang sampah, ada janji harus ditepati, dan lain-lain. Jika semua orang bisa berkelakuan demikian, masyarakat tersebut pasti adalah masyarakat yang baik.

 

Pertumbuhan moral umum yang positif itu juga tidak luput dari pendidikan. Anak-anak kecil mulai kanak-kanak sebetulnya sudah dididik budi pekerti yang luhur, didikan dalam keluarga harus senafas dengan didikan di sekolah. Semua diarahkan untuk memupuk moralitas yang tinggi, jadikan satu kebiasaan dalam hidup sehari-hari mulai kecil supaya kelak bisa jadi rakyat yang baik budi, dan taat pada peraturan-peraturan, dengan sendirinya mau jadi teladan sama-sama memajukan lingkungannya dan makmurkan negaranya.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*