Intan Dalam Debu – the web

Peresmian WIHARA SINAR MULIA

Posted by adminidb October 2, 2014, under Volume 12 | Comments Off

Peresmian

WIHARA SINAR MULIA

10 Februari 2002 – Bandung

Oleh : L.T.D – Bandung

 

Peresmian WIHARA SINAR MULIA
 
Perkembangan agama Tao di kota Bandung bermula dari usaha salah seorang Taoyu senior yang sudah Huang Ie untuk mengembangkan dan menyebarkan agama Tao di kota kembang ini. Pada saat itu, beliau berusaha untuk mencari dan menghubungi beberapa rekan Taoyu lainnya yang tinggal di kota Bandung.

 

Kebetulan, pada saat itu beliau adalah satu-satunya Huang Ie di kota Bandung. Akhirnya terkumpul beberapa orang Taoyu. Pertemuan rutin mulailah diadakan dirumah salah seorang Taoyu setiap hari Sabtu malam. Seperti pada konsep Wuchik dan Thaycik, maka dari jumlah Taoyu yang hanya 1 orang berkembang menjadi 2 orang, 3 orang dan seterusnya, sehingga akhirnya semakin banyaklah jumalh Taoyu di kota Bandung. Dengan terpaksa pertemuan rutin dipindahkan ke rumah beberapa orang Taoyu, yang menginginkan rumahnya, digunakan sebagai tempat pertemuan dan acara perayaan hari kebesaran para Dewa-Dewi. Pertemuan tersebut dilakukan setiap hari Minggu siang dengan lokasi yang berpindah-pindah setiap minggunya, dari rumah satu Taoyu ke rumah Taoyu yang lainnya.

 

Dikarenakan semakin banyaknya jumlah Taoyu yang ada di kota Bandung dari tahun ke tahun, maka pada hari Minggu, 1 Februari 2001, bertempat di rumah salah seorang Taoyu, para Taoyu merencanakan dan bertekad untuk membentuk sebuah yayasan dan membeli sebuah ruko untuk dijadikan sebagai Taokwan. Memang rencana tersebut termasuk nekad, mengingat kondisi keuangan (kas) yang sedikit. Namun, berkat dukungan para Taoyu baik yang berada di Bandung maupun Taoyu yang berada di daerah lain, baik berupa moril maupun materiil, akhirnya pada hari Senin, tanggal 9 April 2001, Yayasan Sinar Mulia dibentuk. Yayasan Sinar Mulia juga telah berhasil membeli sebuah ruko untuk dijadikan sebagai Taokwan. Puncaknya pada hari Minggu, tanggal 10 Februari 2002, Yayasan Sinar Mulia meresmikan Wihara Sinar Mulia, yang berlokasi di Jl. Cibadak No.225 D. Namun sayangnya, ada beberapa rekan Taoyu yang berhalangan untuk hadir dalam peresmian tersebut dikarenakan adanya acara keluarga (Imlek) dan bencana banjir yang melanda berbagai tempat.

 

Meskipun demikian, acara peresmian dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

 

Akhir kata, penulis berharap agar para pengurus di Yayasan Sinar Mulia dapat bekerja sama dalam mengelola dan mengembangkan Tempat ibadah Sinar Mulia sebagai Taokwan di kota Bandung. Penulis juga mengharapkan dukungan dari para Taoyu sekalian, khususnya para Taoyu di kota Bandung. Bravo tempat Ibadah Sinar Mulia.

 

Semoga Maha Dewa Thay Sang Lauw Cin selalu memberkahi dan melindungi kita semua.

 

Alamat Taokwan Bandung :
Wihara Sinar Mulia
Jl. Cibadak No. 225 D Bandung
Share

Comments are closed.

Leave a Reply








*