Intan Dalam Debu – the web

Bagaimana Menyiasati Kolesterol

Posted by adminidb December 7, 2014, under Volume 13 | No Comments

Bagaimana Menyiasati Kolesterol

Oleh : Bernard – Jakarta

 

Dalam proses Siu Tao (Tao Ying Suk), kita berlatih Sen Kung, Chi Kung dan Cingco dengan harapan badan kita dapat menjadi sehat dan kuat. Tetapi meski demikian, kita tetap harus menjaga gaya hidup dan pola makan sehari-hari karena perlu diingat bahkan seorang dokter yang mengerti masalah penyakit dan obat-obatan saja, masih bisa jatuh sakit, apalagi kita yang terkadang dikarenakan kesibukan menjadi lupa atau kurang memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang tentu saja bisa menimbulkan berbagai penyakit baik dalam jangka pendek atau panjang. Dan di jaman serba cepat dan super sibuk ini, salah satu penyebab kematian tertinggi adalah kolesterol tinggi.

 

Apa itu kolesterol?

 

Kolesterol merupakan sejenis zat lemak yang diproduksi oleh hati. Sebenarnya kolesterol itu berguna untuk memelihara dinding-dinding sel supaya tetap dalam keadaan sehat, membuat hormon-hormon dalam tubuh, membuat vitamin D dsbnya. Tapi permasalahannya terkadang tubuh kita memproduksi lebih banyak kolesterol dari yang kita butuhkan.

 

Penyebab kolesterol tinggi?

 

Penyebab dari kolesterol tinggi antara lain :

  • Keturunan/bawaan.
  • Gaya hidup seperti pola makan (banyak lemak jenuh).
  • Jarang berolah raga.
  • Kelebihan berat badan.

 

Tubuh secara otomatis akan terlalu banyak memproduksi kolesterol bila kita makan terlalu banyak lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging, susu, dan telur.

 

Ada berapa jenis kolesterol?

 

Jenis kolesterol ada 3 yaitu :

  • LDL (Kolesterol jahat) LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah.
  • HDL adalah kolesterol baik yang dapat membantu membersihkan kolesterol LDL dalam darah sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke atau serangan jantung.
  • VLDL(Triglicerid) VLDL adalah sejenis lemak yang ada di dalam darah. VLDL ini sama / mirip dengan LDL karena mayoritas terdiri dari lemak bukan protein. Tapi perlu diperhatikan kadar VLDL yang tinggi bersama dengan kadar LDL yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

 

Bagaimana penyumbatan dapat terjadi?

 

Penyumbatan terjadi dikarenakan LDL akan VLDL yang berlebihan dalam darah yang lama kelamaan mengendap dalam pembuluh darah hingga aliran darah menjadi menyempit / tertutup. Pembuluh darah akan menyempit dan mengeras. Bila hal ini terjadi maka aliran darah menuju jantung, otak atau organ tubuh lainnya akan terhalang. Bila tidak diatasi akan dapat menimbulkan serangan jantung/stroke.

 

Berapa tingkat kolesterol yang ideal?

 

Tingkat kolesterol darah yang paling ideal adalah di bawah 180.

 

Bila diantara 180 – 200 termasuk sedang.

 

Dan di atas 200 bisa dikategorikan terlalu tinggi.

 

Semakin tinggi tingkat HDL akan semakin baik.

 

HDL yang paling ideal adalah di atas 50 dan bila di bawah 35 dikategorikan terlalu rendah.

 

Sedang semakin rendah tingkat LDL akan semakin baik.

 

LDL dan VLDL yang paling ideal adalah di bawah 130, dan 160 dikategorikan terlalu tinggi.

 

Bagaimana mencegah kolesterol tinggi?

 

Cara yang paling efektif adalah dengan latihan Tao Ying Suk dan juga banyak berolah raga yang aerobik ( mengandalkan kapasitas paru-paru) seperti jogging (lari, sepeda, renang, dsbnya) secara rutin dan teratur. Ke dua hal di atas akan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL/VLDL) dalam darah. Pembuluh darah akan dibersihkan oleh HDL dan jantung akan dikuatkan dan akan memompa darah lebih lancar dan kuat.

 

Tingkat kolesterol juga dapat diturunkan dengan mengikuti pola makan yang sehat dan benar. Kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak seperti goreng-gorengan, jeroan, bebek, kulit, sosis, hamburger, kepiting, udang, cumi, margarine, mentega, kuning telur, susu berlemak dan keju. Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan tidak mengandung kolesterol.

 

Dengan menjalankan latihan Tao Ying Suk, berolah raga dan mengikuti pola makan yang benar dan teratur, secara alamiah badan kita akan menjadi sehat dan akan terhindar dari segala implikasi yang disebabkan oleh kolesterol darah tinggi.

 

Selamat menjalankan Hidup Sehat!

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*