Intan Dalam Debu – the web

Belajar Mampu Mengendalikan Diri

Posted by IDB October 21, 2002, under Volume 13 | 1 Comment

Belajar Mampu Mengendalikan Diri

Oleh : Heng Heng

 

Belajar Mampu Mengendalikan DiriManusia mempunyai perasaan senang, jengkel, sedih, gembira, dll. Waktu senang atau sedih sekali pasti ada reaksi yang menonjol, misalnya sedang sedih akan menangis memilukan, sedang marah akan memaki-maki. Pelampiasan perasaan ini penting badi kestabilan psikis dan kesehatan psikis. Tapi juga harus ingatbahwa emosi seseorang tidak boleh dibiarkan lari ke kanan ke kiri atau lepas kontrol. Penyebab bagi sebagian orang yang tidak pandai mengendalikan diri kira-kira ada empat:

  1. Menemui masalah yang saling kontradiksi tak langsung diselesaikan, berlarut-larut sampai parah memberi dapmak negatif dan kegelisahan bagi dirinya.
  2. Senang menyalahkan orang lain, jengkel terus pada orang lain, tak mau mawas diri, dan kurang simpatik, makanya gampang bertengkar dengan orang lain, berakhirdengan dendam satu sama lain.
  3. Kurang lapang dada, terlalu mengada-ada, selalu merasa dirinya dikucilkan atau menghitung-hitung sikap orang lain kurang baik bagi dirinya, menilai sesuatu selalu darisudut negatifnya.
  4. Sangat minder, condong mem-feto keadaan bagi dirinya, menganggap semua yang dikerjakan kalah dengan orang lain hingga stress, menderita tiap hari.

Sebetulnya penyebab penyebab-penyebab di atas bisa dipudarkan, kuncinya asal bisa belajar sampai mampu mengendalikan diri, mengatur kelakuan dan kata-kata, meluruskan sifat dan sikap dirinya terhadap lingkungannya, kalau bisa begitu tentu akan gampang bergaul dengan orang lain, dan banyak manfaat bagi kesehatanfisik dan mentaluntuk dirinya.

Sebagai seorang yang SiuTao, kita harus terus belajar untuk mampu mengendalikan emosi kita, hadapilah hidup ini dengan perasaan gembira dan tanpa beban. Apabila artinya kita hidup hanya untuk menderita, nikmati kehidupan ini dengan senang dan secepatnya hilangkan semua beban pikiran yang membuat kita selalu menderita dan sedih.

Share

Currently have 1 Comment

  1. menjadi bahan referensi yang bagus .....

Leave a Reply








*