Intan Dalam Debu – the web

Cerita Pendek : Katak Yang Sombong

Posted by adminidb December 2, 2014, under Volume 13 | No Comments

Cerita Pendek : Katak Yang Sombong

Oleh : Heng Heng

 
Cerita Pendek : Katak Yang Sombong
 
Katak kecil berkata dengan katak besar, “Lihat, disana ada makhluk aneh, dia begitu tinggi dan besar, diatas kepalanya tumbuh dua tanduk, belakang pantatnya masih bergantung satu ekor panjang, suaranya besar membuat tuli telinga kita”.

 

Katak besar berkata, “Ah, itu hanya seekor sapi saja, dia tidak lebih besar dari pada saya, hanya lebih tinggi sedikit dari saya, kamu boleh lihat badan saya!” Lalu katak besar itu mulai menghimpun tenaga dan menghirup hawa membesarkan badannya sampai besar, kemudian bertanya pada katak kecil, “Apakah sekarang sudah lumayan besar?”.

 

Katak kecil menggeleng-geleng kepala dan berkata “Masih jauh.....”, Katak besar membesar lagi, katak kecil tetap menggeleng-geleng kepala dan katak besar membesar lagi, mendadak terdengar suara “BUK”, ternyata perut si katak besar pecah!.

 

Ibarat orang yang sombong, tidak tahu betapa tingginya langit dan tidak mengerti berapa tebalnya bumi, melainkan hanya mencari nama yang kosong dan kehormatan saja tidak mau kerja nyata, akhir hasilnya pasti seperti katak besar yang memecahkan perutnya sendiri. Bagi manusia nama harum dan kehormatan itu sebetulnya timbul dengan sangat alami, harus dicapai dengan keuletan dan penuh perjuangan. Ini harus dimengerti!.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*