Intan Dalam Debu – the web

SIU SIN YANG SIN

Posted by adminidb December 2, 2014, under Volume 13 | No Comments

SIU SIN YANG SIN

Oleh : Hu Wei Lin

 

Sering kita mendengar istilah Siu Sin Yang Sin (merevisi yang jelek dan mempertahankan yang sudah baik) dibicarakan dalam acara diskusi dengan para Sesiung/Secie, tetapi ke arah mana kita harus merevisi diri? Apa patokan yang dapat kita pakai dalam merevisi diri? Bukankah seperti kita mengendarai mobil harus ada tujuan yang jelas, supaya tidak berputar-putar tanpa arah dan tidak sampai kemana-mana?

 

Beberapa tahun yang lalu penulis membaca buku psikologi yang menganjurkan agar kita menuliskan semua tujuan kita (dalam hal pengembangan kepribadian, keuangan, hubungan keluarga, dll) yang kemudian dibaca setiap hari untuk mengingatkan kita agar kegiatan kita sehari-hari mengarah pada tujuan yang sudah ditentukan.

 

Point tujuan dalam pengembangan kepribadian ini berkaitan dengan istilah Siu Sin Yang Sin dalam Siu Tao, karena itu penulis menempelkan dipintu lemari, “8 point yang perlu dikurangi dalam Siu Tao”, yaitu :

  1. Kritik menyerang orang lain
  2. Menonjol-nonjolkan diri
  3. Dendam
  4. Perhitungan-perhitungan
  5. Keisengan pada masalah orang lain
  6. Mau menang sendiri
  7. Menganggap diri yang paling benar sendiri

 

Beberapa minggu kemudian penulis membaca buku psikologis lain yang mengatakan bahwa guru sekolah banyak yang salah menangani murid. Bila muridnya ada yang nakal disuruh menulis sepuluh lembar kalimat “Saya tidak akan nakal lagi” yang mana bukannya murid tersebut menjadi baik, tetapi malah bertambah nakal, karena kata “nakal” justru tertanam makin dalam pikirannya.

 

Seperti kalau penulis bilang “anda jangan membayangkan kuda putih” maka yang terbayang dalam pikiran anda justru “kuda putih” bukan?

 

Seharusnya guru sekolah itu menyuruh muridnya menulis 10 lembar kalimat “saya akan lebih baik”, niscaya murid yang nakal itu akan menjadi lebih baik.

 

Saat itu juga penulis mencopot kertas berisi “8 point yang perlu dikurangi dalam Siu Tao” tersebut. Lalu apa yang harus ditempelkan disitu? Penulis mencari dalam catatan-catatan Siu tao, apa point-point yang merupakan kebalikannya, ternyata penulis menemukan 16 point yang harus kita pupuk untuk dapat menjadi umat Tao yang baik, point-point itu adalah:

  1. CUNG          = Setia kepada negara
  2. HAU/SIAU = Berbakti kepada orang tua
  3. Ho                = Selalu bersikap damai
  4. SUEN          = Mengikuti arus yang benar
  5. REN             = Setia kawan/negara
  6. SIN             = Tanamkan kepercayaan satu sama lain
  7. CHE             = Sabar / tidak gampang marah
  8. CIEN           = Tidak boros / hemat
  9. JEN              = Tahan diri / mengendalikan emosi
  10. CING         = Saling menghormati
  11. LIE            = Sopan santun
  12. LIEN       = Murah hati
  13. AI              = Cinta kasih
  14. SAN         = Beramal / berbuat baik
  15. CE            = Cerdas / pandai
  16. CHE        = Welas asih

 

Dalam proses diskusi selanjutnya dengan teman-teman yang beragama lain, maka semakin jelas bahwa 16 point tersebut berlaku universal.

 

Demikianlah sedikit pengalaman penulis dan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Salam TAO

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*