Intan Dalam Debu – the web

TIPS MENGHADAPI GOSIP

Posted by adminidb December 2, 2014, under Volume 13 | No Comments

TIPS MENGHADAPI GOSIP

Oleh : INA – Sby

 

Di tempat banyak orang berkumpul biasanya pasti ada gosip-gosip mengenai orang tertentu, misalnya si A ada apa-apa dengan si B, si C ada apa-apa dengan si D yang dijadikan bahan. Gosip hampir tidak ada yang baik dan yang enak didengar, kebanyakan merusak dan menjelek-jelekkan saja.

 

Motif orang yang membuat gosip-gosip itu juga beraneka ragam, ada yang sengaja untuk menjatuhkan seseorang, ada juga yang asal-usulnya dari ketakutan atau gelisah terhadap sesuatu hal.

 

Menghadapi gosip-gosip itu, kebanyakan orang memandang dari segi negatifnya saja dan mengambil sikap “tidak peduli”. Sebenarnya yang lebih baik itu adalah sewaktu gosip itu baru muncul harus dianalisa dan dipelajari dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Yang pertama, dilihat dari mana sumbernya.
  2. Motif yang menyebarkan gosip. Apakah dia hanya melampiaskan ganjalan-ganjalan di hati atau sengaja merusak nama baik orang lain, hal ini harus diperhatikan.
  3. Siapa saja yang terkena gosip tsb. Bila pendengarnya makin banyak maka persoalan makin jadi gawat.
  4. Cobalah mencari tahu siapakah yang dapat mengambil keuntungan dari gosip tsb. Cari tahu apa yang sesungguhnya, lebih baik menganalisa siapa yang ambil keuntungan dari gosip tsb dari pada yang terkena gosip.
  5. Andai kata anda yang jadi sasaran gosip, jangan ambil gaya cuek saja, melainkan harus menemui orang yang menyebarkan gosip tadi, menerangkan sikap anda, tapi jangan sampai bertengkar atau menyakiti lawan supaya gosip berhenti sampai di situ saja, tangkal akibat yang lebih buruk di kemudian hari.

 

 

Gunakanlah senyuman manis untuk memperindah paras muka,

Gunakanlah olah raga untuk memperindah tubuh,

Gunakanlah banyak membaca untuk memperindah bathin,

Gunakanlah penglihatan yang kabur untuk melihat kekurangan orang lain,

Gunakanlah penglihatan yang jeli untuk melihat kelebihan mereka.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*