Intan Dalam Debu – the web

Belajar dari Kejahatan

Posted by adminidb January 27, 2015, under Volume 14 | No Comments

Belajar dari Kejahatan

Oleh : Thiang Tje

 

Ada seorang teman yang berasal dari negara maju berkata kepada teman saya yang lain yang berasal dari negara miskin yang tingkat korupsinya yang sangat tinggi, dia bilang saya ingin belajar banyak dari negara anda, menganalisa, meriset dan merenungkannya dan saya akan menjadi lebih baik bila belajar dari negara anda. Mungkin bagi orang awam yang berpikiran secara doktrin dan monoton akan bingung dengan pernyataan tersebut, tapi bagi Tao Yu yang mengenal Yin dan Yang, tidak akan bingung dengan perkataan tersebut mengapa?

  1. Mengenal dan mempelajari yang buruk bukan berarti buruk akibatnya.
  2. Mengenal, mempelajari keburukan dan mengetahuinya, bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan menyadarkan diri kalau kejahatan itu akibatnya buruk. Kita bisa bayangkan betapa buruknya kalau diri kita tidak sadar atau tidak mengetahui kalau kita telah berbuat kejahatan, apalagi oleh karena kita tidak mengenal pengetahuan tentang kejahatan itu.
  3. Setiap pengetahuan kejahatan ada manfaat baiknya, karena kita bisa belajar dari yang buruk untuk berbuat yang sebaliknya.
  4. Kita bisa merenungkan kejahatan-kejahatan untuk membandingkan-bandingkan dan menimbang-nimbang atau sebagai tolok ukur atas sikap kita saat ini. Apakah kita bagian dari lingkup sifat jahat ini? Ataukah kita setengah dari kejahatan ini? Atau kita telah bersyukur karena lepas dari kejahatan ini?

 

Seorang auditor harus mengetahui dan mempelajari kejahatan untuk memberantas dan mencegah kejahatan di perusahaan dengan baik.

 

Yang dimaksudkan di sini adalah, belajar tentang kejahatan bukan berarti untuk diterapkan melainkan untuk dihindari.

 

Jadi kita hanya mempelajari, bukan berarti belajar kemudian kebablas menerapkannya.

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*