Intan Dalam Debu – the web

Kitab Hening Bening

Posted by adminidb January 29, 2015, under Volume 14 | No Comments

Kitab Hening Bening

Saduran bebas oleh : D Li

 

Nabi Laotze bersabda :

 

TAO Maha Agung tiada wujud, menciptakan langit dan bumi

 

TAO Maha Adil, menggerakkan surya rembulan

 

TAO Maha Misterius tiada bernama, melahirkan dan memelihara segala hal.

 

Ku tak tahu harus kusebut apa namanya, maka terpaksalah kunamakan : TAO

 

Segala didalamnya,

 

Mencakup yang jernih dan yang keruh, yang gerak dan yang diam\langit bening bumi keruh, langit bergerak, bumi diam

 

Pria jernih wanita keruh, pria aktif wanita pasif

 

Yang utama mengalir, melahirkan semua makhluk dan benda

 

Yang jernih adalah sumber dari yang keruh, yang bergerak adalah dasar dari yang diam.

 

Bila manusia dapat jernih dan tenang (Qing Cing) selalu, menyatulah ia dengan alam semesta.

 

Jiwa sejati manusia hening bening asalnya, namun karena diganggu kesadaran duniawi sehingga gundah-gulana

 

Manusia sejatinya tenang, namun nafsu keinginan (yu) telah menarik-nariknya

 

Bila senantiasa dapat mengusir nafsu keinginan, hati akan tenang (jing) dengan sendirinya

 

Bila hati bening (cheng), maka jiwa sejati akan jernih (qing) dengan sendirinya

 

Dengan sendirinya (Ceran) enam nafsu tak akan timbul, tiga racun akan musnah

 

Kalaupun belum dapat sedemikian rupa adalah karena hati belum jernih, karena nafsu ( yu) belum terusir

 

Bila nafsu telah terusir,

 

Tengoklah ke dalam hatimu (xin), seakan tiada hati (wu-xin)

 

Ke luar melihat semua yang berwujud (xing), seakan tiada berwujud (wu-xing)

 

Memandang jauh melihat semua benda (wu), seakan tiada benda (wu-wu)

 

Bila ketiga hal di atas pun telah tiada lagi, nampaklah kosong belaka (Gong)

 

Bila apa yang dilihat terasa kosong (gong) belaka, bukanlah kekosongan yang sejati (wu-kong)

 

Bila kosong (wu-kong) pun telah tiada, maka ketiadaanpun tak terasa lagi (WU)

 

Bila segalanya menjadi terasa tiada apapun jua (WU), maka tercapailah keadaan diam tanpa gerak (ci)

 

Sampai keadaan tanpa gerak (ji) ini pun tak terasa lagi, bagaimana nafsu bisa timbul

 

Bila nafsu sudah tidak timbul lagi, itulah ketenangan sejati

 

Dengan ketenangan sejati mengahdapi segala hal, maka jiwa-sejati pun selalu berada pada diri kita

 

Dengan ketenangan sejati dalam kehidupan, barulah dapat dikatakan hening-bening(Qing Cing) yang tidak berubah/konsisten

 

Dengan demikian rupa bersih dan tenangnya (Qing Cing), lambat laun dia memasuki jalan TAO/Ke-Tuhanan

 

Memasuki jalan TAO yang sejati, disebut mendapatkan TAO (Tek TAO)

 

Meskipun dikatakan mendapatkan (tek) TAO, namun sesungguhnya apa pun tiada didapat (wu-tek)

 

Menyelamatkan sesama umat manusia, dapat dikatakan telah mendapatkan TAO

 

Mereka yang paham akan hal ini, bolehlah menyebarkan TAO nan suci ini

 

Thay Sang Lauw Cin bersabda:

 

Orang yang kualitasnya tinggi tidak bertengkar, orang yang kualitasnya rendah gemar bergara-gara

 

Orang yang berbudi luhur tidak mempersoalkan budi (Tek), mereka yang rendah budi ingin dirinya disebut berbudi

 

Orang yang sering mengatakan dirinya berbudi, sebetulnya dia tidak mengerti tentang budi

 

Banyak manusia tidak bisa mendapatkan TAO sejati, karena hatinya penuh dengan niat yang tidak patut (wang)

 

Begitu timbul hati yang penuh niat tidak patut (wang), maka terusiklah (jing) jiwa sejati

 

Ketika jiwa sejati terusik (jing), timbullah keinginan-keinginan (zhuo) kebendaan

 

 

Begitu munculnya kemelekatan (cuo), datanglah keserakahan (tan)

 

Begitu tuntutan keserakahan muncul (tan), maka hati menjadi gundah dan kesal (fan nao)

 

Gundah, kesal, dan pikiran-pikiran yang tidak patut (fan nao), menimbulkan kesengsaraan/kesedihan (ku)

 

Maka terjerumuslah ke dalam keadaan hina dan kotor, berkelana dalam lautan kelahiran dan kematian

 

Terbenam dalam lautan derita dan kehilangan TAO sejati untuk selamanya

 

Tao yang kekal mendapatkan pencerahan TAO, akan damai dan sejahtera selalu (Qing Cing).

 

(sumber : Thay Sang Qing Cing Cin)

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*