Intan Dalam Debu – the web

Selayang Pandang Hok Ho Kiong Wonosobo

Posted by adminidb December 10, 2014, under Volume 14 | No Comments

Selayang Pandang Hok Ho Kiong Wonosobo

Oleh : Tao Yu – Wonosobo

 

Do kota Wonosobo, ada sebuah kelenteng bernama HOK HO KIONG menurut sejarah ratusan tahun lalu lamanya bangunan kelenteng tersebut sudah berdiri. Pengurusnya sangat kompak. Baru-baru ini di belakang kelenteng dibangun lagi satu balai serba guna, bernama Kwang Juan Tian, tempat ini di gunakan untuk berkumpulnya para umat.

 

Kelenteng tersebut memiliki FUK TEK CEN SEN sebagai Dewa utamanya (kimsin Dewa Tao). Tiap tanggal 1 & 15 Imlek, suku Hua banyak yang datang untuk sembahyang sehingga biasanya sangat ramai. Mereka mengerti bahwa Tri Dharma adalah gabungan dari Tao, Kong Hu Cu dan Budha, bahkan yang dominan adalah Tao nya. Tak dapat dipungkiri kalau agama Tao adalah agama yang tertua dari Tiongkok kuno dan sampai kini umatnya pun masih banyak yang bersembahyang.

 

Seperti juga suku-suku lain di dunia, Suku Hua di seluruh dunia, walaupun di manapun ia tinggal pasti tidak akan lepas dari adat nenek moyangnya. Begitu pula terhadap agama sendiri rasa hormatnya sangat tebal. Inilah kesan yang ditunjukkan dari banyaknya umat yang datang dengan antusias untuk sembahyang.

 

Tgl 28-12-2002 kami kebetulan lewat dan dapat mengikuti Ciang Tao yang diadakan di sana. Yang membuat kita kagum, di kota kecil seperti itu yang datang mengikuti ceramah bisa mencapai seratus orang lebih.

 

Inti dari Ciang Tao mereka antara lain adalah menganjurkan menjadi orang baik, harus hormat terhadap orang tua, tidak boleh cepat putus asa dan banyak membaca buku yang baik untuk menambah wawasan kita.

 

Acara tersebut dimeriahkan juga dengan nyanyian lagu-lagu Tao oleh grup nyanyi Tao, lagu yang dinyanyikan antara lain Ying Cia Ping, Siek Tao hao, Kwei Ming Li, dll. Acara di mulai dari pukul tujuh sampai pukul sebelas malam dan diakhiri dengan tepuk tangan dari pendatangnya.

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*