Intan Dalam Debu – the web

Kesehatan Sempurna

Posted by adminidb February 26, 2015, under Volume 15 | No Comments

Kesehatan Sempurna

Oleh : Hu wei Lin – Salatiga

Sering kita mendengar istilah kesempurnaan ataupun sempurna abadi (Zhen Shan Mei) dalam ceramah maupun dalam beberapa lagu Tao kita, bahkan salah satu buku bacaan kitapun judulnya “MENUJU KESEMPURNAAN”. Bagaimana sebenarnya proses menuju kesempurnaan? Apa langkah awal bagi kita yang ingin menuju kesempurnaan?

 

Kesehatan fisik dan mental yang baik adalah langkah awal yang sangat penting bagi kita untuk menuju kesempurnaan. Istilah bekennya adalah menjadi super sehat (Lou Jin Tong atau Wu Lou Tong) yaitu fisik dan mental mencapai tahap sempurna hingga tidak menemukan kekurangan-kekurangan.

 

Kesehatan fisik

Bagaimana hubugan antara kesehatan fisik yang baik dengan proses menuju kesempurnaan? Fisik yang tidak sehat adalah fisik yang membawa bibit penyakit (carrier) maupun pada saat munculnya gejala-gejala penyakit dari yang ringan sampai berat, dari yang hanya sakit batuk pilek sampai yang sakit kanker, AIDS, dll.

 

Jadi hubungan antara kesehatan fisik dan proses menuju kesempurnaan adalah:

  1. Proses untuk merevisi diri menuju kesempurnaan bukanlah hal yang mudah dan dapat dicapai dalam waktu semalam. Lalu berapa lama? Waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menuju kesempurnaan akan berbeda –beda, entah beberapa tahun, beberapa puluh tahun, ataupun harus beberapa kali reinkarnasi lagi. Jadi dengan menyehatkan kondisi fisik kita menjadi sempurna, diharapkan supaya memperpanjang umur kita sehingga cukup banyak waktu yang kita miliki untuk merevisi diri menuju kesempurnaan.
  2. Dalam proses merevisi diri, kita perlu mendengarkan ceramah (Jiang Tao) dari Shi Fu dan Shi Xiong, Shi Jie untuk menambahkan wawasan dan juga berdiskusi dengan Tao Yu lain untuk mengasah pengertian dan penalaran (WU) kita.

 

Untuk mengikuti semua acara tersebut tentunya dibutuhkan kondisi fisik yang sehat. Misalnya saat kita flu dan pusing, bagaimana bisa menyerap pengetahuan yang dibicarakan dengan baik walaupun kita hadir di ruangan pertemuan itu, apalagi kalau sampai sakit parah sehingga tidak bisa hadir.................... akan sangat disayangkan.

 

  • Penyakit fisik penyebabnya bermacam-macam, antara lain :
    Bakteri/Virus misalnya penyakit: Hepatitis, Bronkitis, AIDS, dll.
  • Ketidakseimbangan didalam tubuh antara Yin Yang, ataupun antara unsur kayu-api-tanah-logam-air, misalnya sakit radang tenggorokan karena panas dalam di leher, diare karena dingin di perut, sembelit karena panas di dalam perut, atau imun karena kelebihan antibody (terlalu banyak unsur kayu), dll.
  • Kondisi mental yang tidak sehat juga dapat menimbulkan penyakit fisik, misalnya sakit maag kambuh saat stress, sakit darah tinggi kambuh saat emosi, dll.

 

Banyak orang yang di dalam badannya sudah terdapat bibit penyakit tetapi tidak disadari (carrier) yang masuk melalui:

  1. Pernapasan, karena di udara beterbangan debu, bakteri, logam berat dan asap kendaraan bermotor, zat kimia dari barang kebutuhan rumah tangga, gas, dll.
  2. Makanan dan minuman kita yang kurang higienis.

 

Pada saat kondisi badan kita sedang fit maka bibit penyakit tersebut tidak menimbulkan masalah, tetapi kalau daya tahan tubuh kita menurun di bawah batas minimum maka bibit penyakit tersebut muncul menjadi gejala penyakit.

 

Bagaimana caranya untuk mencapai kesehatan fisik yang baik? Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita?

  1. Sarapan pagi bergizi. Beberapa orang tidak mau sarapan pagi karena beranggapan bahwa sarapan menyebabkan gemuk, sebenarnya hal ini tidak benar karena biarpun kalori yang dimakan pagi hari cukup banyak, akan sudah habis pada sore hariya karena dipakai untuk melakukan aktivitas seharian (kecuali pengangguran seperti pak Ogah, hehehe.....................)
    Dari diskusi dengan beberapa teman justru penulis menarik kesimpulan bahwa beberapa penyakit timbul karena tidak sarapan, misalnya : sakit maag biasanya diderita orang yang waktu mudanya tidak suka sarapan dan sering terlambat makan, juga peminum bir lebih beresiko sakit lever kalau bangun tidur selalu langsung minum bir tanpa sarapan terlebih dahulu.
    Tips bagi yang terbiasa minum vitamin atau food suplemen, sebaiknya diminum pagi hari saat bangun tidur ataupun saat sarapan pagi.
  1. Berolah raga setiap hari, misalnya jalan kaki, jogging, bulu tangkis, basket, dll. (kecuali penderita sakit jantung yang tidak boleh terlalu banyak aktivitas fisik sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokternya tentang olahraga yang diijinkan).
    Olahraga ini sangat besar manfaatnya karena meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen yang diserap dari pernapasan dan zat gizi yang diserap dari pencernaan dapat disebarkan merata ke seluruh bagian tubuh sampai ke organ / jaringan terkecil. Sampai ke jaringan yang terjauh dari paru-paru dan usus.
    Bagi orang yang sering berolah raga samapi mengeluarkan keringat maka jumlah kolesterol dan trigliserid dalam darah juga akan turun sehingga mengurangi resiko penyakit penyempitan pembuluh darah.
  1. Istirahat / tidur yang cukup +/- 8 jam/hari. Pada waktu kita tidur, darah dibersihkan dan jaringan tubuh yang rusak diperbaiki sehingga merasa segar saat bangun tidur.
  2. Makanan yang seimbang setiap hari. Tubuh kita memerlukan bermacam-macam zat gizi (seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat, lemak dan serat) yang terkandung dalam daging, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dll dimana satu dan lainnya saling melengkapi.
    Kita harus selalu makan sayuran dan daging dalam jumlah seimbang, karena:
    - Orang yang hanya makan daging tanpa sayuran berisiko sakit lever dan kekurangan serat (sembelit).
    - Ada zat gizi tertentu yang hanya terdapat pada daging, jadi makan sayur tanpa daging juga tidak benar.
  1. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan misalnya :

- Mandi 2 kali sehari.

- Gosok gigi setiap habis makan.

- Cuci tangan sebelum makan.

- Membersihkan tempat tinggal dari sampah dan debu.

- Dll

  1. Berlatih pernapasan (Chi Kung) akan sangat bermanfaat juga karena membesarkan kapasitas paru-paru, menambah jumlah oksigen dalam darah dan menguatkan organ-organ dalam tubuh sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. (emangnya onderdil mobil, hehehehe................)

 

Kesehatan mental

Bagaimana kaitan antara kesehatan mental yang baik dengan proses menuju kesempurnaan?

  • Yang dimaksud dengan penyakit mental yaitu : adanya kelainan mental seperti phobia, schizophrenia,dll
  • Kepribadian yang kurang baik yang menghambat kemajuan misalnya pesimis, dengki, malas, irihati, egois, dendam, dll.

 

Jadi kesehatan mnetal disini berkaitan erat dengan pembentukan kepribadian yang baik antara lain : lapang dada, rajin belajar, rajin bekerja, bersemangat menjalani hidup, bijaksana, rendah hati, welas asih, percaya diri, dll.

 

Setelah tercapai kesehatan mental yang baik, maka selanjutnya akan menunjang pencapaian kesempurnaan pada bidang-bidang kehidupan yang lain, seperti: rumah tangga yang harmonis, sukses dalam pekerjaan, hubungan sosial yang baik, dll.

 

Bagaimana kita membentuk mental yang sehat? Apa langkah-langkah yang harus dilakukan?

  1. Yang terpenting tentunya dengan selalu merevisi diri (Xiu Xin Yang Xin) yaitu mencari kekurangan-kekurangan diri sendiri kemudian memperbaikinya sampai tidak dapat ditemukan kekurangan lagi/sempurna. Nah proses merevisi diri inilah yang biasanya tidak mudah dan memakan waktu yang lama karena mengetahui kekurangan sendiri itu tidak mudah setelah tahu juga tidak mudah mengakui kekurangan diri sendiri apalagi kesediaan/komitmen untuk memperbaikinya..........wah, dibutuhkan TEKAD YANG KUAT.
  2. Banyak mendengar ceramah dan membaca buku yang baik untuk bahan masukan dalam merevisi diri.
  3. Meditasi, sangat membantu proses pembentukan mental yang sehat karena sebagian dari langkah-langkah mengolah jiwa ini ada juga perenungan (kilas balik), dimana kita menelusuri/mengevaluasi perjalanan hidup kita dari kecil hingga saat ini sehingga kita bisa menemukan penyebab dari beberapa sifat kita sekarang yang kurang baik dan memperbaikinya dari akar penyebabnya.

 

Kesehatan sempurna

Kesehatan fisik berkaitan erat dengan kesehatan mental karena mental yang tidak sehat dapat menyebabkan timbulnya penyakit fisik, sebaiknya saat kondisi fisik kita sehat dan fit barulah kita dapat menjalani hidup dengan penuh semangat, dapat menikmati dengan baik setiap saat dari hidup, dapat melakukan proses merevisi diri, dapat merasakan kebahagiaan hidup.

 

Jadi kesehatan sempurna, yaitu kondisi fisik dan mental yang sehat merupakan langkah awal yang paling mendasar dan sangat penting untuk proses menuju kesempurnaan, menuju sempurna abadi (Zhen Shan Mei)

 

Marilah kita selalu menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita semaksimal mungkin.

 

Be Happy.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*