Intan Dalam Debu – the web

Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang

Posted by adminidb February 26, 2015, under Volume 15 | No Comments

Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang

Oleh : TKJ, Tao Yu Lombok

 

Masa lalu adalah masa yang telah kita lalui, baik itu beberapa saat yang lalu, maupun beberapa hari, beberapa bulan, beberapa tahun, berpuluh-puluh tahun yang lalu, bahkan bisa berupa kehidupan lalu kita. Kejadian-kejadian atau peristiwa masa lalu merupakan pengalaman yang telah kita lalui, kesemuanya itu merupakan latar belakang pembentukan diri kita saat ini. Artinya kondisi kita saat ini jadi begini adalah akumulasi dari perbuatan-perbuatan dan peristiwa –peristiwa atau pengalaman masa lalu yang dialami oleh individu kita sendiri.

 

Dunia ini nyata dan berlaku hukum sebab akibat, semua peristiwa ada sebab dan ada juga ada akibatnya. Suatu sebab akan menimbulkan akibat dan akibat tersebut bisa menjadi sebab baru yang akan menimbulkan akibat baru lagi, begitu seterusnya. Maka dari itu kita harus benar-benar sadar akan kondisi saat ini, yaitu Masa Kini, Karena Masa Kini sangat penting yang akan menentukan Masa Yang Akan Datang. Kita tidak mungkin bisa memperbaiki peristiwa-peristiwa yang sudah lalu, yang bisa kita kerjakan adalah memperbaiki perilaku dan peristiwa-peristiwa saat ini, karena saat inilah yang menentukan Masa Yang Akan Datang.

 

Sebagai contoh seorang siswa karena tidak rajin belajar, maka ia menjadi tidak mengerti dengan pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah, sehingga dalam ulangan dia mendapat nilai kurang. Setelah mendapat nilai kurang, siswa tersebut tidak mungkin memperbaiki nilai kurang yang elah dia peroleh, yang bisa dia kerjakan adalah rajin belajar agar dapat mengerti pelajaran yang diberikan oleh guru dan mendapat nilai yang lebih baik pada ulangan yang akan datang. Ini adalah satu contoh sebab menimbulkan akibat dan akibat berubah menjadi sebab baru yang menimbulkan akibat baru lagi yang sangat sederhana dan kita semua dapat mengetahuinya dengan jelas. Untuk itu sesuai dengan anjuran Agama Tao, berbuatlah sebaik mungkin dalam kehidupan ini mulai saat ini juga, tingkatkan disiplin ilmu, lakukanlah hal-hal baik yang berguna untuk dirinya sendiri dan untuk orang lain, mupuklah jasa yang setinggi-tingginya tanpa pamrih, revisi diri sendiri, lakukanlah hal-hal yang sesuai dengan TAO, dan upayakan hari ini harus lebih baik dari yang kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, dengan demikian mudah-mudahan jalan yang kita tempuh ini merupakan Jalan Menuju Kesempurnaan dan di Saat Yang Akan Datang hidup kita penuh dengan Kebahagiaan.

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*