Intan Dalam Debu – the web

Peh Cun Go Gwee Tjee Go Perayaan Toan Ngouw Atau Toan Yang Mengendarai Perahu tanggal 5 bulan 5 Imlek Tepat persis tengah hari

Posted by adminidb March 2, 2015, under Volume 15 | No Comments

Perayaan Toan Ngouw

Oleh : Taoyu-Taoyu Parakan

 

Mungkin kata Peh Cun sering kita dengar dari orang-orang yang lebih tua, tetapi banyak di antara kita tidak tahu apa sih yang disebut dengan tradisi Peh Cun tersebut.

 

Berikut adalah cerita rakyat yang boleh dibilang menjadikan tradisi itu terjadi.

 

Berkaitan dengan sejarah berkisar tahun 300 SM, seorang patriot KUT GOAN atau CHU YUAN, seorang menteri kerajaan Chou Sastrawan/penyair dan ahli filsuf yang merasa putus asa melihat negaranya dihancurkan oleh negara CIN. Kehancuran ini juga disebabkan karena ulah beberapa bangsawan Chou sendiri, sehingga akhirnya sang menteri yang tidak berdaya ini tidak tahan melihat negeri tercintanya rusak di ambang kehancuran maka beliau membuang diri ke sungai MI-Lo di propinsi Hunan.

 

Selanjutnya kejadian tersebut diperingati oleh rakyat yang masih amat menghormati dan menyayangi Sang Menteri sebagai tradisi persembahyangan dan mengkayuh perahu/pesta air serta memberi Kwe Cang atau Bak Cang yang dibungkus daun bambu berbentuk segitiga dan diikat dengan benang yang bertujuan untuk memberi makan ikan agar ikan tidak memakan jasad sang menteri yang tenggelam.

 

Lebih dari itu, ada fenomena alam yang sangat menarik untuk diamati. Saat Go Gwe Tjee Go tengah hari, bola dunia berkedudukan central betul, maka telur dapat di berdirikan tegak lurus dengan bumi. Dipercaya bahwa saat itu dunia diliputi unsur yang murni sehingga semua unsur Yin sirna. Konon penyakit yang bersifat makhluk halus akan sirna. Juga air yang diambil saat Toan Ngouw mempunyai daya yang luar biasa untuk memasak obat-obatan, obat tidak akan busuk bila disimpan dalam waktu yang lama. Boleh dicoba, konon pakaian bulu yang dijemur waktu itu, tidak akan rusak di makan kutu/ngengat.

 

Salam hangat Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*