Intan Dalam Debu – the web

Perolehan Huang Ie

Posted by adminidb March 6, 2015, under Volume 15 | No Comments

Perolehan Huang Ie

Oleh : Tjhie Siong Hauw – Temanggung

 

Pengumuman hasil ujian Hwang ie telah kita terima dan kita telah mengetahui siapa yang lulus dan yang tidak lulus. Dan seperti biasa setelah pengumuman hasil, ada pihak yang menerima dan ada pihak yang meragukan pilihan Dewa-Nya “Koq si A” bisa lulus padahal “Si A” masih begini, masih begitu.

 

Hal ini bisa dimengerti dari kaca mata kita sebagai manusia dan kita menilai dari hukum manusia, tetapi di sini Hwang Ie diperoleh bukan dilihat dari kaca mata manusia beserta hukumnya tetapi di sini mutlak memang pilihan Dewa kita!

 

Yang saya pertanyakan disini adalah: Kita sebagai Taoyu kita percaya dan yakin pada Dewa, tetapi kenapa kita tidak yakin dan percaya pada pilihan Dewa?

 

Siapa yang salah? Dewanya? Atau...... kita-kita yang tidak percaya pada pilihan dari Shen?

 

Kalau kita sudah tidak percaya pada apa yang dipilih/ditunjuk oleh Dewa, kenapa kita masih ikut Tao?

 

Oke-oke saja jika secara logika kita bisa berpikir, dan secara logika pula kita dapat menganalisa. Tetapi jangan lupa kemampuan logika manusia itu terbatas, serta berubah dari waktu ke waktu. Mengapa? Karena kita masih dalam proses belajar, kita belum mengetahui TAO Nya. Jadi sekali lagi kalau kita tidak yakin dengan ke Maha an Dewa-Dewi kita dalam menentukan pilihannya, apakah Siu kita sudah benar? Kalau sudah merasa benar, untuk apalagi kita ikuti ajarannya?

 

Sebenarnya dalam mengikuti ujian Hwang Ie, banyak segi positif yang bisa kita ambil.

  1. Bagi mereka yang lulus
  2. Harus bisa lebih baik daripada sebelum mendapatkan Hwang Ie terutama bagi mereka yang hwang Ie-nya “diragukan” oleh kaumnya.
  3. Sadar apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan Hwang Ie.
  4. Tidak merasa dirinya “Super”.
  5. Harus dapat membuktikan bahwa kita memperoleh Hwang Ie bukan sekedar hokgie tetapi benar-benar sudah mampu menegmban tugas-tugas sebagai Hwang Ie.
    Jadi Hwang Ie yang kita peroleh harus kita usahakan benar-benar mencerminkan kemampuan kita serta kemauan kita untuk menjadi lebih baik daripada sekarang.

 

  1. Bagi mereka yang belum lulus
  2. Kita harus berterima kasih karena dengan ketidak lulusan kita, kita menjadi lebih sadar bahwa dalam diri kita masih ada kekurangan di mata Shen dan hal ini yang mesti kita sadari untuk kita perbaiki lagi.
  3. Kelulusan seorang Hwang Ie adalah meliputi kemantapan keyakinan, tindakan serta kemauan untuk merevisi diri serta loyalitas kita dalam Tao.

 

Pada akhir kata saya mengharapkan persatuan dan kesatuan para Taoyu semua demi kemajuan Tao kita. Jangan ada lagi rasa keraguan kepada mereka yang telah dipilih oleh Dewa kita untuk menyandang gelar kancing satu, kancing dua, karena Dewa memilih mereka bukan dilihat dari kaca mata manusia.

 

Marilah kita maju bersama demi Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*