Intan Dalam Debu – the web

Melupakan Kenangan Pahit

Posted by kichigai August 20, 2004, under Volume 18 | No Comments





Melupakan Kenangan Pahit

Oleh : Sony Kang ? Salatiga

 

Melupakan Kenangan PahitDalam perjalanan hidup, kita pernah mengalami kejadian pahit, meski cuma sekali. Tidak sedikit diantara kita dengan mudah lari dari kenangan buruk itu. Namun, banyak pula yang sulit melupakannya. Akibatnya kita menjadi pemuram dan tidak bahagia, yang selanjutnya mendatangkan kesulitan-kesulitan baru.

Kenangan pahit tadi sebenarnya bukanlah suatu hal yang tidak bisa diatasi, apalagi kita yang Siu tao. Berikut ini beberapa kiat untuk mengatasinya :

  • Mengubah Fokus. Ini bisa dilakukan dengan melibatkan diri secara total pada kegiatan-kegiatan dan minat-minat baru atau bergabung dengan teman-teman yang ceria, bahagia, humoris, dan optimis. Dengan cara tersebut, perhatian kita tercurah pada kegiatan atau minat baru. Kita juga bisa ?tertulari? keceriaan, kebahagiaan dan keoptimisan mereka.
  • Menghindari pemicu yang mengingatkan kita pada kenangan pahit yang pernah kita alami, misal tempat-tempat, pakaian, atau kata-kata tertentu.
  • Menolong orang lain mengatasi persoalan mereka. Dengan melakukan itu, secara tidak langsung kita juga dapat tertolong menghadapi masalah atau kesulitan kita sendiri.
  • Doa, liankung dan Cingco. Jika kegiatan ini dilakukan dengan serius dan konsisten, kita bisa terbebas dari luka-luka batin masa lalu.

Semoga kiat-kiat ini dapat membantu anda dalam melupakan kenangan pahit anda.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*