Intan Dalam Debu – the web

Pengetahuan dan Pengalaman

Posted by kichigai August 20, 2004, under Volume 18 | No Comments





Pengetahuan dan Pengalaman

Oleh :   Lisa - Surabaya

 

Pengetahuan dan PengalamanDimasa sekarang, kita dituntut untuk belajar banyak hal, mulai dari pengalaman hingga pengetahuan. Hal ini karena, ?Pengetahuan biasanya adalah dari Pengalaman, Pengalaman mendahului Pengetahuan.?

Contoh  : pengalaman orang sakit menumbuhkan pengetahuan dengan mulai adanya penelitian tentang pengobatan, dan hal ini pun berkembang terus untuk dapat memberikan manfaat bagi orang banyak.

Dari contoh diatas dapat disimpulkan, pengetahuan yang digunakan akan menghasilkan nilai, baik yang banyak ataupun sedikit. Hal itupun adalah ditimbang dari kebutuhan waktu itu. Mendapatkan pengetahuan dan menggunakannya di jaman sekarang ini, bukanlah berarti tidak mau tahu dunia luar; melainkan sehati membaca dan menjadi kutu buku. Orang ? orang yang murni untuk riset membaca sudah makin sedikit, walau demikian tidak dapat dikatakan tidak ada lagi.

Bahkan ada juga orang yang sikapnya hanyalah bersilat lidah/ bermain kata ? kata, tulis ? mengarang, tetapi sebenarnya tidak mau tahu urusan negara dan situasi dunia.

Mencari pengetahuan, tidak akan lepas dari kebutuhan pribadi, tetapi cari pengetahuan, tidak dibenarkan jika hanya untuk menguntungkan diri dan merugikan orang lain atau lepas dari masyarakat, kelompok manusia dan negara.

?Hanyalah mimpi ingin hidup enak dan mewah diatas awan yang tebal?

Maka di jaman ini, semua pengetahuan harus sudah sedemikian rupa dicocokkan dan dimanfaatkan untuk kehidupan sehari ? hari. Dalam jaman yang makin maju dan sarat dengan teknologi, kita haruslah memikirkan langkah apa yang harus kita perbuat, seperti memikirkan kita hendak belajar apa? Karena hal inilah yang paling logis.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*