Intan Dalam Debu – the web

IDAMAN "L"

Posted by IDB August 1, 2007, under Volume 25 | No Comments





IDAMAN "L"

Dari : Ria A.W - JAMBI

 

Idaman “L”?? Apa maksudnya ya?

Ok, mungkin dari judul di atas masih asing bagi para pembaca. Namun begitu, istimewakah huruf “L”? Istimewa! Itu pendapat saya, sebab dalam artikel ini, saya akan membahas apa sih keistimewaan dari makna huruf “L” itu sebenarnya. Penasaran??
“Gak terasa ya bentar lagi tahun 2008”
IDAMAN "L" Nah, kata-kata demikian sering dilontarkan kan sama orang-orang disekeliling kita? Wah, memang! Tahun 2008 sudah di depan mata.

Bila segala harapan, impian dan resolusi kita di tahun 2007 ini gak kecapaian, sudah saatnya di tahun 2008 menjadi “tahun sukses” buat diri kita. Lalu, “tahun sukses” bagaimanakah yang kita idamkan?

Baik, dari pertanyaan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap manusia pasti dan butuh impian / idaman. Baik idaman dalam segi pendidikan, karir, usaha, cita-cita, dan sebagainya. Idaman yang dimaksudkan adalah idaman yang “ingin menjadikan. diri menjadi lebih baik” dari sebelumnya. Sehingga “ingin menjadikan diri menjadi lebih baik” memacu kita memotivasikan diri menuju sukses nantinya. Siapa sih yang gak mau jadi sukses nantinya? Jelas! Semua prang pasti mengidamkan kesuksesan untuk hari kedepannya.

Dengan kesuksesan, manusia dapat dikatakan “manusia yang bermutu”. Nah, manusia yang bermutu inilah yang diperlukan oleh bangsa kita. Lalu, manusia yang bermutu bagaimanakah yang menjadi idaman bangsa? Jelas, manusia yang mencakup sukses di berbagai bidang, lebihnya dalam bidang pendidikan (apalagi buat para generasi muda khususnya) yang dituntut untuk menjadikan dirinya sukses (dalam arti cerdas, berprestasi, mahir, dll) dalam bidang pendidikan. Yap,mau dong?

Buat para remaja (atau sering disebut muda-mudi) memang sebagai penerus generasi. Selain wajib punya potensi ok di bidang pendidikan, bidang spiritual pun gak boleh ketinggalan. Nah loh?? Kok jadi bidang spiritual???

Memang topik inilah yang akan diperdetail disini dalam “TAO sebagai Spiritual / TAO SUK”.
Sebab, potensi muda-mudi di bidang spiritual inilah yang harus digali agar kelak menjadi manusia yang nantinya dapat mengikuti arus / ke jalan yang benar (SUEN).

IDAMAN "L"Pada umumnya, keaktifan muda-mudi dalam tiap minggunya ke Taokwan (karena di Jambi tiap Minggu) mendengarkan Ciangtao memang dapat mengasah, melatih, dan memperdalam kerohanian kita dalam TAO dimana TAO mengajarkan kita untuk mempunyai sifat tenang, damai, dan bahagia. Menuntun kita untuk berbuat kebaikan / amal (KUNG TEK) karena dengan banyak berbuat KUNG TEK barulah kita dapat merasa bahagia, hingga kita dapat menyatu dengan Tuhan / THIAN / Alam.

“Nah, bukankah contoh di atas merupakan idaman tiap manusia nantinya?”
Selain itu juga (bagi yang sudah di Tao Ying Suk), dapat secara langsung merasakan adanya DEWA, dengan setiap hari berlatih SEN KUNG, secara tidak sadar kita sudah mendapat bimbingan langsung dari DEWA pendamping kita (FU FAK SEN).

Maka dari itu, rajin-rajinlah lien kung! Juga, masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang diperoleh dalam TAO sebagai penuntun kita.

Nah, kembali pada topik awal, IDAMAN.
Jikalau timbul pertanyaan,”Idaman yang bagaimanakah yang dapat dikatakan idaman dalam TAO kita?” Ok, mari kita bahas satu per satu.

Kembali pada topik awal, menjelang detik-detik peralihan tahun membenahi diri memang perlu disiapkan. Sudahkah anda membenahi diri untuk tahun kedepannya?Menjadi bahan renungan bagi diri kita, kegagalan apa yang telah kita lalui, serta sifat, tutur kata, ataupun sikap dan perbuatan kita di tahun ini yang kurang mengesankan. Resolusi, harapan, dan idaman yang belum terwujud di tahun 2007 ini.

Di tahun 2008 nantinya, sudah saatnya menjadi patokan bagi kita untuk meraih kesuksesan.
Sukses mencakup arti yang sangat luas dimana sukses yang saya maksudkan disini adalah bagaimana idaman kita menjadi suatu kesuksesan. Nah, seperti judul yang saya tuliskan, IDAMAN “L”.

Begitu juga pada IDAMAN “L”, bagaimana idaman itu menjadikan suatu kenyataan yang sukses dalam bentuk “L”? Apa itu “L”?

Baiklah, seperti yang dijelaskan, tujuan manusia terhadap idaman mencakup “L” dimana secara singkat akan saya jelasan idaman yang wajib kita wujudkan menjadi suatu bentuk konkrit, di antaranya :

LIK CE
Artinya bahwa kita harus selalu mempunyai cita-cita yang luhur, sebab cita-cita kita lah yang menunjukkan suksesnya kita dalam berkarya. Seperti kata pepatah “Gantungkanlah cita-cita mu setinggi langit”. Jadi tentukan cita-cita mu mulai saat ini.

LIK YEN
Dalam arti selalu berbicara yang baik dan sopan. Dalam berbicara, selayaknya menjaga tutur kata dengan baik dengan orang yang lebih tua, yang sebaya, ataupun orang yang lebih muda dari kita. Dan perlunya kesopanan dalam bersikap, bertingkah laku, bertutur kata sampai hal-hal kecil soal berpakaian.

LIK TEK
Atau memupuk moral yang tinggi. Patuh. dan hormat sudah sewajibnya kita jalankan sebagai anak yang berbakti pada orang tua. Berjiwa besar, rela berkorban, dan masih banyak sikap-sikap moral yang patut kita tumbuh kembangkan disini.

LIK KUNG
Artinya selalu berbuat amal dan jasa. Amal dan jasa yang dimaksudkan disini, tentu dengan ikhlas tanpa pamrih ke orang yang kita Bantu / tolong. Karena amal dan jasa yang kita perbuat berdampak positif bagi diri kita saat ini maupun ke anak nanti serta bekal untuk di akhirat nantinya. Maka dari itu perbanyaklah berbuat amal dan jasa ya!

Nah, mungkin dari penjelasan singkat di atas, dapat menjadi bahan renungan bagi diri kita, langkah apa yang terbaik untuk kedepannya. Semoga di tahun 2006, segala harapan, idaman, dan resolusi kita terwujud dengan sukses.

Semoga bermanfaat...
Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*