Intan Dalam Debu – the web

Tanaman Hidup Pengusir Nyamuk

Posted by IDB August 1, 2007, under Volume 25 | 6 Comments





Tanaman Hidup Pengusir Nyamuk

Dari : Brian - Jambi

 

Halo Taoyu sekalian , kita lihat sekarang adalah musim hujan. Jadi pasti penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk cepat menyebar. Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi ini saya sadur dari sebuah sumber tentang tanaman pengusir nyamuk yang perawatannya mudah dan sederhana. Mudah-mudahan ini berguna bagi kita semua.

Berikut saya jelaskan sedikit tentang tanaman-tanaman tersebut :

Tanaman Hidup Pengusir Nyamuk1. Zodia
Tanaman ini tingginya 0,3-2 meter. Panjang daun tanaman dewasanya 20-30 cm. Tanaman ini mengeluarkan bau yang cukup tajam disebabkan oleh kandungan evodiamine & rutaecarpine sehingga tidak disukai serangga. Zodia tumbuh baik di ketinggian 400-1000 m dari permukaan laut. Bisa digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan atau kebun

2. Selasih
Selasih merupakan jenis tanaman perdu yang berumur I tahun dengan tinggi 30 - 150 cm. Selasih tumbuh di ketinggian 1- 1100 m dari permukaan laut. Selasih tumbuh baik di tempat yang teduh dan lembab. Tanaman ini memiliki daya adaptasi yang cukup baik sehingga mudah tumbuh di hampir semua tempat. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya. Bahan aktif di dalam daun selasih adalah eugenol, linalool, dan geraniol. Zat ini berbau menyengat dan tidak disukai nyamuk.

3. Geranium
Geranium merupakan tanaman perdu dengan tinggi 20-60 cm. Tanaman ini mampu hidup selama 3-5 tahun. Bentuknya sangat indah sehingga sering dijadikan tanaman hias yang ditanam di pot atau di halaman rumah. Daun geranium berperan sebagai anti serangga , anti bakteri , dan anti jamur. Terdapat bahan aktif dalam geranium yaitu geraniol &Tanaman Hidup Pengusir Nyamuk sitronerol. Baunya harum, bersifat antiseptic, dan tidak disukai nyamuk.

4. Suren
Tanaman berbentuk pohon ini tingginya dapat mencapai 20 m dan pertumbuhanrrya tergolong cepat. Suren tumbuh baik di daerah dataran rendah hingga ketinggian 2000 meter dari permukaan laut. Bagian dari Suren yang dapat mengusir nyamuk adalah daun dan batangnya. Ukurannya cukup besar sehingga ditanam di kebun rumah. Daun Suren mengandung komponen utama yaitu sureno ,surenin, dan surenolakton yang dapat berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Tempatkan saja tanaman tersebut di tempat yang cocok misalnya di pekarangan rumah. Tanaman Suren perlu dipangkas supaya tidak terlampau tinggi. Sisanya dapat dilakukan perawatan tanaman seperti biasa.

Nah , tadi itu tanaman pengusir nyamuk. Mudah didapat, ditemukan, dan dirawat. Semoga para taoyu mampu memanfaatkan kegunaan tanaman tersebut sehingga terhindar dari serangan nyamuk & sehat selalu. Kalau tubuh sehat tentu mau Siu Tao juga nyaman , tidak sakit-sakitan terus karena seekor nyamuk.

Sekian dulu dari saya , kalau ada kesempatan lagi saya akan cari obat alami untuk kesehatan lainnya.

Salam Tao.

Bisa memanfaatkan ‘alam’ tapi tidak merusaknya itu bijak sudah

Share

Currently have 6 Comments

  1. halo, bisa tau ciri ciri tumbuhan tsb, trims

  2. Lebih bagus lagi bila bisa ditampilkan fotonya ya.

  3. makaci ya dah bntu nambah2in data bwt karya tulis aku. . .

    mkin sukses yaw!!

  4. mungkin lebih bagus lagi kalo loe masukin gambar - gambarnya

    Good Job

  5. Dimana saya dapat memperoleh tanaman2 tersebut? Thanx

Leave a Reply








*