Intan Dalam Debu – the web

Harga Diri vs Nilai Diri

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | 1 Comment





Harga Diri vs Nilai Diri

(Mirianto, Jakarta)

 

Kadang orang sering banget ngomongin soal harga diri. Ada yang bilang harga diri dia rendah, juga ada yang bilang kalo harga dirinya tinggi banget... Trus apa harga diri itu penting banget ? Kalo menurut gue sih ga terlalu penting. Tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu Nilai Diri. Loh koq ? Apaan sih Nilai Diri itu ?? Mana ada sih diri itu punya nilainya ?? Pernah ada yang nanya gitu ke gue...

Sebenernya harga diri itu hanya lebih ke fisik seseorang aja, ke penampilan, jadi lebih cocok untuk gengsi2nya, jadi hanya dari segi kuantitas saja. Orang yang punya lebih banyak, itu artinya harga diri dia lebih tinggi. Bisa aja mobil, duit, rumah bahkan cewek.  Sedangkan nilai diri seseorang, itu lebih ke moralnya orang itu. Bagaimana sebenernya kualitas orang itu sebenernya. Bejat apa kagak orang itu. Masih bingung?  Nih gue kasih contoh.

Misalnya aja ada orang yang udah kepengen banget hidup enak kayak temen-temennya, padahal hidup dia sendiri aja udah susah. Ada 2 pilihan buat dia. Pertama dia bisa hidup enak kayak temennya, tapi dia harus menghalalkan segala cara. Kedua dia tidak mau ikut-ikutan temen-temennya.

Kalo dia melakukan hal pertama, melakukan segala hal, dia lebih mementingkan harga diri. "Gengsi donk gue, masa temen gue gitu, tapi gue ga bisa?" Makanya dia bisa aja ngelakuin pencurian, penipuan, dll. Demi harga diri biar ga diejek temennya juga bisa adu pamer, tapi ga punya nilai diri. Sedangkan kalo pilihan kedua, dia bisa mikir "Aahh.. biarin deh, ga perlu ikut-ikutan kayak temen gue, ga ada gunanya." Dia ga bakal melakukan hal2 yang tidak benar, walaupun harga dirinya akan jatuh, karena dia pasti akan diejek oleh temen-temennya, tapi dia punya nilai diri !

Jadi itulah perbedaan antara harga diri dan nilai diri. Di suatu saat, kita bisa memiliki keduanya, dan di saat lain kita bisa tidak memiliki keduanya. Tapi terkadang kita juga harus memilih salah satu dari keduanya, harga diri atau nilai diri. Mau pilih yang mana ? (Mirianto, Jakarta)

Share

Currently have 1 Comment

Leave a Reply








*