Intan Dalam Debu – the web

Komunikasi

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments





Komunikasi

Intan Dalam Debu

 

KomunikasiAkhir-akhir ini semakin disadari pentingnya suatu komunikasi yang baik. system penyampaian informasi dalam KOMUNIKASI yang tepat adalah salah satu system penyelesaian masalah dalam kehidupan, sebagaimana kita ketahui didalam penyebaran Tao juga dibutuhkan komunikasi, komunikasi yang bagaimana yang sekiranya menjadi pedoman bagi kita sebagai umat Tao dalam penyebaran agama Tao yang effektif.

Komunikasi yang buruk akan menjadi bumerang bagi kita sendiri . Contoh komunikasi yang buruk adalah :

  1. Kita terlalu mengumbar kata-kata/janji-janji positif kosong dalam berceramah, karena setiap kata yang diucapkan diserap dan dicatat oleh orang banyak akan menjadi dasar bagi pendengar. Apakah tindakan kita bisa/sudah sesuai dengan apa yang kita katakan ? Bila kita bicara sehat kita harus sehat atau mengerti arti sehat, kalau kita bicara awet muda kita harus terlihat awet muda. Kita mengajak orang ikut Tao, kita harus mengawali dari keluarga kita. Apabila apa yang kita utarakan tidak sesuai dengan kenyataan kepribadian kita dan diketahui oleh pendengar, maka bukan hanya 1 kasus yang menjadi cacat dalam ceramah kita, tapi orang lain akan ragu pada semua ceramah yang pernah kita utarakan, dan untuk masa depan kita sudah sulit meyakinkan orang. Maka jangan mengumbar sesumbar kosong apalagi terdata/terekam pada media sebagai catatan buruk yang terbukti.
  2. Level informasi yang dikomunikasikan tidak setara dengan konsumsi level orang yang mendengarkan, misalnya pada pemula diberi tahap informasi yang tinggi, akibatnya menjadi bingung cenderung tidak mengerti, mengada-ngada, tidak sesuai prosedur penghidupan dll. Jadi hendaknya dinilai dulu kemampuan pendengar jangan menilai semua orang sama kepandaian/kemampuan dengan diri kita.
  3. Penyampaian yang tidak informative/cenderung membingungkan yang disebabkan karena kurang menguasai/menjiwai bahan informasi atau kurang menguasai ilmu komunikasi. Dan tidak memahami penggunaan bahasa yang baik.

Komunikasi tidak hanya melalui mulut, banyak cara yang bisa dilakukan misalnya : melalui teladan kehidupan kita. melalui intermezzo, melalui isu positif yang sengaja disebarkan. (Thientje, Balikpapan)

HATI-HATILAH BICARA DAN CERDASLAH BERPIKIR.

TIAP-TIAP PERKERJAAN SUDAH DIBAGI BEKERJA SAJA.

HATI MANTAP MENDAPATKAN LINDUNGAN DEWA-DEWA.

TAK TERLETAK PADA BANYAK HIO ATAU LILIN-LILINNYA.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*