Intan Dalam Debu – the web

Sahabat Yang Berubah

Posted by IDB 1 August 27, 2008, under Volume 27 | No Comments





Sahabat Yang Berubah

(Hengky, Balikpapan)

 

Sahabat Yang Berubah

Setiap orang ingin memiliki sahabat atau teman dekat yang sejati. Kadang persahabatan yang kita jalin bisa bertahan lama namun tidak jarang pula karena sedikit perselisihan, persahabatan yang sedang dibina itu hancur berantakan.  Mengapa bisa terjadi demikian ?

  1. Bila pada hari ini kita ada sahabat dekat, tidak jarang terjadinya perubahan pada dirinya, ini wajar !!! Karena perlu disadari kita bisa akrab dengan dia di hari ini belum tentu bisa akrab pada keesokan hari. Yang perlu disadari perubahan dia bukan menjadi wewenang kita dan perubahan kita bukan hak kita memaksakan pada orang lain. Jadi jangan berpandangan sempit di kala teman kita berubah lalu tidak sesuai menjadi sahabat kita lagi, mungkin dia sudah berubah karena : terjadi perubahan perbedaan level, jabatan, ekonomi, jenjang pendidikan, hobby dll, perubahan itu harus di makhlumi. Kita tidak bisa memaksa untuk harus dekat dengan dia karena faktalah yang bicara apakah sesuai atau tidak.
  2. Jangan hanya selalu menyoroti perubahan orang lain yang berdampak pada diri kita, tapi kita terkadang juga bagian dari perubahan bagi orang lain.

Bagaimana mempertahankan sahabat yang baik?

  1. Yang perlu dicatat setiap perubahan kebaikkannya menjadi teladan, kita kejar keberhasilannya agar kita bisa tetap menjadi sahabatnya, dan setiap keburukannya menjadi "tanggung jawab" kita untuk mengembalikannya agar bisa tetap bersahabat.
  2. Memahami dan menghargai perbedaan yang terjadi dari perubahan waktu pada setiap individu.

Salam Tao (Hengky, Balikpapan)

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*