Intan Dalam Debu – the web

Forum Kesehatan : Penyakit Ambeyen (Hemorrhoid)

Posted by IDB 1 February 11, 2009, under Volume 28 | 8 Comments





Forum Kesehatan : Penyakit Ambeyen (Hemorrhoid)

(dr. Apriyani Tan)

 

Forum Kesehatan : Penyakit Ambeyen (Hemorrhoid)Hemorrhoid atau ambeyen adalah penyakit dengan gejala darah yang mengalir akibat pelebaran vena (pembuluh darah balik) di anus atau ujung rektum. Hemorroid ada dua macam yaitu hemorrhoid interna (dalam) dan hemorrhoid eksterna (luar). Pembagian ini berdasarkan letak dari vena yang melebar.

Gejala hemorrhoid eksterna adalah sulit BAB, rasa tidak nyaman dan nyeri ketika BAB, keluar darah merah segar. Sedangkan gejala hemorrhoid eksterna antara lain, keluar darah merah segar, prolaps (massa/benjolan yang keluar melalui anus ketika BAB), gatal, nyeri ketika BAB. Nyeri yang timbul akibat hemorrhoid baik eksterna maupun interna bersifat ringan.

Penyebab dari hemorrhoid antara lain :

  • gangguan peredaran darah di sekitar anus,
  • makanan rendah serat yang menyebabkan susah BAB karena mengedan dapat menyebabkan gangguan peredaran darah di sekitar anus
  • kehamilan
  • riwayat duduk lama, contohnya pada orang yang berprofesi sebagai sopir, penjahit, dan lain-lain
  • faktor keturunan
  • kelemahan struktur anatomi di sekitar anus yang dikarenakan usia (biasanya mulai pada awal dekade ketiga).

Hemorroid interna mempunyai beberapa stadium:

Prolaps : massa/benjolan yang keluar melalui lubang anus.

Reposisi : usaha untuk mengembalikan benjolan ke posisi semula.

Terapi utama untuk hemorroid interna stadium I adalah modifikasi diet dengan konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Pemberian obat suppositoria (obat yang dimasukkan melalui lubang anus) tidak terbukti berkhasiat.

Terapi untuk hemorroid interna stadium II,III, dan IV adalah dengan operasi. Tekhnik operasi ada bermacam-macam. Penulis tidak menjelaskan detail mengenai tekhnik operasi. Apabila pembaca berminat tentang ini, bisa konsultasi langsung dengan dokter bedah.

Berikut ini cara-cara untuk mencegah hemorroid antara lain,

  • Mencegah konstipasi (susah BAB)
  • Mengurangi duduk terlalu lama di toilet
  • Mengurangi duduk terlalu lama waktu bekerja
  • Menjaga hygiene anorectal (kebersihan sekitar anus dan rectum)
  • Konsumsi makanan tinggi serat.

Beberapa penyakit yang memberikan gejala mirip hemorroid antara lain, fissura ani (luka di anus), polip rektum, prolaps rektum/anus, kanker rektum. Untuk membedakan hemorroid dengan beberapa penyakit ini diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut.(dr. Apriyani Tan)

Share

Currently have 8 Comments

  1. Didi djunaedi says:

    Apakah ini ambeyen. Ketika bab keluar tetesan darah dan perih. Emang udah lama ada benjolan yg keluar ketika bab. Udah kuminum obat ambeyen tapi lum ada pengaruh sembuh.

  2. apakah ambeyen? udah -+ 1mggu ada seperti kacang di sebelah kanan bibir anusku, tpi wktu q BAB g keluar darah dan g sakit, cuma terasa g nyaman aja.. mohon blsanya.. thanks

  3. saya mau tanya? sepertinya saya mengalami ambeyen, yaitu keluarnya daging diluar bibir anus saya, tp waktu BAB tidak keluar darah, agak perih sedkit,.....bgaimana solusinya? oia dulu semsa SD saya mengalaminya juga ada tonjolan diluar bsrta darah, tapi saya drong saja.mhon bantuannya.....thanks

  4. Pertolongan Pertama Bila orang Terkena Penyakit Stroke

    Sumber Article : http://suwantophan.blogspot.com

    Ada satu cara terbaik untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mendapat serangan penyakit stroke. Cara ini selain dapat menyelamatkan nyawa si penderita, juga tidak menimbulkan efek sampingan apapun. Pertolongan pertama ini dijamin merupakan pertolongan GAWAT DARURAT yang dapat berhasil 100%.

    Sebagaimana diketahui, orang yang mendapat serangan penyakit stroke seluruh darah di tubuh akan mengalir sangat kencang menuju pembuluh darah di otak. Apabila kegiatan pertolongan pada penyakit stroke diberikan terlambat sedikit saja, maka pembuluh darah pada otak tidak akan kuat menahan aliran darah yang mengalir dengan deras dan akan segera pecah sedikit demi sedikit. Dalam menghadapi keadaan demikian jangan sampai panik tetapi harus tenang. Si penderita penyakit stroke harus tetap berada ditempat semula dimana ia terjatuh (mis: dikamar mandi, kamar tidur, atau dimana saja). JANGAN DIPINDAHKAN !!! sebab dengan memindahkan si penderita penyakit stroke dari tempat semula akan mempercepat perpecahan pembuluh darah halus di otak. Penderita penyakit stroke harus dibantu mengambil posisi duduk yang baik agar tidak terjatuh lagi, dan pada saat itu pengeluaran darah dapat dilakukan.

    Untuk yang terbaik menggunakan JARUM SUNTIK, namun apabila tidak ada, maka JARUM JAHIT / JARUM PENTUL / PENITI dapat dipakai dengan terlebih dahulu disterilkan dulu dengan cara dibakar diatas api Segera setelah jarum steril, lakukan PENUSUKAN pada 10 UJUNG JARI TANGAN. Si penderita penyakit stroke Titik penusukan kira-kira 1cm dari ujung kuku. Setiap jari cukup ditusuk 1 kali saja dengan harapan setiap jari mengeluarkan tetes darah Pengeluaran darah juga dapat dibantu dengan cara dipencet apabila darah ternyata tidak keluar dari ujung jari. Dalam jangka waktu kira-kira 10menit, si penderita Penyakit Stroke akan segera sadar kembali. Bila mulut sipenderita tampak mencong / tidak normal, maka KEDUA DAUN TELINGA sipenderita HARUS DITARIK-TARIK sampa berwarna kemerah-merahan.

    Setelah itu lakukanlah 2 KALI PENUSUKAN pada masing-masing UJUNG BAWAH DAUN TELINGA sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes dari setiap ujung daun telinga. Dengan demikian dalam beberapa menit bentuk mulut si penderita penyakit stroke akan kembali normal. Setelah keadaan si penderita penyakit stroke pulih dan tidak ada kelainan yang berarti, maka bawalah si penderita Penyakit Stroke dengan hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Sumber Article dari : http://suwantophan.blogspot.com/2011/01/penyakit-stroke.html

    Sebagai salah satu cara beramal bakti, sebaiknya disebarluaskan artikel ini kepada teman-teman, keluarga dan relasi-relasi dan masyarakat luas, sebab serangan stroke ini dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja.

  5. sepertinya saya juga terkena ambeyen .dianus saya ada tonjolan .dan kalau jongkok keluar darahnya .gmana cara efektif pengobatan selain operasi

  6. Awalnya seperti konstipasi biasa, tapi feses saya lunak bercampur darah, kemudian darah menetes.. Cuma sekali aja sih... Nah skrg lubang anus saya agak sakit kalau dikerutkan... Seperti habis makan sambal, perih agak panas...Tetapi jika pup tidak ada darah yg keluar.. Apakah ini luka saja atau ambeyen...?

  7. sepertinya saya mengalami gejala ambeyen,,di sebelah kanan anus terdapat benjolan keluar yg menyebabkan susah bab.apabila sedang bab terasa nyeri dan menyebabkan perut tdk nyaman???apakah solusi yg tepat ya?mohon bantuan dan sarannya....thanks

Leave a Reply








*