Intan Dalam Debu – the web

Bertambah Waktu Satu Tahun, Usia pun Ikut Bertambah. Tapi Sudahkah Kita Menjadikan “Hidup” Lebih Baik?

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 31 | No Comments





Bertambah Waktu Satu Tahun, Usia pun Ikut Bertambah. Tapi Sudahkah Kita Menjadikan "Hidup" Lebih Baik?

Oleh : Cen Cu Xing

 

"Hidup" menurut kebanyakan orang adalah suatu masa yang memang harus dilalui atau harus dijalani di dalam kehidupan ini. Lahir ke dunia, tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang dewasa, tua dan kemudian mati meninggalkan kehidupan ini. Jadi jika ditilik dari pengertian tersebut bisa diartikan dari kebanyakan orang, mereka hanya menganggap hidup hanyalah untuk "sebuah kehidupan" saja.

 

Ada semacam trend dari beberapa atau sekelompok orang yang mengatakan "Hidup cuma sesaat aja jadi puas-puas-in dhe hidup loe yang sekarang ini", hanya karena sepotong kalimat ini banyak dari mereka menyia-nyia kan hidup yang sedang mereka jalani sekarang ini dan banyak juga dari mereka yang terjerumus dalam kehidupannya sendiri, karena telah salah mengartikan arti dari sebuah kehidupan atau dengan kata lain mereka tidak mengerti bagaimana seharusnya menjalani hidup yang benar di kehidupan ini.

 

Bertambah Waktu Satu Tahun, Usia pun Ikut Bertambah. Tapi Sudahkah Kita Menjadikan Menurut pandangan saya, ‘Hidup’ merupakan suatu kesempatan bagi setiap manusia untuk memperbaiki dirinya menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menuju suatu nilai yang disebut kesempurnaan. Dan untuk mencapai hal tersebut sudah pasti hidup bukanlah hanya untuk "sebuah kehidupan" saja.

 

Awal dari lahir ke dunia, tumbuh, berkembang dan tahun demi tahun yang kita jalani hidup di dunia, seolah-olah seperti sesuatu yang alami yang sudah harus kita jalani di kehidupan ini. Namun, kebanyakan dari kita sudah menganggapnya seperti sebuah nasib yang memang sudah harus kita terima dan kita jalani tanpa pernah berfikir untuk menolak dan berusaha untuk memperbaikinya. Meskipun ada juga beberapa orang dari kita yang pernah berusaha untuk memperbaiki nasib buruk yang membelenggu kehidupannya, dan di dalam memperjuangkan nasibnya itu ada yang berhasil memperbaikinya dan ada juga yang gagal dan makin terpuruk didalam kehidupannya.

 

Untuk itu, kita perlu menyadari betapa penting dan berharganya suatu "waktu" atau masa di dalam kehidupan ini. Kita semua menyadari bahwa kita hidup di dalam lingkaran waktu yang berjalan begitu cepatnya tanpa pernah bisa kita hentikan. Tanpa kita sadari pula, waktu terus berjalan tanpa pernah menunggu kita untuk berubah menjadi sosok seseorang manusia yang lebih baik lagi. Jadi apa yang seharusnya kita lakukan untuk men-siasati hal tersebut?? Yang bisa kita lakukan hanyalah memanfaatkan waktu yang tersisa di dalam kehidupan kita yang sekarang ini. Kita hanya bisa memanfaatkan sisa waktu yang begitu singkatnya untuk melakukan segala perbaikan dan perubahan dalam diri kita ke arah yang lebih baik dengan sebaik-baiknya dan se-maximal mungkin.

 

Menjadikan hidup lebih baik bisa kita lakukan dalam bentuk yang sederhana, seperti merubah kehidupan kita mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Proses merevisi diri atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Siu Sin Yang Sin merupakan suatu proses yang harus dilalui dalam hidup kita dan yang paling utama yang harus kita lakukan sebagai umat Tao pada umumnya agar kedepannya kita bisa lebih memacu dan meningkatkan kualitas diri kita ke arah yang lebih baik lagi.

 

Melalui proses Siu Sin Yang Sin, kita bisa mengetahui siapakah diri kita yang sebenarnya. Dari proses tersebut kita bisa menyadari bahwa begitu banyaknya kelemahan dan kekurangan diri kita dalam kehidupan yang sekarang ini. Sehingga perlunya kita menyadari dan mau mengakui bahwa sebenarnya kita ini masih jauh sekali dari sesuatu yang dikatakan "SEMPURNA". Karena itu saat sekarang inilah adalah saat yang paling tepat buat kita untuk mulai membenahi diri, memperbaiki dan merevisi kekurangan dan kelemahan kita dengan cara mulai memperbaiki moralitas kita, tutur kata dan sikap kita di dalam She Men dan lingkungan masyarakat sekitarnya, dan juga kita harus bisa serta mau untuk belajar dan lebih mendalami ilmu dan teori-teori tentang Tao dengan membaca buku dan mendengarkan ceramah yang diberikan oleh sesiung atau secie kita. Karena tanpa membenahi kedua hal tersebut, proses awal dari Siu Sin Yang Sin tidak akan bisa berjalan dengan baik.

 

Dalam proses "mau dan mulai melakukan" tersebut memang ada beberapa orang yang merasa tidak lah mudah untuk merubah dan memperbaiki sikap dan sifat ke arah yang lebih baik lagi atau bahkan sulit sekali dilakukan oleh beberapa orang tertentu, tetapi ada juga orang-orang yang menganggap hal tersebut mudah untuk dilakukan. Bagi orang yang menggangapnya mudah untuk dilakukan, semua itu tergantung dari niat, tekad dan kemauan yang kuat serta nalar kita sebagai manusia, untuk mau belajar dari kesalahan diri sendiri dan juga mau belajar dari kesalahan orang lain sehingga dengan salah satu cara itu, kita bisa berubah menjadi seorang manusia dengan KUALITAS yang lebih baik lagi.

 

Jadi jika kita mau bercermin pada diri sendiri, dan mau mengakui secara jujur "Apakah kita sudah menjadikan hidup kita lebih baik?" pastinya jawaban dari pertanyaan tersebut sudah ada didalam hati kita masing-masing, dan memang… diperlukan suatu keberanian khusus untuk mau mengakui kekurangan dan kelemahan diri kita. Tetapi jika kita mau belajar untuk lebih lapang dada dan menerima segala kekurangan dan kelemahan diri sendiri sebagai sesuatu yang penting yang memang harus diperbaiki, dan bisa melihat dan menikmati kelebihan orang lain sebagai sesuatu hal yang indah, maka kita bisa jauh lebih mudah menjalani sisa kehidupan ini dengan lebih baik.

 

Hidup didunia ini bagaikan suatu masa yang lewat begitu cepatnya di dalam perjalanan hidup kita dan tanpa disadari sudah begitu banyak waktu yang kita lalui dengan percuma, terbuang sia-sia dengan tanpa makna. Tapi kita sebagai Orang yang Siu Tao yang idealnya ber-predikat "Orang-Orang Pilihan", seharusnya malu jika tidak bisa menjadikan hidupnya lebih bermakna. Kita seharusnya bisa lebih unggul dan bisa menjadikan "HIDUP-nya" menjadi lebih hidup lagi sehingga kita bisa mengisi hari dengan lebih baik bersama orang-orang yang kita sayangi..

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*