Intan Dalam Debu – the web

Hati & Pikiran (2)

Posted by adminidb July 5, 2012, under Volume 31 | No Comments





Hati & Pikiran (2)

Oleh : Ku Kuo Hui

 

Kekuatan hati dan pikiranlah yang membangun dan membentuk dunia kita. Pencapaian kemajuan manusia dalam science, teknologi, kedokteran, budaya, peradaban dan taraf hidup tertinggi di dunia ini adalah bersumberkan dari Hati dan Pikiran manusia.

 

*Hati dan Pikiran adalah inti yang utama dari hidup manusia.

*Jiwa dan Raga adalah wadah dan pelaksananya.

*Hidup dan Siu Tao adalah perwujudan dan penyempurnanya

 

Hati & Pikiran (2)Perhatikanlah baik-baik olah hati dan pikiranmu, dari sanalah karakter kita terbentuk, karena karakter sifat dan watak manusia tidak dibentuk dalam sekejab tapi dari waktu ke waktu proses yang panjang seumur hidup.

 

*Otak manusia bersifat plastis, sangat mudah dibentuk dan terus menerus belajar seumur hidup.

Menjadi baik atau buruk diombang-ambingkan situasi cuaca kehidupan bagaikan sebuah kapal ditengah lautan, saat cuaca cerah dan laut tenang mudah dikendalikan, sebaliknya saat cuaca tidak bersahabat hujan angin dan badai datang, kapal terguncang hebat sulit dikendalikan. Kiranya seperti itulah gambaran suasana hati dan pikiran kita.

 

Rasa sengsara atau bahagia timbul karena suasana hati dan pikiran; hati dan pikiran menentukan langkahmu dalam segala hal yang baik dan yang buruk. Hati dan pikiran yang baik akan membawa langkahmu menuju kebaikan / kebahagiaan, sebaliknya hati dan pikiran yang buruk membawa kejurang kesengsaraan yang nyata pula. Kebajikan dan kejahatan bersumberkan dari tempat yang sama (hati & pikiran). Hanya anda yang berhak menentukan sisi yang mana yang akan muncul / tampil ke permukaan.

 

Setiap manusia mempunyai 2 hal itu, baik (bijak) dan buruk (jahat). Yang baik dapat menguasai yang jahat, sebaliknya yang buruk pun mampu mengendalikan yang bijak. Kendali dari 2 hal itu ada dalam hati dan pikiran kita.

 

*Kekuatan hati dan pikiran manusia adalah tanpa batas, sangat powerful,  powerful positive ataupun negative.

 

Powerful (penuh kekuatan) untuk menghancurkan dirimu dan orang lain atau powerful untuk membangun hidup dan Siu Tao mu.  Hal yang nyata sebagai perwujudan powerful-nya hati dan pikiran manusia yang tak terbatas adalah kemajuan peradaban hidup manusia di dunia ini yang seakan tanpa ada batas akhirnya.  Banyak hal-hal hebat tercipta dari kekuatan hati & pikiran manusia saat ini seperti, cloning, steam cell, cangkok, rekayasa genetika, IT , dsb.  Pada tahap kemajuan hidup kita saat ini yang sudah sedemikian modern, canggih dan high-tech akan menjadi kuno kelak saat kita menjadi kakek dan nenek. Bila hati dan pikiranmu mandek tak ikut tumbuh seiring jaman, maka tolong diingat baik-baik nanti cucu anda akan bilang kakek/nenek kuno. Bahkan saat ini tingkat kemajuan teknologi sangatlah pesat, perubahan hampir terjadi setiap hari. Disisi yang berlawanan, powerful menghancurkan dengan terciptanya rudal-rudal dengan hulu ledak nuklir, rusaknya alam menjadi sebab dari global warming dan perubahan iklim yang nyata mempengaruhi seluruh kehidupan di muka bumi ini. Inilah bukti kekuatan hati & pikiran manusia,  dari sejak adanya manusia di jaman batu sampai jaman super modern sekarang ini dan seterusnya, hati & pikiran manusialah yang paling berperan untuk selalu ber-Inovasi, ber-Evolusi bahkan ber-Revolusi.

 

Demikian pula Siu Tao kita adalah tanpa batas, menyesuaikan dengan kehendak hati dan pikiranmu, artinya yang menjadi batas / tolak ukur kemajuan Siu Tao adalah seberapa seberapa kuat kemauan, harapan dan kehendak hati dan pikiranmu dalam menjalaninya.  Dan tampaknya yang menjadi factor yang istimewa dari semua itu adalah tingkat ketahanan melewati hari-hari  Siu Tao yang panjang itu dengan tekun dan tetap antusias.

 

Orang cenderung mempunyai kadar yang berbeda akan harapan yang mereka miliki, sejumlah orang biasanya menganggap dirinya mampu keluar dari kerumitan atau mampu mencari cara-cara baru untuk memecahkan permasalahan, sementara yang lain tak yakin bahwa mereka mempunyai tenaga, kemampuan atau sarana untuk mencapai sasaran. Orang yang memiliki kadar harapan tinggi memiliki ciri-ciri tertentu diantaranya adalah mampu memotivasi diri, memiliki kepercayaan yang tinggi bahwa segala sesuatunya akan beres ketika menghadapi tahap sulit, cukup luwes untuk menemukan cara alternative agar sasaran tetap tercapai atau untuk mengubah sasaran, jika sasaran semula musykil dijangkau dan mempunyai keberanian untuk memecah-mecah tugas amat berat menjadi tugas kecil-kecil yang mudah ditangani.

 

Optimisme, seperti harapan berarti memiliki pengharapan yang kuat bahwa secara umum segala sesuatu dalam kehidupan akan beres, kendati ditimpa kemunduran dan frustasi.  Dari sudut pandang kecerdasan emosional (EQ), optimisme merupakan sikap yang menyanggah orang agar jangan sampai terjatuh kedalam kemasa bodohan, keputus asaan atau depresi bila dihadang kesulitan. Optimisme membawa keuntungan-keuntungan dalam kehidupan (asal realistis, optimisme yang terlampau naïf dapat mendatangkan malapetaka).

 

*Memotivasi diri sendiri, menguasai diri sendiri, mengendalikan dorongan Hati & Pikiran adalah landasan keberhasilan dalam berbagai bidang.

Motivasi positif adalah kumpulan perasaan antusiasme, gairah dan keyakinan diri dalam mencapai prestasi.

"Prestasi kreatif tergantung pada totalitas Hati & Pikiran"

*Siu Tao adalah totalitas Hati & Pikiran.

*Hati & pikiran adalah inti utama, generator / matahari hidup manusia, sumber inspirasi, & energi  kemajuan hidup dan Siu Tao kita.

 

Hati & Pikiran (2)Selama hati dan pikiran kita hidup akan selalu ada kemajuan yang kita capai dalam hidup dan Siu Tao kita. Jika generator itu mati, maka tamatlah riwayat hidup dan Siu Taomu. Bila kemauan, harapan dan kehendak hati dan pikiran kita dalam Siu Tao lemah, berhenti pula kemajuan yang dicapai.

 

Siu Tao adalah adalah proses yang panjang seumur hidup, karena inti utama dari Siu Tao kita adalah ADA pada Hati & Pikiran kita. Totalitas Hati & Pikiran kita sangat menentukan keberhasilan Siu Tao kita.

 

*Siu Tao mengasah Hati & Pikiran  anda, menguatkan jiwa & raga kita untuk menghadapi cuaca kehidupan.

 

Karena itulah hidup dan Siu Tao adalah bagian yang tak terpisahkan, mutlak penting untuk mencapai Cen San Mei.

 

Tubuh anda mungkin akan "tumbang" oleh usia, tetapi Hati & Pikiran manusia akan tetap terus bertumbuh kembang abadi melampaui hidup dan mati. Seperti kita tahu bahwa Sukma adalah pembawa Hati & Pikiran kita. Sukma itu adalah abadi. Jadi apa yang menempel kuat, mengakar kuat mendalam dalam hati dan pikiran kita terutama Siu Tao kita tidak akan pernah pudar & lenyap tetapi abadi.

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*