Intan Dalam Debu – the web

MASALAH MEMBAWA BERKAH

Posted by adminidb July 6, 2012, under Volume 31 | No Comments

Oleh : Cu Ie - Jakarta




MASALAH MEMBAWA BERKAH

Intan Dalam Debu

 

Perjalanan hidup terasa hambar kalau tidak ada segelintir masalah hidup, terasa tidak ada dinamika dalam hidup kita. Apakah pembaca setuju dengan saya?

 

Sebenarnya hal apa yang dikategorikan sebagai masalah bagi hidup kita? Tiap orang pastinya punya pengertian tersendiri untuk mengatakan bahwa "ini masalah hidup saya". Yang saya anggap ini sebagai suatu masalah, belum tentu Anda menyebutnya masalah kalau ada di posisi saya. Hal ini dikarenakan daya bertahan dan pandangan hidup setiap orang berbeda. Masalah merupakan hambatan dalam langkah untuk ke tujuan kita. Pengalaman hidup menyelesaikan masalah hidup membuat orang belajar untuk lebih tangguh, berdaya tahan tinggi melewati hari-harinya.

 

Apakah semua masalah harus diselesaikan? Saya pribadi menjawab: Ya. Mengapa? Karena di dunia ini kita belajar untuk melewati masalah-masalah dalam hidup kita dengan solusi terbaik dan kemampuan maksimal kita tanpa merugikan orang lain.

 

Bagaimana kalau masalah kita biarkan berlarut-larut? Itu artinya kita tidak mau belajar di dunia ini, tidak mengerti arah dan tujuan hidup kita, serta tidak dapat mengambil "berkah" terselesaikannya suatu masalah. Akankah kita lulus ujian dengan nilai terbaik kalau kita tidak menjawab soal-soal dengan kemampuan terbaik yang diberikan dalam suatu ujian? Nantinya, penyelesaian dari masalah hidup dapat kita ambil hikmahnya, menganggapnya sebagai suatu pelajaran, dan kita nikmati berkahnya.

 

Bagaimana bisa ada masalah, Padahal saya sudah di jalan yang benar? Mari kita introspeksi lebih dalam lagi. Apakah benar demikian,  bisa ditanyakan ke diri sendiri dan dibantu dengan minta penilaian dari orang-orang terdekat Anda. Apakah masih ada yang belum sempurna, minta sudut pandang orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dalam masalah ini. Kalau memang sudah merupakan usaha terbaik kita, pemecahan terbaik  tapi masalah masih belum terpecahkan, setidaknya kita sudah melakukan yang terbaik dalam batas maksimal. Terkadang, ada hal yang di luar daya nalar kita yang tidak bisa kita ketahui seperti hukum sebab-akibat, hutang-piutang hidup, di mana kita harus menjalani suatu masalah atau peristiwa ini karena adanya kehidupan lalu.

 

Masalah bisa mendewasakan pribadi seseorang. Semakin bertambah umur, serasa masalah hidup bertambah berat. Bahkan, ada istilah: semakin tinggi pohon, hembusan angin semakin kencang. Jika kita bisa memberikan solusi terbaik dalam masalah tersebut, dan masalah terpecahkan, kita akan serasa mendapat Jackpot (hadiah dalam suatu permainan)! Jackpot ini yang saya sebut dengan: Berkah.

 

MASALAH MEMBAWA BERKAHBerkah merupakan buah manis dari usaha keras kita berjuang melewati jalan hidup dengan masalah-masalah yang ada. Rasa manis ini bisa menjadi pelipur rasa pahit sebelumnya dalam proses memecahkan masalah. Berkah ini merupakan penghargaan bagi nilai diri kita, di mana kita tetap terus optimis, penuh harap dan semangat, serta terus memberikan usaha terbaik kita untuk pemecahan yang sempurna tanpa ada orang lain yang dirugikan.

 

Di saat kita mulai lelah dengan masalah yang ada, kita ingatkan diri sendiri untuk kembali ke Tao, jalan kebenaran, bagaimana yang "benar" untuk tujuan hidup kita sendiri. Di saat kita mau berhenti, menyerah dengan keadaan, di saat itu kita tidak tahu bahwa selangkah lagi kita akan mendapatkan solusi, titik terang untuk solusi msalah berat ini.

 

Masalah bertubi-tubi jangan mematahkan semangat juang kita. Hidup penuh dengan perjuangan. Kita tetap bahagia menjalani hidup ini, menikmati dinamika hidup yang indah ini.
Teori Im Yang mengingatkan kita bahwa tidak selamanya ada malam karena nantinya akan diganti dengan fajar, sebagai permulaan cahaya matahari dan berakhirnya kegelapan.
Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*