Intan Dalam Debu – the web

Memasuki Usia Tua tanpa Rasa Kuatir

Posted by adminidb July 5, 2012, under Volume 31 | No Comments





Memasuki Usia Tua tanpa Rasa Kuatir

Oleh :  Chen Ing Yen - Magelang

( Dipetik dari ciangtao Lie Sefu - Magelang Mei 2010 )

 

Manusia hidup seolah berlomba dengan waktu, tanpa terasa usia terus berjalan. Kehidupan adalah Proses dari KELAHIRAN (awal dari kehidupan itu sendiri) sampai KEMATIAN (akhir dari kehidupan itu sendiri).  Manusia hanya berputar dalam lingkaran Tao, antara kelahiran dan kematian. Proses kehidupan ini merupakan sesuatu yg wajar. Tidak perlu kuatir dalam menjalaninya dan bukan sesuatu yang menakutkan. Perubahan dalam Tao mencakup seluruh jagad raya termasuk "Dunia" dan "Akhirat".

 

Memasuki Usia Tua tanpa Rasa KuatirMengapa orang bisa meninggal? Para pakar-pakar Tao kuno berteori bahwa manusia mati karena kehabisan Chi. Orang yang lahir pada dasarnya dibekali Chi yang penuh sejak awal adanya tanda-tanda kehidupan di dalam rahim seorang ibu. Dengan adanya kelahiran dan proses kehidupan di dunia inilah, Chi yang sejak awal ada akan diserap / diambil oleh lingkungan sekitarnya (alam semesta) yang secara terus menerus sampai Chi tersebut perlahan-lahan habis. Maka masuklah seseorang itu ke tahap yang disebut "Kematian".

 

Setelah adanya riset yang dilakukan oleh pakar kuno Tao tersebut diatas, maka mereka menarik kesimpulan, "Bahwa bila kita mampu mempertahankan Chi di dalam tubuh kita dengan cara Lien Chi Kung sejak dini, maka akan dengan cepat mampu untuk meregenerasi Chi kita yang berkurang dengan adanya aktifitas kehidupan kita terhadap lingkungan dan alam semesta, sehingga kita akan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, yang berdampak pada Umur Panjang".

 

 

Manusia lahir ~ tua ~ sakit ~ mati adalah siklus suatu kehidupan. Sebenarnya masa tua adalah masa kematangan seseorang. Kita umat Tao mengetahui bahwa kematian adalah bagian dari kehidupan. Karenanya kita tidak perlu meratapi dan takut untuk memasuki masa tua. Tetapi carilah cara untuk memasuki masa tua dengan tidak ada ketakutan dan kekuatiran. Pada umumnya manusia menjadi tua, awalnya merasa takut / kuatir. Kekuatiran tersebut diantaranya karena :

  • Takut akan anak - cucu yang tidak berbakti sehingga tidak mau merawat disaat kita menjadi tua.
  • Takut tidak adanya tempat bersandar.
  • Takut akan ekonomi jeblok seiring dengan stamina dan produktifitas yang berkurang.
  • Takut akan kematian.

 

Maka kita harus memiliki cara untuk mengatasi rasa takut tersebut. Salah satunya misalnya ‘Takut Mati’. Sebenarnya bukan hanya kita yang takut mati, semut pun takut mati. Bahkan dari dulu pakar-pakar Tao Jiao kita mementingkan hidup dan takut mati. Akibatnya, merekapun mencari segala cara untuk bisa panjang umur bahkan mencari cara menjadi Dewa,  dengan maksud untuk tidak mengulang lagi kehidupan di bumi. Cara-cara yang ditemukan mereka antara lain :

  1. LIEN CHI ~ melatih chi dalam tubuh untuk meningkatkan stamina.
  2. LIEN TAN ~ mencari obat untuk panjang umur dan badan lebih sehat.

 

Dari kedua hal diatas, ditemukanlah cara yang disebut "TAO YING SUK", yang bertujuan untuk ‘Memanjangkan umur melalui stamina yang kuat’ dan bila meningkat lebih dalam lagi pada ‘Pembentukkan jiwa yang solid’. Hidup dan mati hanyalah perubahan saja, mati di sini (dunia) - berarti memulai hidup di sana (akhirat).

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*