Intan Dalam Debu – the web

MENJAGA KESEHATAN AGAR TETAP PRIMA

Posted by adminidb June 15, 2012, under Volume 31 | No Comments

Oleh: Dr. Kingma Widjaja (Kepala Puskesmas Kec. Kemayoran Jakarta Pusat)
 

Inginkah Anda hidup sampai usia 100 tahun?? Sebagian besar dari kita, mungkin akan menjawab  "Tentu saja, asalkan kualitas hidup saya tetap baik".
 
Meningkatnya kemungkinan berumur panjang berjalan bersamaan dengan semakin majunya ilmu pengetahuan; khususnya dengan kesehatan, sosial dan ekonomi yang semakin membaik, gizi yang cukup dan kehidupan yang tenang. Terbukti umur harapan hidup sekarang meningkat dari sebelumnya umur 65 tahun sekarang telah menjadi 70 tahun.
 
Dengan bertambahnya usia, kondisi kesehatan anda tergantung dari faktor-faktor keturunan, pengalaman hidup dan gaya hidup yang anda pilih. Anda tidak dapat mengubah keturunan, namun dengan memilih gaya hidup yang sehat, anda dapat memperkecil efek yang disebabkan oleh pengalaman hidup anda.
 
Semakin dini anda menjalani gaya hidup yang sehat, semakin besar kemungkinannya pada saat anda berusia 50-an anda tidak merasa berbeda dengan saat anda berusia 20 atau 30-an. Namun demikian, walau anda telah berusia di atas 50 tahun, masih belum terlambat untuk mulai menjalani gaya hidup yang sehat. Diet yang sehat dan olah raga yang teratur akan membuat anda menjadi lebih muda.
 

World Health Organisation (WHO) menetapkan batasan-batasan untuk kriteria lansia,

yaitu :

  • Usia pertengahan (middle age) = kelompok usia 45 sampai 59 tahun
  • Lanjut usia (elderly) = antara 60 dan 74 tahun
  • Lanjut usia tua (old) = antara 75 dan 90 tahun
  • Usia sangat tua (very old) = diatas 90 tahun

 

Agar tetap sehat, bahagia, berguna dan berkualitas maka beberapa hal harus diperhatikan. Ada sebuah singkatan yang sangat baik yang menggambarkan kunci menuju  sehat, yaitu :

"B-A-H-A-G-I-A"

 Kata di atas mengandung makna yang sangat dalam untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan berguna. Adapun penjabaran dari tiap huruf yang terkandung di dalamnya adalah:
 
1. Huruf "B" yaitu mengandung makna Berat Badan (BB) berlebihan supaya dihindarkan
 

Berat badan yang ideal bagi seseorang dirumuskan sebagai berikut:

 

a. Berat badan relatif :

         Berat badan (kg)         x 100% = .... %

(Tinggi badan (cm) - 100)

Nilai standard:

< 90% - underweight

90 - 110% - berat normal

> 110% - overweight

> 120% - obese/gemuk
 

b. Indeks Masa Tubuh

             Berat badan (kg)                         = ....

Tinggi badan x tinggi badan (m2)

Nilai Standard:

< 18,5  maka dikatakan IMT kurang

18,5 - 25 maka dikatakan IMT normal

25 - 27 dikatakan IMT lebih

> 27 dikatakan sebagai obesitas

 Agar berat badan dapat dikontrol dengan baik maka minimal anda dapat mengukurnya sekali sebulan.
 
2.  Huruf "A" yaitu Aturlah makan yang sesuai kebutuhan tubuh
 
Makanlah makanan dengan gizi yang seimbang; yaitu zat gizi yang sesuai tubuh. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa diet adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Dengan bertambahnya usia, kecepatan metabolisme anda cenderung menurun, jadi sering-seringlah menilai ulang diet anda. Mengurangi konsumsi lemak adalah salah satu tindakan yang penting. Langkah tersebut juga akan membantu mengurangi pemasukan kalori.
 
3.  Huruf "H" yaitu Hindari faktor-faktor resiko penyakit jantung iskemik/koroner
 

Ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab dari gangguan penyakit jantung; yaitu:

- merokok

- tekanan darah tinggi

- kolesterol tinggi

- penyakit gula

- kegemukan

- kurang gerak fisik

- tekanan batin
 
4.  Huruf "A" yaitu Agar terus merasa berguna dengan mempunyai kegiatan / hobi yang bermanfaat
 

Untuk mengisi waktu luang bagi yang sudah lanjut usia maka alangkah baiknya kalau   kita menyalurkan hobi seperti ketika waktu maih muda. Salurkan hobi-hobi tersebut pada hal-hal yang menyehatkan dan bermanfaat; antara lain adalah:

- membaca

- mendengarkan santapan rohani

- melukis

- kerajinan tangan

- berkebun

- beternak dll.
 
5.   Huruf "G" yaitu Gairah hidup akan semarak jika kegiatan tersebut dilakukan bersama
 
Untuk dapat hidup bergairah dan bersemangat maka kondisi tubuh harus tetap fit dan sehat. Agar tubuh fit dan sehat maka lakukanlah olahraga yang ringan namun teratur. Berikut ini ada beberapa bukti tentang pentingnya berolahraga.
 
Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke / lumpuh diabetes, darah tinggi dan osteoporosis/rapuh tulang. Namun demikian, untuk menghindari terjadi sesuatu yang tidak berkenan, mintalah petunjuk dokter sebelum anda mulai menjalankan program olahraga anda.
 
Olahraga yang bersifat aerobik cenderung memberi keuntungan yang terbesar, namun beberapa aktifitas, seperti "jogging", sering kali dirasakan terlalu berat untuk persendian bagi orang yang sudah mulai usia lanjut. Tetapi ada beberapa jenis  olahraga yang menguntungkan namun tidak terlalu sulit untuk dikerjakan oleh orang lanjut usia. Olahraga tersebut antara lain adalah; berenang, berjalan dan senam.
 

Olah raga yang baik dapat mempengaruhi:

a. memperlambat proses degenerasi karena perubahan lanjut usia

b. mempermudah kesehatan jasmani dalam kehidupan

c. memiliki fungsi melindungi yaitu memperbaiki tenaga cadangan  ketika sakit.
 
6.   Huruf "I" yaitu Ikuti nasehat dokter dan hindari situasi  tegang
 

Saran-saran yang dapat diberikan oleh dokter, perawat atau tenaga kesehatan lainya  adalah:

  1. Berolahraga yang teratur agar tetap sehat dan bugar
  2. Makan makanan yang banyak mengandung serat
  3. Makan buah-buahan tetapi batasi untuk mengkonsumsi buah alpukat, sawo, pisang,     durian karena mengandung kalori yang tinggi
  4. Biasakan sarapan pagi
  5. Hindari tekanan batin yang tidak perlu

 
7.     Huruf "A" yaitu Awasi kesehatan dengan memeriksakan badan secara teratur
 
Pemeriksaan kesehatan secara berkala dan konsultasi merupakan kunci keberhasilan dari upaya pemeliharaan kesehatan. Dengan diadakan pemeriksaan berkala, penyakit-penyakit dapat terdeteksi sedini mungkin sehingga mengurangi faktor resiko yang berat. Pemeriksaan ini sangat bagus sekali kalau dilakukan dengan kemauan sendiri sebagai awal dari pemeliharaan kesehatan lanjut usia.

 

RAHASIA LAINNYA AGAR TETAP SEHAT DAN PRIMA

 

  • Olahraga mental - memberdayakan pikiran sama pentingnya dengan olahraga fisik. Kita perlu terus memberi tantangan bagi diri kita sendiri, belajar, memaparkan diri kita kepada ide-ide yang baru, dan berbagi berita baru serta pandangan dengan orang lain. Bepergian, banyak membaca, dan jadilah orang yang kreatif. Ingat bahwa jika anda tidak sering menggunakan pikiran, maka lama-lama anda akan kehilangan pikiran sehat anda.
  • Tertawa- akan memperbaiki keadaan mental dan fisik anda. Secara alami, seseorang akan tertarik kepada orang lain yang memiliki rasa humor yang tinggi. Tertawa membantu anda memandang hidup dari sisi positif dan juga terbukti memiliki kemampuan untuk menyembuhkan.
  • Hindari stress- hidup yang penuh tekanan akan merusak tubuh anda dan menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, asma, dan darah tinggi.
  • Keluarga- pertahankanlah hubungan yang baik dengan keluarga serta teman.
  • Memiliki tujuan hidup- bila anda telah pensiun, temukanlah tujuan hidup yang baru untuk mempertahankan agar pikiran serta tubuh kita tetap aktif.

 
Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*