Intan Dalam Debu – the web

MENYUSUN TAHAPAN HIDUP MANUSIA

Posted by adminidb July 5, 2012, under Volume 31 | No Comments





MENYUSUN TAHAPAN HIDUP MANUSIA

Oleh : Chen Ing Yen - Magelang

( Dipetik dari ciangtao Lie Sefu - Magelang Mei 2010 )

 

Manusia dalam tahapan kehidupannya dibagi menjadi :

 

1. MASA  ANAK
 

Bagi orang tua (ortu), proses pembuatan sampai melahirkan adalah hal yang lebih mudah dari membesarkan dan mendidik anak. Pendidikan sebenarnya sudah dilakukan sejak anak berada di dalam kandungan. Dampak-dampak dari luar kandungan, ikatan batin ortu berpengaruh pada tumbuh dan berkembangnya janin sejak diri, misalnya: Seorang ibu yang sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama kehamilannya, maka berdampak pada si anak yang telah lahir akan memiliki sifat keras.

 

2. MASA  REMAJA

 

Masa peralihan dari kanak-kanak ke masa remaja. Di masa ini, menuntut ortu lebih memperhatikan perkembangan anak; baik fisik, maupun psikologi anak, terutama dalam lingkungan pergaulannya. Tujuannya agar si anak lebih terarah pada sifat, sikap, dan pergaulan yang benar sejak dini karena masa-masa inilah masa-masa pubertas.

 

3. MASA  MUDA-MUDI

 

    • Ortu harus lebih ekstra dalam memantau perkembangan anak-anaknya selain dari segi psikologi dan juga pergaulannya. Tanpa adanya perhatian yang jeli ditakutkan akan menjerumuskan masa depan mereka kelak di kemudian hari.MENYUSUN TAHAPAN HIDUP MANUSIA

 

    • Anak (terutama cewek) mau pergi karaoke / diskotik / dunia malam lainnya, sebagai ortu tindakan paling baik adalah temani dan ajaklah mereka. Jika ia pergi tanpa pengawasan maka takutnya si anak akan rusak karena meniru yang mereka lihat, bahkan menerima ajakan yang sifatnya merusak.

 

    • Didikan tegas dan terarah bagi anak-anaknya. Tunjukkan dan ajaklah mereka untuk bisa melihat dan memandang kehidupan masyarakat yang sesungguhnya baik yang positif maupun yang negatif. Sehingga mereka dapat melihat dengan jelas dampak baik-buruk-nya dunia tersebut, barulah mereka dapat membandingkan dampak dari langkah yang mereka ambil nantinya dalam pergaulan tersebut.

 

4. MASA  DEWASA

 

Didiklah anak untuk belajar bertindak dan berpikiran mandiri sehingga mampu menjadikan si anak sebagai orang yang dewasa dan mandiri. Biasanya di mata ortu ‘Anak tidak pernah dewasa’  ~ maka sebaiknya setelah selesai kuliah biarkan mereka untuk keluar mencari kerja agar bisa berdikari sehingga dapat mengetahui luasnya dunia. Barulah si anak tahu apa yang dilakukan ortu untuk dirinya dan anak tidak selalu manja terhadap ortu. Sehingga si anak akan menghormati orang tuanya dan secara tidak langsung mendidik mereka untuk berbakti terhadap orang tua mereka (Wu Hao).

 

5. MASA  SENJA / TUA

 

Supaya pada usia senja ini tidak memiliki rasa kuatir maka sebaiknya memiliki :

 

      • Lao Ben ~ uang / harta jangan semuanya diberikan pada anak, harus memiliki tabungan.

 

      • Lao Ban ~ panjang umur dan kesehatan - melalui rajin lienkung dan memperhatikan kualitas hidup.

 

      • Lao  Yu ~ banyak kawan

 

Dengan melihat tahapan-tahapan dalam kehidupan tsb di atas, ternyata dalam kehidupan di dunia ini, tidak ada yang dikatakan" ABADI ", yang ada hanya di masa setelah kita mati (alam akhirat). Dari jaman Kuno sampai Modern ini, manusia dengan berbagai riset dan penelitian, hanya bisa berusaha memperpanjang umurnya. Belum ada satupun yang bisa "Hidup Abadi".

 

Berikut ini , ada Kunci Panjang Umur yang dapat kita terapkan, yakni terbagi menjadi  :

"EMPAT RAJIN dan SATU MALAS ( Si Qin Yi Lan, baca: se-jin-i-lan )."

 

Dengan penguraian sbb :

  • EMPAT  RAJIN, Yang harus dirajinkan adalah :
    1.  Qin Dong Nao( baca: jin-tong-naw ) ~ biarpun tua tetap memakai otak untuk mengurangi kepikunan.MENYUSUN TAHAPAN HIDUP MANUSIA
    2.  Qin Dong Ju ( baca: jin-tong-cu ) ~ banyak menggunakan mulut untuk ketawa, bercanda, mengunyah lebih lama diwaktu makan, merupakan olahraga wajah sehingga tampak awet muda.
    3.  Qin Dong Sou ( baca: jin-tong-sou ) ~ tangan aktif, banyak bergerak, baik untuk peredaran darah. Misalnya : main catur, main alat musik, melukis, menggerak-gerakkan tangan disaat olahraga.
    4.  Qin Dong Jiao ( baca: jin-tong-ciao ) ~ banyak berjalan baik untuk menjaga stamina dan peredaran darah. Selalu menjaga kebersihan kaki.

 

  • SATU MALAS, yang harus dihindari adalah :

 Malas melakukan aktifitas yang menggunakan otak dan tubuh.

 

Dengan menerapkan kunci Panjang Umur ini diharapkan setidaknya tubuh dan mental/pikiran kita akan lebih sehat sehingga akan lebih panjang umur.

 

Semua orang tentu tahu mengenai tahapan-tahapan kehidupan yang diuraikan di atas hanya saja perlu diingatkan kembali akan hal ini, sehingga bisa MENYUSUNNYA  DENGAN BAIK  sejak muda.

 

Salam Tao

 

MENYUSUN TAHAPAN HIDUP MANUSIA

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*