Intan Dalam Debu – the web

Pengembangan Tao

Posted by adminidb September 3, 2012, under Volume 31 | No Comments





Pengembangan Tao

Oleh : ???

 

Perkembangan agama Tao akhir-akhir ini menunjukkan suatu peningkatan yang pesat. Orang yang menginginkan sesuatu "kebenaran" yang relevan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan harus bisa membuktikan bahwa suatu kebenaran itu harus dapat dibuktikan sendiri tanpa harus melalui suatu "doktrin" yang memaksakan pandangan kebenaran pada orang lain.

 

Perkembangan Tao yang pesat ini merupakan berita baik sekaligus berita buruk. Berita baik karena akan semakin banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari belajar agama tertua di dunia ini. Berita buruknya adalah TaoYu seperti saya harus belajar lebih keras lagi untuk mengembangkan Tao dan juga untuk menjadi teladan. Artinya disini kita dituntut untuk tidak berhenti belajar dalam mengembangkan Tao.

 

Saya mempunyai strategi untuk peningkatatn dan penyebarluasan Tao, dan saya akan menggunakan teknik 4 M, yaitu :

1. Menyajikan

Jika kita ingin ajaran Tao menjangkau generasi yang semakin modern ini, bukan berarti esensi Tao-nya perlu dirubah tetapi penyajiannya yang perlu disesuaikan dengan jaman (harus dinamis) secara terus menerus. Generasi masa depan tidak akan mau mendengarkan ceramah yang membosankan dan tidak relevan, sehingga kita dapat mengubahnya dengan menyajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai kemajuan ilmu pengetahuan sehingga dapat menambah keinginan untuk mengerti ajaran Tao lebih mendalam.

 

2. Mengundang

Menyajikan adalah langkah pertama untuk membuat Tao menjadi "user friendly" (bersahabat/memudahkan) dengan lebih banyak menerbitkan atau membagi buku-buku, kaset CD dan melalui internet. Setelah melalui tahap ini, orang-orang akan semakin tertarik dengan Tao dan suatu saat mereka akan mempunyai suatu niat untuk mengunjungi klenteng, khususnya Tao Kwan. Ketika klenteng atau Tao Kwan menunjukkan sikap yang lebih ramah dan lebih akomodatif pada pengunjung baru dan ketika para ‘senior’ lebih mudah didekati, maka klenteng atau Tao Kwan akan menjadi lebih ‘user friendly’.

 

3. Memecahkan Masalah

Pengembangan TaoAgama akan mengalami kemerosotan karena dalam perkembangannya tidak relevan bagi kehidupan kebanyakan orang, karena hanya segelintir orang saja yang berminat pada filosofi abstrak, ritual tanpa makna yang jelas atau spekulasi yang bertentangan dengan nalar. Akan tetapi orang sangat berminat pada bagaimana menemukan lebih banyak kebahagiaan di tengah permasalahan umum dalam kehidupan. Suatu sikap yang diperlukan dalam menentukan pilihan adalah bukan untuk sekedar percaya, tetapi untuk tetap menjaga pikiran terbuka sampai kita mendapat pengalaman yang nyata.

 

Banyak dalam bukti medis yang menyatakan bahwa dalam praktek meditasi (secara umum) meringankan stress dalam kehidupan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengannya. Kalau kita berfokus pada apa yang relevan bagi orang awam maka Tao menjadi hal yang amat penting bagi mereka. Mereka bisa saja memecahkan persoalan duniawi dan menuntun untuk menemukan akar dari permasalahan tersebut.

 

4. Memimpin

Tanpa pemimpin yang berkualitas tinggi, mustahil suatu agama dapat berkembang. Karena pada umumnya, mereka akan melihat bukti-bukti nyata bahwa agama tersebut bisa bermanfaat bagi mereka. Mereka juga akan melihat tokoh / pimpinan dari agama tersebut, bagaimana Tao bisa menuntun pada kebajikan, perbaikan moralitas. Karena kunci perkembangan Tao adalah disebarkan paling baik melalui teladan, (jauh lebih ampuh daripada melalui ceramah apapun).

 

Inilah strategi yang bisa diterapkan untuk membuat Tao menjadi agama yang bisa cepat berkembang. Kita tidak perlu mengubah pesan-pesan ataupun mengubah peraturanperguruan/aliran. Kita dapat memenuhi tugas sebagai TaoYu dengan tindakan kita sebagai teladan inspiratifnya. Salah satu keindahan Tao adalah Tao tidak memberitahukan apa yang harus dipercaya tetapi memberikan suatu pengetahuan bagaimana menemukannya.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*