Intan Dalam Debu – the web

“WEI XUE RI YI, WEI DAO RI SUN”

Posted by adminidb September 1, 2012, under Volume 31 | No Comments





“WEI XUE RI YI, WEI DAO RI SUN”

Oleh : ???

 

Jika Anda belajar, maka semakin hari Anda akan menjadi semakin pandai,

Jika Anda belajar Tao, maka semakin hari Anda akan semakin berkurang

 

Pada umumnya, kita tahu bahwa seseorang belajar akan membuat ia semakin pandai. Semakin banyak yang kita pelajari dari hari ke hari, maka akan membuat kita semakin pandai lagi.

 

Namun, ada ajaran Lautze yang berbunyi: "Wei Xue Ri Yi, Wei Dao Ri Sun" yang berarti: "Jika Anda belajar, maka semakin hari Anda akan menjadi semakin pandai; Jika Anda belajar Tao, maka semakin hari Anda akan semakin berkurang." Ajaran tersebut akan menimbulkan pertanyaan: Bagaimana mungkin semakin belajar Tao justru semakin berkurang, bukannya semakin pandai?

 

Kata "berkurang" ini cenderung diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Akan tetapi, dimaksud ajaran Lautze dengan kata "berkurang" ini mengandung makna yang positif. Belajar Tao adalah belajar tentang jalan hidup yang benar. Bagaimana belajar untuk berpikir, berbicara, dan bertingkah laku yang benar. Dengan demikian, akan berkurang sisi negatif dari diri kita.

 

Proses belajar di sini ada 2 cara, yaitu ke dalam dan keluar. Ke dalam, yaitu belajar dengan introspeksi diri, dan meningkatkan apa yang sudah baik dalam diri kita. Keluar, yaitu belajar dari orang lain, juga dengan mengamati kekurangan dan kelebihan orang lain. Kekurangan orang lain kita jadikan pelajaran agar tidak berbuat seperti mereka, sedangkan kelebihannya kita jadikan contoh. Dengan cara belajar demikian, sedikit demi sedikit, hari demi hari kita mulai memperbaiki semua kekurangan, membuang semua sifat-sifat yang tidak baik yang ada dalam diri kita.

 

“WEI XUE RI YI, WEI DAO RI SUN”Bila kita belajar Tao dengan baik, mengikuti dan menjalankan apa yang diajarkan, hidup di "Jalan Kebenaran", maka semakin hari kita akan merasakan terjadinya perubahan positif dalam diri kita. Sisi negatif dalam diri akan semakin berkurang, bahkan dapat hilang, seperti sifat egois, sombong, keras kepala, mau menang sendiri, iri hati, cemburu, congkak, dendam, pemalu, pesimis, penakut, minder, dan lain-lain. Inilah yang dimaksud Lautze bahwa bila kita belajar Tao, semakin hari semakin berkurang. Berkurang bukan dalam hal ilmu pengetahuan, bukan berkurang dalam hal kebijaksanaan, tapi berkurang dalam sifat-sifat yang negatif.

 

Dengan bejalannya waktu, seseorang yang belajar Tao seharusnya kehidupan atau kepribadiannya semakin hari menjadi semakin baik. Grafik kehidupannya akan terjadi peningkatan kualitas karena berkurangnya sifat negatif dalam diri meskipun terjadi gejolak pasang surut dalam kehidupannya.

 

Sebagai Taoyu, coba kita amati kehidupan kita sebelum di Tao Ying dan setelah di Tao Ying, sebelum naik ke tingkat Huang Ie dan setelah naik tingkat Huang Ie, apakah terjadi perubahan yang positif dalam kehidupan dan kepribadian kita?

 

Bila yang terjadi adalah kebalikannya, semakin kita Siu Tao, kita semakin egois, sombong, keras kepala, mau menang sendiri, arogan, iri hati, cemburu, dengki, congkak, dendam, pemalu, pesimis, penakut, minder, dan berbagai sifat negatif lainnya, maka kita perlu introspeksi diri. Kita harus mulai belajar untuk bisa mengurangi sifat-sifat negatif dalam diri. Meskipun sibuk dengan aktivitas sehari-hari, cobalah meluangkan waktu untuk introspeksi diri, berusaha untuk berubah ke arah lebih baik. Lebih baik mencoba meskipun berulang kali gagal, daripada tidak sama sekali. Wajar bila kita merasa sulit untuk berubah karena memang bukan hal yang mudah.

 

Selamat belajar Tao dan selamat mencoba "mengurangi" semua sifat jelek yang ada dalam diri Anda..

 

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*