Intan Dalam Debu – the web

Asal Mula Lontong Cap Go Meh

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments





Asal Mula Lontong Cap Go Meh

Oleh : HW

 

 Asal Mula Lontong Cap Go Meh

Setiap tanggal 15 bulan 1 imlek kita selalu mengadakan makan Lontong Cap Go Meh, selama ini pernahkah kita tahu bagaimana asal usul cerita Lontong Cap Go Me ini ?

 

Konon, pada waktu Sam Po Kong mendarat di Semarang, beliau mengadakan lomba masakan makanan berkuah. Lomba diadakan pada tanggal 15 bulan 1 imlek. Semua orang yang mendengar dan ingin mengikuti lomba dengan sukacita sudah menyiapkan bahan-bahan masakan dari jauh-jauh hari.

 

Pada saat sehari sebelum perlombaan di mulai ada seorang Datuk yang baru mendengar ada lomba masakan makanan berkuah yang diadakan oleh Sam Po Kong, Datuk ini juga ingin mengikuti lomba tersebut. Karena keterbasan waktu yang hanya sehari, akhirnya beliau memasak dengan memasukkan semua bahan yang ada ke dalam kuah yang dimasaknya.

 

Besoknya dimulailah lomba masakan makanan berkuah, semua masakan yg dilombakan di tata rapi di atas meja panjang. Masakan berkuah pun beraneka ragam dari bahan yang murah sampai mahal. Sam Po Kong dengan pelan-pelan mencicipi satu persatu masakan di atas meja.

Asal Mula Lontong Cap Go Meh

Tiba pengumuman pemenang, Sang Datuk bertanya bagaimana masakan beliau dan masuk peringkat ke berapa? Karena masakan Sang Datuk yang isinya campuran bahan-bahan masakan seperti lontong, telur, daging, ayam, rebung, dll; Sam Po Kong menyebutnya luan tang (baca: luan dang; arti: kuah yang isinya berbagai macam bahan masakan). Kemudian Sam Po Kong memberitahu salah satu prajuritnya untuk mengumumkan peringkat keberapa masakan Sang Datuk, " Luan Tang  Shiwu Ming" (baca: luan dang se u ming; arti: masakan berkuah yang isinya berbagai macam bahan masakan ini adalah peringkat ke 15).

 

Kebetulan prajurit yang mengumumkan ini adalah orang Hokian, dengan lantang dia mengumumkan hasil peringkat masakan Sang Datuk dengan menggunakan bahasa Hokian "Luan dang cap go mia".

Datuk dan orang-orang yang mendengar pun berpikir Sam Po Kong memberi nama masakan kuah tersebut dengan nama 'Lontong Cap Go Meh'.

 

Sejak saat itulah masakan Sang Datuk pun terkenal dengan nama Lontong Cap Go Meh, bahkan sampai sekarang.

 

Lebih baik mahir dalam satu bidang dari pada mengerti banyak bidang tetapi setengah-setengah. - The Best of Chinese Sayings

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*