Intan Dalam Debu – the web

Hal-Hal Kecil yang Terlupakan

Posted by adminidb September 3, 2012, under Volume 32 | No Comments





Hal-Hal Kecil yang Terlupakan

Oleh : Edi Tjoa - Jakarta

 

Sebagai seorang Tao Yu, melihat Agama Tao kita maju dan berkembang tentu merupakan impian kita semua. Kemajuan Ajaran Tao kita tersebut dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut:

- Ajaran Tao

- Tempat Penyebaran Ajaran Tao (Taokwan)

- Umat Tao (Taoyu)

Dari ketiga hal tersebut satu yang akan dibahas disini adalah point ke-3, tindakan dan perilaku Tao Yu sebagai salah satu faktor kemajuan Ajaran Tao kita.

 

Sama seperti halnya orang melihat tindakan dan perilaku seorang anak sebagai cerminan dari ajaran orang tuanya, maka orang lain melihat tindakan dan perilaku seorang Taoyu sebagai cerminan dari Ajaran Tao. Alangkah sayangnya bila hanya karena hal-hal kecil, membuat orang lain mempunyai pandangan yang kurang baik terhadap Ajaran Tao kita. Contoh dari hal-hal kecil tersebut bisa dilihat saat kita berkumpul di Taokwan untuk acara kebesaran Dewa-Dewi, Ce It, Cap Go, dan acara hari minggu.

 

Hal-hal kecil yang saya amati tersebut antara lain:

1. Sampah

Sering kali setiap selesai acara kita bisa melihat sampah-sampah berserakan. Bila setiap orang beranggapan bahwa meninggalkan 1 aqua gelas tanpa dibuang pada tempatnya merupakan hal yang kecil, berapa banyak aqua gelas yang berserakan tidak dibuang pada tempatnya bila acara tersebut dihadiri oleh 50 - 100 orang ?

2. Nada Dering HP & Berbicara sendiri saat Ciang Tao

Pada saat Ciang Tao kita masih terganggu oleh suara telepon maupun SMS dari HP, Juga suara dari orang yang asyik berbicara sendiri. Bila setiap orang beranggapan bahwa membiarkan suara teleponĀ  maupun SMS dari HP berbunyi dan asik berbicara sendiri merupakan hal kecil, berapa besar keributan yang dihasilkan bila saat acara tersebut dihadiri oleh 50 - 100 orang ?

 

Bila hal-hal kecil dan sepele seperti ini saja tidak kita perbaiki maka akan sulit bagi kita untuk menunjukkan bahwa Ajaran Tao kita ini memang bagus dan layak untuk dipelajari, diikuti dan dijalankan.

 

Satu tindakan mengalahkan seribu kata. Satu contoh lebih baik dari seribu kata-kata nasehat. Maka dari itu, marilah kita semua bersama-sama membiasakan diri untuk tidak menganggap enteng hal-hal kecil. Bertindak dan berilah contoh yang baik, sehingga pandangan orang lain terhadap Ajaran Tao kita menjadi lebih baik lagi.

 

Makin baik pandangan orang lain terhadap Ajaran Tao kita, maka akan semakin banyak orang yang mau mempelajari, mengikuti dan menjalankan Ajaran Tao. Makin banyak yang mengikuti dan menjalankan Ajaran Tao merupakan Kemajuan bagi Ajaran Tao kita.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*