Intan Dalam Debu – the web

PPTM 2011 : “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments





PPTM 2011 :

“Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Oleh : Ketua Panitia PPTM 2011

 

Dua tahun telah berlalu sejak Muda Mudi Tao seluruh Indonesia berkumpul di Surabaya pada tahun 2009 untuk bersama-sama mengikuti acara “Pemantapan dan Pendalaman Tao bagi Muda-Mudi” atau lebih dikenal dengan nama PPTM. Acara yang bertujuan untuk menambah ilmu sambil mempererat persaudaraan muda-mudi Tao seluruh Indonesia ini, di tahun 2011 ini diselenggarakan di Jakarta.

PPTM 2011 :  “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Bertempat di Hotel Indo Alam Puncak, 14-17 Mei 2011, sebanyak 222 Muda-Mudi Tao yang berasal dari 16 daerah seluruh Indonesia ini (Jakarta, Lampung, Palembang, Binjai, Pekan Baru, Bangka, Tuban, Mojokerto, Magelang, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Pontianak) dengan antusias mengikuti acara ini.

 

Dengan mengusung tema "Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang",  rangkaian acara dirancang agar Muda Mudi Tao tergerak untuk mengejar masa depannya yang cerah dengan penuh semangat. Dimulai dengan pembagian peserta menjadi 14 karakter pemenang (berani, konsisten, semangat, percaya diri, rajin, cerdas, disiplin, jujur, tanggung jawab, teliti, kreatif, rela berkorban, tekad, pantang menyerah ), peserta yang berasal dari daerah yang berbeda-beda dibaur menjadi satu selama acara berlangsung. Di sinilah team work, kekompakkan dan persaudaraan terjalin antar anggota kelompok. Tanpa menggunakan sistem absensi, setiap anggota dalam kelompok saling peduli satu sama lain, saling mendukung satu sama lain untuk senantiasa tepat waktu dan teratur sehingga disiplin pun tetap dapat terjaga.

 

Isi acara PPTM kali ini cukup variatif. Dibuka dan ditutup dengan Ciang Tao Lie Sang Hu SF yang tentu saja merupakan acara yang sangat dinanti-nantikan oleh Muda-Mudi, sejumlah Ciang Tao Shi juga turut berbagi ilmu-ilmu nya yang luar biasa. Sesiung Lie Ping Shen dengan 3 materi yang sangat mengena untuk muda mudi yaitu; “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”, “Indahnya Mencintai dan Dicintai” hingga "Sungguh-sungguh menjadi diri sendiri".

 

Sesiung Lie Ming Shen yang memberikan ilmu "Optimis Menggapai Masa Depan Gemilang" yang memberikan ilustrasi peluang-peluang mencapai kehidupan yang lebih baik. Yang terakhir namun tak kalah menariknya adalah Sesiung Chang Wen San yang memberikan materi mengenai bagaimana menjadi kita yang tidak terbatas dengan semua keterbatasan kita.

PPTM 2011 :  “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Selain topik-topik Ciang Tao yang luar biasa tersebut, peserta PPTM juga diajak untuk mengikuti outdoor activity yang semakin mengasah team work mereka. Tiap kelompok berjuang dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Mereka harus melewati 4 pos dan menjalankan tugas dan permainan pada pos-pos tersebut untuk mengumpulkan point yang akan ditukar dengan bahan-bahan workshop lentera yang selanjutnya digunakan untuk membuat lentera terbang versi kelompok peserta masing-masing.

 

Tak hanya sampai di situ, kreativitas dan kekompakan peserta terus diuji melalui suatu aktivitas yang panitia beri nama "parade iklan". Pada acara ini, dengan hanya diberi waktu yang sangat sempit, setiap kelompok harus dapat mempromosikan kegunaan dari suatu barang yang diberikan kepada mereka tanpa boleh berkata-kata. Ide-ide cemerlang dan kekocakan yang menghibur pun mengalir dari masing-masing kelompok mengundang kekaguman dan gelak tawa penonton.

 

Dan satu lagi acara penggalian potensi Muda-Mudi Tao yang ditampilkan pada kesempatan ini adalah Talkshow. Acara ini merupakan kelanjutan dari lomba menulis artikel muda-mudi nasional dengan tema yang sama dengan PPTM "Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang". Lomba yang terselenggara berkat dukungan PUTI Pusat ini bertujuan mencari bibit-bibit muda yang berpotensi dalam menulis artikel-artikel bermutu. Lima penulis yang karyanya terpilih menjadi 5 karya terbaik menjadi tamu dalam talkshow ini. Setelah berbagai pertanyaan-pertanyaan berbobot ditanyakan oleh MC kepada kelima penulis tersebut, pengumuman pemenang pun dilakukan.

 

Pada kesempatan ini yang berhasil menjadi pemenang juara 1, 2 dan 3 yaitu :

1. Winny Kusuma dengan judul karangan “Mendaki Gunung Masa Depan”

2. Pungki Hermawan dengan judul karangan “Berani Untuk Bangkit dan Berjuang”

3. Hardy Kesuma dengan judul karangan “Mengukur dan Menjaga Semangat Juangmu”

Semoga dengan terselenggaranya acara ini akan semakin memacu muda mudi untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.

PPTM 2011 :  “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Setelah serangkaian acara yang cukup menguras fisik, dan menggembleng mental serta kecerdasan peserta, pada malam terakhir, semua peserta dihibur oleh hiburan-hiburan yang telah dipersiapkan oleh daerah. Tarian, nyanyian, drama, sulap sampai puisi semuanya seperti menghipnotis para penonton. Tak ketinggalan polonaise dan api unggun menjadi ajang panitia dan peserta mengekspresikan kegembiraannya. Lentera terbang yang sudah dibuat oleh setiap grup peserta diterbangkan pada saat acara api unggun ini..

PPTM 2011 :  “Bangkitkan Semangat Juang, Masa Depan Gemilang”

Empat hari tiga malam berlalu begitu cepat, hingga sampailah pada saatnya harus berpisah untuk kembali ke daerah masing-masing dan kembali mengejar masa depan gemilang masing-masing. Kesulitan, kegembiraan dan kebersamaan panitia maupun peserta, dukungan dari senior-senior, cerita, persahabatan dan kebersamaan kita dalam event ini sungguh "Sekejab yang abadi". Tiga pukulan gong dari Lie SF menutup acara PPTM 2011. Namun, semoga, semangat dan kebersamaan yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan dapat ditularkan ke seluruh daerah.

 

Xie Shen En

 

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*