Intan Dalam Debu – the web

Rawatlah Bumi Kita

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments





Rawatlah Bumi Kita

Oleh: Siet Lielie - Belitung

 

Rawatlah Bumi Kita

Apakah kita pernah tersadar di manakah kita sekarang? Kita sebagai manusia hidup di Bumi dari lahir, beranjak dewasa hingga kita meninggal. Kita sangat berhutang budi terhadap Bumi kita yang telah banyak berjasa.

 

Tetapi, sudah berapa banyak kita melakukan perbuatan yang mengotori Bumi, merusak Bumi, hingga Bumi kita ini menjadi tidak indah lagi? Terkadang kita tidak menyadari atas perbuatan kita sangat merusak Bumi dan berkesan tidak berterima kasih terhadap Bumi.

 

Apakah kita telah merasakan akhir-akhir ini cuaca di Bumi kita tidak karuan tidak seperti dulunya? Bumi kita ini tidak karuan bukannya tanpa sebab. Tetapi, melainkan karena polusi kendaraan dan pabrik, sampah plastik dan limbah industri, pemakaian air dan listik berlebihan hingga mendirikan gedung bertingkat. Itu semua karena kita, hingga Bumi kita ini menjadi rusak tidak karuan. Coba kita bayangkan jika es di utara Bumi mencair semua?

 

Oleh karena itu, rawatlah bumi kita ini sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan. Tentunya, kita sebagai manusia tidak dapat melakukan perbuatan semua hal. Jadi, kita hanya melakukan hal sederhana saja. Jangan karena hal sederhana saja kita malu untuk melakukannya, sehingga kita tidak melakukan apa-apa. Tetapi, kita harus berusaha untuk mengembangkan diri supaya bisa melakukannya. Yang terpenting adalah niat dan keiklasan.

 

Hal-hal kecil yang bisa kita lakukan adalah:

a) Gunakanlah sepeda untuk berpergian yang dekat. Naik sepeda tentunya sangat ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan polusi dan tidak mengeluarkan biaya untuk beli bensin. Selain itu kita juga bisa sehat jasmani.

Rawatlah Bumi Kita

b) Bawa tate bag saat berbelanja. Sampah plastic sangat sulit untuk dikelola. Perlu bertahun-tahun buat plastic itu benar-benar terurai. Kalau kita mau terlihat keren, makanya bawa tate bag aja.

c) Pake HP seperlunya. Penghematan pemakaian HP sangat berguna agar tidak sering-sering nge'charge. Coba bayangkan saja kalau semua orang sering memakai HP dan nge'charge. Berapa banyak listrik yang sudah terpakai?

d) Buanglah sampah pada tempatnya. Dan yang satu ini nih sering kali kita anggap remeh. Coba bayangkan saja 1000 orang membuang kertas kecil disembarang tempat ? Mari kita belajar untuk membuang sampah kertas sekecil apapun buanglah di tempatnya.

 

Sebenarnya masih banyak perbuatan lain lagi yang bisa kita lakukan. Tetapi, kita lakukan hal yang kecil terlebih dahulu. Ingat, kalau tidak kita dimulai dari sekarang, mungkin di masa nanti anak cucu kitalah yang akan terkena akibatnya dan jangan pernah meremehkan hal-hal sekecil apapun. Mulailah dari diri kita sendiri lalu tularkan kepada orang di sekitar kita. Semoga jika kita bisa melakukan hal yang terbaik, Bumi kita kembali indah dan udaranya nyaman sehingga kita senang tinggal di Bumi kita ini.
Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*