Intan Dalam Debu – the web

Sayangilah “barang” orang lain seperti “barang”-mu sendiri

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments





Sayangilah "barang" orang lain seperti "barang"-mu sendiri

Oleh : Fung

 

Artikel ini dibuat karena hal sering yang terjadi di sekeliling kita ini, sangat menggelitik. Saya merasa aneh ‘Mengapa orang tidak menyayangi barang ?’   Ada orang yang memakai barang orang lain namun tidak menjaganya dengan baik, saat barang tersebut balik ke pemiliknya, sudah compang sana, retak sini, baik itu karena jatuh, terkena noda, dst. Ada juga yang bahkan tidak memberitahu pemilik tersebut bahwa barang tersebut rusak/ tidak seperti semula  lagi.

 

Dimana rasa sayangnya terhadap barang tersebut ?   Tanggung jawabnya ?

 

Apakah karena barang tersebut bukan miliknya, sehingga tidak diperhatikan dengan baik? Dalam ajaran non-formal, pastilah ada perkataan, sayangilah barang pribadi, namun lebih berhati-hati dan sayang terhadap barang milik orang lain. Karena andalah peminjamnya, sehingga memiliki rasa tanggung jawab terhadap barang yang dipinjam tersebut.

 

Ada contoh lain, di klenteng-klenteng, buanglah sampah pada tempatnya, anggap klenteng tersebut adalah rumah kedua anda. Begitupula dengan berkunjung ke rumah orang lain. Jagalah kebersihan. Bersikaplah seperti orang berbudaya. Apakah anda ingin rumah anda dikunjungi orang yang kotor, buang sampah sembarangan? Tentu tidak kan..

 

Akhir kata, ada BANYAK orang yang masih belum memiliki rasa sayang terhadap 'Barang', apakah anda, sebagai orang Tao yang seharusnya memiliki budaya tinggi, juga termasuk salah satu dari ke-BANYAK-an orang tersebut?

 

Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*