Intan Dalam Debu – the web

Siu Tao dan Air

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments




Siu Tao dan Air

Oleh : Titus Permadi

 

Siu Tao adalah sebuah proses personal dalam mengembangkan diri menjadi manusia yang lebih baik dan lebih baik lagi menuju pada kesempurnaan dan kepenuhannya.

Meskipun ingin berjalan menuju hal yang lebih baik, namun Siu Tao justru mengarahkan kita untuk menjadi lebih sederhana. Sederhana dalam artian semakin tahu diri, tahu tempat, tahu waktu, semakin bisa membawa diri, semakin pandai bergaul tanpa menyombongkan diri tapi mampu menjaga harga diri. Semakin sederhana dan praktis dalam mencari sumber dan jalan untuk meningkatkan diri.

 

Proses pengembangan diri ini dapat berlaku pada masalah kesehatan kita, bisa juga berlaku pada pemikiran kita. Namun, yang tak kalah penting, pengembangan diri dalam membangun pergaulan di masyarakat.

Siu Tao dan Air

Air merupakan salah satu benda di muka bumi ini yang punya keunikan. Sekitar 71 % dari muka bumi kita ini adalah air. Kehidupan hampir seluruhnya air, 50 sampai 97 persen dari seluruh berat tanaman dan hewan hidup juga air, bahkan badan manusia 70 %-nya terdiri dari air.

 

Apabila dipindahkan ke beragam wadah yang berbeda bentuk, maka air akan berubah bentuk seperti wadahnya. Selain itu, permukaan air selalu datar (flat-horisontal) dimanapun. Karena sifat yang seperti ini, maka dari itu, air bisa dijadikan patokan bila ingin memastikan dinding atau bangunan yang dibuat agar tidak miring. Alur sebuah sungai juga dibentuk oleh air yang mengalir melaluinya.

Siu Tao dan Air

Meningkatkan Siu Tao dengan belajar dari sifat-sifat air akan membantu kita menata ulang sikap dan pola pikir kita menjadi lebih baik. Misalnya, setelah dengan melakukan Siu Tao kita sampai pada titik sadar bahwa diri kita adalah orang yang kaku dan kurang pandai bergaul maka kita perlu mengajar diri kita sendiri untuk menjadi luwes dan pandai menyesuaikan diri. Mau mendengarkan orang lain dan menghargai pendapat orang lain adalah seirama dengan sifat-sifat air yang adaptif.

 

Sisi yang lain dari air juga menjelaskan tentang identitas atau jati diri. Misalnya kita mencampur air dengan minyak, maka otomatis air akan berada di bawah dan minyak mengambang di atasnya. Jadi meskipun luwes air tetap punya identitas sendiri dan tidak bercampur dengan minyak. Demikian juga dalam bermasyarakat meskipun luwes, pandai bergaul dan pandai membawa diri kita juga tetap mempunyai identitas yang jelas sehingga tidak terhanyut dan terpengaruh oleh orang lain. Memiliki pendirian yang kuat namun luwes dalam membawa diri adalah penting untuk dapat 'survive' di dunia ini.

 

Demikianlah sebagian kecil yang dapat saya sampaikan mengenai Siu Tao dan air, tentunya masih banyak hal yang dapat digali dan dipelajari dari hal air dan semoga pembaca menemukan banyak cara untuk memajukan diri Anda sendiri....

 

Akhir kata, banyaklah belajar dan tingkatkan kualitas Siu Tao Anda secara mandiri dengan berpikiran terbuka dan bersedia mendengar pendapat orang lain.

 

Salam Tao

 

Hidup di dekat sungai akan memahami karakter ikan, tinggal di dekat gunung akan mengenal kicauan burung - The Best of Chinese Sayings

 

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*