Intan Dalam Debu – the web

Upacara Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai secara Agama Tao

Posted by adminidb September 2, 2012, under Volume 32 | No Comments





Upacara Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai secara Agama Tao

Tanggal : 10 Mei 2011

Oleh : PUTI

 

Upacara Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai secara Agama Tao

Dewa Lie Thiek Kwai adalah salah satu dari Delapan Dewa (Pat Sien) yang memang merupakan Dewa Umat Tao. Di tahun ini, Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai jatuh pada tanggal 10 Mei 2011 (Sie Gwee Ce Pee 2562). Klenteng Bio Lie Thiek Kwai (Vihara Budhi Dharma); yang bertempat di Jl. Perniagaan No. 69, Jakarta; mengadakan upacara hari kebesaran Dewa secara Agama Tao bersama dengan Paguyuban Umat Tao Indonesia (PUTI).

Upacara Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai secara Agama Tao

Ketua PUTI Pusat (Lie Ming Shen) bersama dengan  Pengurus Kelenteng Lie Thiek Kwai

 

Sekilas sejarah mengenai klenteng ini. Pada jaman dulu, para pengusaha berasal dari Tiongkok yang datang ke Indonesia memiliki satu misi, yaitu berkumpul dan bersembahyang bersama. Oleh karena keteguhan hati untuk mewujudkan persamaan misi tersebut maka berdirilah klenteng Lie Thiek Kwai ini pada tahun 1768. Salah satu pendiri-Nya adalah tukang besi yang bernama Tjoeng Koen Bu.

 

Pada tahun 1812, tempat ibadah ini terbuka untuk umum. Klenteng ini telah beberapa kali direnovasi menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dan sampai saat ini berdiri dengan megahnya. Salah satu ciri khas klenteng ini adalah kertas mantra / "HU" yang sangat manjur untuk keselamatan di perjalanan dan kesehatan (menyembuhkan orang sakit). "HU" tersebut terkenal sampai ke daerah Tuban, Klenteng Kwan Kong Bio.

 

Walaupun klenteng ini tidak besar, tapi bukan menjadi hambatan bagi para umat untuk sembahyang dan mengikuti upacara dengan hikmat. Tingginya minat Umat untuk bersembahyang mengisi ruangan dengan penuh sesak sampai hampir tidak ada ruang gerak bagi petugas Siang Sui dan petugas Hio untuk menjalankan tugasnya. Keadaan yang serba simple ini, tidak juga mengurangi semangat mereka yang datang untuk memanjatkan doa supaya Negara Indonesia diberkahi oleh Yang Maha Kuasa, agar Negara ini kuat, memiliki rakyat yang makmur sentosa dan kedamaian di dalam dunia serta melindungi semua umat yang berke-Tuhan-an agar senantiasa mendapat perlindungan. Ditambah dengan pengurus-pengurusnya yang begitu ramah menyambut umatnya, sangat perhatian terhadap mereka yang ingin bersembahyang kepada para Dewa, Kongco kita semua.

 

Klenteng yg terang benderang sangatlah cocok dengan nyanyian Miao Kwang Ming yang dikumandangkan setelah upacara sembahyang berakhir. Nyala lilin-lilin menerangi lubuk hati umatnya. Lagu kedua yang dinyanyikan memang sesuai dengan cerita Delapan Dewa, yaitu lagu Tao Kwang Bu Caw yang salah satu liriknya “Dewa Tao Sakti Semua”. Dengan suksesnya upacara sembahyang ditambah dengan perayaan yang meriah dan makan bersama, maka selalu saja ada umatnya yang datang sejak pagi hingga malam mengalir tiada henti. Sangat Luar Biasa!! Umat Klenteng ini tiada lain semuanya adalah Umat Tao. Semoga semua Umat Tao dilindungi dan diberkahi oleh Dewa Lie Thiek Kwai.

Upacara Hari Kebesaran Dewa Lie Thiek Kwai secara Agama Tao

Xie Shen En.

 

 

 

BANYAK RINTANGAN USAHA-USAHA

BUANGLAH KECEMASAN DAN NYANYIKANLAH LAGU-LAGU TAO SAJA

BELAJAR HINGGA DAPAT BERDIALOG DENGAN DEWA-DEWA

DEWA-DEWA TENTU LEBIH PERHATIAN PADANYA - STPC

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*