Intan Dalam Debu – the web

BEKERJA SOSIAL

Posted by adminidb September 10, 2012, under Volume 33 | No Comments





BEKERJA SOSIAL

Oleh : Fung

 

Dalam pelajaran di sekolah disebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dalam mencari pekerjaan pun seringkali ditanyakan, apa kontribusi yang sudah Anda lakukan terhadap lingkungan sosial Anda (masyarakat)? Mengapa kontribusi terhadap masyarakat ini diperhatikan oleh banyak perusahaan?

 

Berdasarkan pengamatan penulis dari berbagai sisi, orang yang memiliki nilai tinggi dalam pelajaran (dikatakan orang pintar) mayoritas tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Banyak orang yang tidak terlalu suka terhadap mereka, karena mereka merasa dirinya pintar, tidak mau berubah, egois, dan lain-lain.

 

Orang yang dapat bersosialisasi dengan baik walaupun dengan nilai pelajaran yaa.. di atas rata-rata lah.. terkadang lebih sukses dalam jenjang karir mereka, lebih mudah untuk maju dalam setiap langkah hidupnya. Mengapa?? Karena mereka dapat memberikan apa yang orang lain mau, bukan apa yang dirinya inginkan saja. Maka dari itu.. bermasyarakat ini sangatlah penting dalam kehidupan ini karena kita tidak dapat hidup sendiri.

 

Di manakah kita bisa mengasah ilmu bersosialisasi ini?? Kita memiliki Taokwan-Taokwan di daerah masing-masing. Nah, di sinilah
BEKERJA SOSIALkita dapat belajar untuk bersosialisasi, bekerja sukarela untuk kemajuan Tao kita ini, pekerjaan yang tidak mudah namun juga tidak sulit. Pekerjaan yang membutuhkan kemauan yang kuat, dedikasi yang tinggi, dan tidak takut untuk berbuat salah. Karena kesalahan adalah sumber dari keberhasilan. Jika kita hanya bermimpi untuk berbuat saja, ya memang mimpi sangat indah.. Namun tidak akan ada hasilnya karena itu hanyalah mimpi, tidak melakukan sesuatu yang kongkrit. Melakukan sesuatu pun harus sesuai dengan planning. Dan dalam realita, 9 dari 10 planning yang dibuat, tidak semua berjalan dengan mulus. Namun kita belajar dari sini.. Belajar dari kegagalan dan kesulitan untuk menjadi dewasa dan lebih dewasa lagi.

 

Coba kita bandingkan, antara muda-mudi dengan orang dewasa / tua-tui. Kelebihan muda-mudi adalah.. banyak tenaga dan banyak waktu. Namun, muda-mudi ini kurang pengalaman dan materi. Sebaliknya, kelebihan tua-tui adalah… banyak pengalaman dan materi. Namun, kurangnya waktu dan tenaga. Maka dari itu, untuk memiliki suatu organisasi / lingkungan sosial yang kompak dan harmonis, kelebihan dan kekurangan yang ada dapat saling mengisi. Seyogyanya, muda-mudi bekerja dengan bimbingan tua-tui. BEKERJA SOSIALHal ini pun harus dilakukan berkesinambungan dengan komitmen, kerjasama dan pengertian yang cukup baik. Dengan demikian, kita akan saling belajar, saling melengkapi dan juga menuju satu tujuan yang mantap, memajukan Tao kita ini. Jangan lupa, ini merupakan kung tek juga lohh.

 

Jika orang bekerja dengan digaji, dan dia mengerjakan segala sesuatu dengan bagus, itu adalah suatu keharusan. Namun, jika orang bekerja sukarela tanpa digaji, dan dia mengerjakan segala sesuatu dengan bagus, itu adalah suatu nilai lebih dalam diri orang tersebut. Apakah kalian sudah mengerjakan segala sesuatu dengan baik?? Apakah kalian sudah memiliki nilai lebih ini??

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*