Intan Dalam Debu – the web

EBA EBR EBK

Posted by adminidb September 11, 2012, under Volume 33 | No Comments





EBA EBR EBK

Laporan dibuat oleh : DFL

Kegiatan-kegiatan dan foto-foto diambil dari laporan setiap daerah

 
EBA EBR EBK
Seiring dengan berkembangnya agama Tao di Indonesia, organisasi Tao pun mengembangkan sayapnya dengan memperkuat dan memperluas divisi divisi mereka. Salah satunya yaitu EBA EBR dan EBK.

 

Apa itu EBA EBR dan EBK??

 

Kepanjangan dari EBA adalah Extra Bina Anak, dimana anak disini adalah anak-anak dari umur 3 tahun sampai 8 tahun. EBR adalah Extra Bina Remaja dimana remaja disini adalah anak-anak dari umur 8 tahun sampai 15 tahun. Diatas umur 15 tahun sudah menjadi bagian dari Muda-Mudi. EBK adalah Extra Bina Keluarga.

 

Kegiatan ini sebetulnya sudah ada dari dulu, namun hanya kecil-kecilan saja, dan hanya ada di beberapa daerah, yaitu Lampung dan Jakarta. Awalnya adalah untuk menempatkan anak-anak dan memberikan mereka kegiatan agar tidak menggangu para orang tua untuk mendengarkan Ciang Tao / mengikuti kegiatan Tao di Taokwan masing-masing. Dalam kegiatan yang diberikan ke anak-anak ini biasanya diselipkan ajaran Tao, seperti siapa itu Maha Dewa Thay Sang Lao Cin, bagaimana bersembahyang dengan benar / memegang hio dengan benar, namun dengan metode belajar sambil bermain, agar anak-anak tidak bosan dan jenuh.

 

Namun dari tujuan awal yang hanya agar anak-anak tidak mengganggu orang tua mereka di Taokwan, beralih ke memberikan pengertian dasar Tao ke anak-anak agar mereka mengerti dan senang untuk datang ke Taokwan / klenteng-klenteng. Beberapa tujuan lain bermunculan yaitu memberikan beberapa ketrampilan agar anak - anak Tao menjadi bibit unggul yang berani dan tangguh untuk memberikan masa depan Tao yang cemerlang, regenerasi yang baik.

 

Tahun 2011 bulan Agustus, Taokwan Jakarta mengadakan seminar untuk Para Pembina EBA, EBR yang sudah ada dan pengurus-pengurus Taokwan di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyatukan visi, misi dan sharing metode yang sudah dilakukan, kendala yang sudah ada dan cara mengatasinya, dan juga mencoba untuk membuat kurikulum untuk mengajarkan pengertian dasar / Teori Tao ke anak-anak.

 

Sejak itu kegiatan EBA EBR melesat naik dengan cepat, dimana di beberapa Taokwan di Indonesia mulai mengadakan kegiatan tersebut, seperti Taokwan Bangka, dan Taokwan-Taokwan yang sudah memiliki kegiatan EBA EBR sudah mulai terorganisir dengan baik. Bahkan Taokwan Bandung mengadakan EBK yang bertujuan untuk membina keluarga, yaitu orang tua dan anaknya.

 

Sharing dari Pembina EBA EBR yang sudah melakukan kegiatan tersebut selama beberapa tahun sangatlah berguna, dan juga ide-ide baru bermunculan untuk mengajar anak-anak Tao kita ini. Sharing ini ada melalui grup bb, facebook dan lain-lain.

 

Beberapa kegiatan EBA EBR EBK terlampir di bawah,

 

Dari Bali, kegiatan EBA Bali tanggal 25 September 2011, adalah menceritakan Dewa Erl Lang Shen, mengucapkan lafal nama Dewa ini dengan benar, dan juga mewarnai gambar Dewa Erl Lang Shen dan menghias tulisan nama Dewa Erl Lang Shen dengan manik-manik. Kegiatan ini diadakan bertepatan dengan Hari Kebesaran Dewa Erl Lang Shen tahun 2011 yang jatuh pada tanggal 25 September. Untuk saat ini di Bali, kegiatan EBA dilakukan dua kali sebulan.

 

Dibawah adalah Foto-Foto dari kegiatan EBA Bali Tanggal 25 September 2011

EBA EBR EBKEBA EBR EBK
 

Dari Bandung, kegiatan EBK dimulai pertama kali pada tanggal 2 Oktober 2011, dengan tujuan untuk memperkuat rasa persaudaraan dan hubungan antara orang tua dengan anak, adik dengan kakak bahkan dengan sesama Tao Yu. Kegiatan-kegiatan EBK sementara ini difokuskan kepada pembinaan kreatifitas, pola hidup sehat, serta etika dalam sehari-hari termasuk etika dalam bersembahyang. Kegiatan yang pernah dilakukan adalah kegiatan fingerprint painting, yakni menggunakan stamp sidik jari untuk mewarnai. Pada tanggal 6 November 2011, diadakan kreatifitas paper art, yaitu membentuk gambar dengan cara melipat-lipat kertas dan menggunting-guntingnya, seni yang cukup popular di China. Untuk saat ini di Bandung, kegiatan EBK dilakukan satu kali sebulan, minggu pertama awal bulan.

 

Di bawah adalah Foto-Foto dari kegiatan EBK Bandung Tanggal 6 November 2011

EBA EBR EBKEBA EBR EBK

 

Dari Bangka, kegiatan EBA tanggal 11 September 2011 adalah mengenal warna-warna dan mewarnai dengan rapi dan menjelaskan kesesuaian warna dengan gambar. Kegiatan EBR tanggal 6 November 2011, mengajarkan dan menjelaskan dasar-dasar belajar Mandarin, yaitu cara menulis huruf mandarin yang benar dan pengucapan lafal Mandarin yang benar. Kegiatan EBA EBR dilakukan setiap minggu.

 

Di bawah adalah Foto-Foto dari kegiatan EBA EBR Bangka Tanggal 11 September 2011 dan 6 November 2011
EBA EBR EBKEBA EBR EBK
 

Dari Jakarta, kegiatan EBA EBR diadakan setiap minggu. Setiap tiga bulan sekali EBA EBR mengadakan outing, dan dua kali sebulan EBR mengadakan kegiatan peningkatan bahasa Mandarin. Pada tanggal 10 Oktober 2011, di kegiatan peningkatan berbahasa Mandarin, anak-anak juga diajarkan untuk mengenal berbagai kebudayaan China, salah satunya adalah mengenalkan dan mengajarkan Kaligrafi China dasar kepada anak-anak. Kegiatan lain yang diadakan EBA EBR adalah kegiatan outing pada tanggal 16 Oktober 2011 yang bertempat di WTC Mangga Dua, yaitu bermain dan belajar di Air. Pengenalan air sekaligus berenang bagi yang belum bisa berenang / masih takut air, dan pendalaman tehnik berenang bagi yang sudah bisa berenang. Sekitar 50 orang menghadiri acara ini, termasuk pembimbing. Dimulai dengan senam ringan, setelah itu adalah acara bermain bebas (mengenalkan air kepada anak kecil yang masih takut akan air), dan acara inti yaitu bermain sambil belajar di air, bagi anak yang lebih kecil, mengisi ember dengan bola yang ditaruh di tengah kolam kecil, dan bagi anak yang sudah bisa berenang, menyelam ke dalam air dan mengambil barang di dasar kolam. Ternyata ada banyak anak EBA EBR yang sudah mahir berenang, walau ada beberapa anak EBA yang belum bisa berenang. Namun mereka semua ingin belajar dan canda tawa mengisi acara tersebut.

 

Di bawah adalah Foto-Foto dari kegiatan EBA EBR Jakarta Tanggal 10 Oktober 2011 dan 16 Oktober 2011

EBA EBR EBKEBA EBR EBK
 

Dari Lampung, kegiatan EBA dilakukan setiap minggunya, dalam satu bulan dua kali kegiatan indoor di Taokwan dan dua kali kegiatan outdoor di luar Taokwan. Salah satu kegiatannya adalah pada tanggal 16 Oktober 2011 EBA mengadakan kegiatan kunjungan ke Panti Sosial Bina Netra yang beralamat di Jl. Proklamasi No. 48, Bandar Lampung. Sumbangan-sumbangan berupa pakaian bekas yang layak, buku dana dan barang lainnya dikumpulkan sebelumnya. Sebelum berangkat ke Panti Sosial Bina Netra, anak-anak diberikan pengarahan mengenai tempat yang akan dikunjungi dan bersembahyang kepada Maha Dewa. Sekitar 70 orang termasuk, anak-anak, orang tua, dan para Tao Yu mengikuti acara ini. Disana acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Panti Sosial Bpk. Hamid, dilanjutkan dengan sambutan dari EBA Lampung. Dilanjutkan dengan acara menyanyi bersama, adapun anak panti yang mendemokan kemampuannya membaca buku cerita dengan Huruf Braille dan mengetik dengan mesin tik khusus untuk Huruf Braille. Acara diakhiri dengan menyerahkan bantuan secara simbolis dan foto bersama.

 

Di bawah adalah Foto-Foto dari kegiatan EBA Lampung Tanggal 16 Oktober 2011
EBA EBR EBKEBA EBR EBK
 

Kegiatan-kegiatan diatas hanyalah beberapa dari banyak kegiatan EBA EBR EBK yang sangat bermanfaat bagi anak-anak Tao kita. Namun bukan hanya anak-anak saja yang mendapatkan manfaatnya. Orang tua, pembimbing maupun para Tao Yu juga mendapatkan manfaatnya. Beberapa tanggapan positif dari para orang tua yang memasukkan anaknya ke kegiatan EBA EBR EBK ini bertambah dari hari ke hari, dimana mereka merasakan anaknya mulai mau membantu mereka dalam pekerajaan rumah tangga, dan mempraktekkan apa yang mereka dapat dari kegiatan EBA EBR EBK yang sudah dilakukan sebelumnya. Para pembimbing merasakan manfaatnya yakni mengerti lebih dalam tentang teori dasar Tao, dimana sebelum memberikan pengertian kepada anak EBA EBR, Pembina harus belajar lebih dalam tentang teori tersebut agar lebih siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan kritis dari anak-anak. Adapun manfaat lain yakni mengerti tentang psikologi anak dan mengerti bagaimana mendidik anak dengan baik, serta tak lupa mengerti untuk memberikan dedikasi yang tertinggi terhadap Tao kita. Para Tao Yu juga mendapatkan manfaatnya, yakni lebih rajin mendalami Tao dimana mereka tidak mau kalah dengan anak-anak yang semakin pintar dari hari ke hari.

 

Sekian laporan kegiatan EBA EBR EBK yang sudah dijalankan, walaupun masih baru, sehingga banyak kekurangan di sana sini, namun para Pembina dan pengurus Tao Kwan di Indonesia akan memperbaiki, merevisi terus menerus untuk menjadikan kegiatan EBA EBR EBK ini sempurna. Dimana belajar dari kesalahan lebih baik dari pada takut akan berbuat kesalahan sehingga tidak belajar sama sekali. Terima kasih atas support kalian selama ini, terutama Pembina EBA EBR EBK atas dedikasi mereka mengajar anak-anak Tao kita. Semoga kegiatan ini EBA EBR EBK ini akan berlangsung terus menerus dan membaik demi hari ke hari. Jia You EBA EBR EBK!!

 

Salam Tao.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*