Intan Dalam Debu – the web

HIDUP SUDAH DITAKDIR, TIDAK PERLU KHAWATIR

Posted by adminidb September 10, 2012, under Volume 33 | No Comments





HIDUP SUDAH DITAKDIR, TIDAK PERLU KHAWATIR

Oleh : Irene M. - Jkt

 

Kalimat tersebut pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan Tao Yu. Tetapi bagaimana kita mengupas makna dibaliknya?

 

Kalimat tersebut pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan Tao Yu. Tetapi bagaimana kita mengupas makna dibaliknya?

 

Terkadang, saat kelelahan mendera dalam menghadapi perjalanan hidup, kalimat ini bisa menjadi air yang menyejukkan batin kembali, serupa menumbuhkan kembali semangat juang. Tak jarang di saat bimbang melangkah dalam hidup, kalimat ini bisa menyadarkan untuk berpikir lebih tenang dan bijak. Hal tersebut penulis anggap penempatan positif untuk kalimat: Hidup sudah ditakdir, Tidak perlu khawatir.

 

Mari kita lihat sisi lainnya; kegagalan dan kekecewaan hati bisa dihibur dengan kalimat “memang sudah takdir”. Tapi benarkah seperti itu baiknya? Apakah kita begitu lemah hingga langsung berkilah: “Sudah suratan takdir?”

 

Pernahkah terlintas dalam benak kita: “Hidup ini sungguh tidak adil, takdir dia bagus, takdir saya tidak sebagus dia, memang sudah takdir saya.” Perlukah untuk mencari-cari alasan atas ketidak-puasan hidup kita, kemudian semudah membalikan telapak tangan, kita langsung menyalahkan takdir?
HIDUP SUDAH DITAKDIR, TIDAK PERLU KHAWATIR
 

Jadi bagaimana seharusnya menyikapi semua ini? Berjuang, jatuh, bangkit kembali, dan berjuang kembali. Ini semua pasti akan mewarnai perjalanan hidup kita. Segala sesuatu yang kita lakukan dengan usaha terbaik kita, dibantu dengan amal dan budi pekerti baik, segala sesuatu yang didapat pastinya juga akan berbuah baik. Tidak peduli bagaimana pun hasilnya, yang terutama adalah kita menikmati proses perjalanannya dengan semangat juang tinggi.

 

Sebagai umat Tao, kita juga mempunyai Fu Fak Sen yang selalu membimbing setiap langkah kita. Mari kita bersama-sama merevisi diri secara konsisten, selalu menolong sesama, selalu di jalan Tao sehingga Dewa-Dewi sayang dengan kita. Nasib hidup pun akan berubah membaik, Takdir juga ke arah yang lebih baik juga. Tidak ada yang tidak mungkin.

 

Tidak perlu menghawatirkan segala sesuatu yang belum diperjuangkan secara maksimal. Perjelas tujuan dan arahnya. Berfokus di proses tanpa merugikan sesama, tidak peduli dengan hasil di akhir.

 

Apapun hasilnya nanti, nikmatilah dengan senyuman dan rasa bangga, inilah jalan hidup terbaikku!

 

Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*