Intan Dalam Debu – the web

Hukum Karma itu Berlaku

Posted by adminidb September 11, 2012, under Volume 33 | No Comments





Hukum Karma itu Berlaku

Oleh : Lenny - Jambi

 

Apakah anda percaya dengan Karma? Karma adalah suatu keadaan yang terjadi lagi kepada diri kita berdasarkan apa yang telah kita perbuat. Karma juga dapat disebut dengan hukum sebab akibat. Anda yang menuai benih maka andalah yang akan memanen hasilnya. Cocok juga dengan pribahasa tidak ada api maka tidak ada asap.

 

Saya percaya dengan karma. Sesuatu hal terjadi pada kehidupan kita bisa saja karena nasib tetapi kebanyakan adalah buah hasil dari perkataan serta perbuatan kita sebelumnya. Bisa saja anda melakukan sesuatu perbuatan, maka yang menerima hasilnya adalah orang yang anda kenal atau anda sayangi. Sebagai contoh ayah saya senang menolong orang orang kecil dengan memberikan barang dagangannya secara gratis atau dengan harga yang relatif murah tentu saja selama ayah tidak merugi. Di lain kesempatan, ketika itu adik saya membutuhkan batang ubi kayu untuk dibawa sebagai tugas dari sekolahnya. Aku dan adikku telah mencari ke banyak tempat yang menjual tanaman tapi mereka tidak menjualnya. Akhirnya aku memutuskan pergi agak jauh dari kota dan mencari penjual ubi kayu. Sayang sekali dia hanya menjual ubi kayunya saja. Sang penjual yang melihat saya gelisah menanyakan apa yang sedang dicari dan saya pun mengatakannya. Tiba tiba dia menyuruh saya menunggu sebentar. Dia pun menuju ke sebuah lahan kosong sambil membawa parang panjang. Ow, rupanya disana ada beberapa pohon ubi kayu dan tanpa diminta dia menebangnya untuk kami dan memberikannya kepada adikku. Alangkah senangnya hatiku karena tidak saja adikku tidak perlu cemas lagi karena telah menemukan tugasnya untuk besok, tetapi saya juga terharu oleh kebaikan hatinya. Sungguh tanpa pamrih dia melakukannya. Ketika saya ingin membayarnya pun, dia menolaknya. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih dan semoga Dewa-Dewi yang akan membalas kebaikannya. Kebaikan orang-orang yang tidak saya kenal ini berulang kali terjadi ketika suatu saat juga lagi lagi adik mendapat tugas membawa 5 butir biji jagung, kami mendapatkannya 1 kantong kecil secara gratis. Atau ketika kami harus menemukan sebatang besi kecil dan tukang service elektronik yang memberikannya kepada kami.

 
Hukum Karma itu Berlaku
Oleh karena itu, maka berbuat dan berucap hendaklah dipikirkan sebelumnya sebab akibat yang akan terjadi. Jika anda pikir itu akan melukai atau membuat sedih orang lain, maka janganlah melakukannya karena anda tidak mau diri sendiri atau orang yang anda sayangi sedih juga bukan? Tetapi jika sesuatu itu baik maka lakukanlah maka semoga karma baik akan selalu ada untuk anda.

 

Salam Tao!

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*