Intan Dalam Debu – the web

MAKANAN DAN KESEHATAN

Posted by adminidb September 11, 2012, under Volume 33 | No Comments





MAKANAN DAN KESEHATAN

Oleh: NN

 

MAKANAN DAN KESEHATAN
"Pernah suatu hari saya hendak melakukan perjalanan jauh, sehingga saya memilih menggunakan pesawat sebagai alat transportasi saya. Satu jam sebelum keberangkatan, saya telah sampai dan menunggu sambil melihat sekeliling saya. Saat di ruang tunggu, saya melihat seorang anak kecil yang gemuk kira-kira berusia 10 tahun bersama ibunya yang juga overweight, si anak dan ibunya sedang memakan donat yang 1 kotaknya berisi 6 buah. Setelah makanannya habis, tak lama terdengar pengumuman bahwa pesawat delay 1 jam. Selama menunggu pesawat delay, si anak dan ibunya membuka bekal lainnya dari plastik, yaitu 2 kotak paket McDonals paket jumbo beserta minumnya dan mereka pun makan dengan lahapnya. Dalam hitungan 15 menit mereka menghabiskan semua makanan. Kira-kira beristirahat 10 menit, mereka membuka lagi stok makanan yang lain berupa bakpao. Sambil duduk menunggu mereka memakan bakpao tersebut. Selama menunggu, mulut mereka pasti selalu terisi oleh makanan."

 

MAKANAN DAN KESEHATAN
Setiap manusia pasti memiliki rasa lapar. Rasa inilah yang mendorong seseorang untuk makan. Sehingga pada awalnya, makanan adalah suatu kebutuhan pokok untuk menunjang kelangsungan hidup. Namun pada akhir-akhir ini, arti makanan telah bergeser menjadi suatu kesenangan hidup. Hal ini terjadi karena munculnya beraneka macam dan rasa makanan, kemajuan teknologi dalam mengolah makanan, adanya peningkatan finansial, pengaruh lingkungan/pergaulan, serta adanya jiwa berpetualang kuliner.

 

Pada kenyataannya, apakah tubuh kita membutuhkan makanan sebanyak itu dalam sekali makan? Jawabannya adalah TIDAK. Kelebihan kalori yang didapat dari makanan tersebut akan disimpan pada jaringan tubuh kita seperti otot, lapisan kulit, dan lainnya. Jika tidak dipakai akan bertumpuk menjadi lemak. Inilah awal dari masalah kesehatan pada tubuh kita. Lemak ini juga dapat mengendap pada pembuluh darah kita, yang paling berbahaya adalah mengendap pada pembuluh darah jantung dan otak. Jika pada jantung dapat menyebabkan penyakit jantung, jika pada otak dapat menyebabkan stroke.

 

Dari sini dapat kita lihat bahwa, pola makan dan kebiasaan makan yang salah sangat erat hubungannya dengan penyakit yang muncul pada tubuh kita. Karena MULUT MU adalah SUMBER PENYAKIT MU, maka dibutuhkan KESADARAN dan KEMAUAN untuk merubah kebiasaan yang tidak baik. MAKANAN DAN KESEHATANBeberapa Contoh kebiasaan yang tidak baik: makan dengan porsi yang banyak, selalu mengkonsumsi makanan yang manis / asin / mengandung penyedap rasa yang tinggi, tidak bisa makan tanpa cabe / sambal, selalu makan junkfood & berminyak.

 

Mengapa kita harus perhatian terhadap tubuh kita? Karena tubuh kita adalah aset dan investasi. Tubuh ini adalah bentuk fisik yang digunakan manusia untuk beraktivitas. Tanpa fisik sehat, maka mustahil kita dapat melakukan aktivitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat dan menjaga fisik kita. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh kita?

 

  • Kita harus bisa mengerem KEINGINAN MAKAN (WANT) kita. Makan sesuai KEBUTUHAN TUBUH (NEED).
  • Tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan walaupun itu makanan yang mengandung gizi atau vitamin yang tinggi. Karena, jika berlebih semua itu akan dibuang oleh tubuh.
  • Pola makan harus teratur yaitu tiga kali dalam sehari dan makan tepat pada waktunya.
  • Luangkanlah waktu untuk melakukan aktivitas olahraga indoor ataupun outdoor. Tidak harus dengan olahraga yang menguras stamina tapi bisa dengan menyapu, mengepel, bersih-bersih, berjalan kaki atau bersepeda di pagi hari selama 30 menit
  • Rajin Lien Kung, Chi kung dan Cing Co, karena ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita

 

Beberapa cara tersebut di atas sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang baik maka diperlukan satu kontinuitas. Dengan rutinitas dan kemauan, akan menimbulkan suatu hasil positif dalam metode sederhana tersebut.

 

Untuk itu, dari sekarang masing - masing dari kita cobalah untuk mulai peka terhadap pola makan diri sendiri. Apakah pola makan saya sudah baik? Dan apakah saya sudah menjaga tubuh dengan asupan gizi yang benar? Kalau jawabannya adalah TIDAK, cobalah tips-tips sederhana tadi :) semoga bermanfaat!

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*