Intan Dalam Debu – the web

Perayaan Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu

Posted by adminidb September 11, 2012, under Volume 33 | No Comments





Perayaan Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu

Oleh : Muda-mudi Tao Palembang

 

Dalam rangka merayakan Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu ( ), perkumpulan Sinar Agung Tao Palembang mengadakan serangkaian acara pada hari Kamis, Tanggal 5 Oktober 2011 di Tao Kwan Sinar Agung Tao Palembang. Acara ini tepat dilaksanakan pada Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu yaitu tanggal 9 bulan 9 Imlek. Acara dimulai pada pukul 19.30 WIB dan berakhir pada pukul 21.30 WIB.

 
Perayaan Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu
Acara dibuka dengan Upacara Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu. Di dalam acara tersebut dilakukan sembahyang bersama, Lien Kung, pembuatan air suci (Fak Sui), dan menyanyi lagu Sien Ni Sung. Acara berikutnya adalah acara hiburan yang dibawakan oleh muda-mudi Tao Palembang, yakni drama Dewi Nu Wo Menambal Langit.

 

Kisah Nu Wo Menambal Langit merupakan salah satu legenda yang tersohor di Tongkok. Dikisahkan pada suatu hari, salah satu tiang yang menopang langit patah akibat pertempuran antara Gong Gong si Dewa Air dan Zhu Rong si Dewa Api. Patahnya tiang langit ini menyebabkan banjir besar di Shen Zhou (sebutan untuk Tiongkok kuno) dan kebakaran hutan di beberapa bagian negeri itu. Binatang buas lari lintang-pukang menerjang pemukiman manusia. Malapetaka ini menyebabkan Nu Wo sedih sekali. Ia melebur batu lima warna untuk menambal langit yang bocor, memperbaiki tiang yang patah, mengganjal tepi angkasa yang miring dengan kaki kura-kura raksasa, memadamkan api, dan mengeringkan banjir. Manusia dapat kembali hidup tenteram dan damai berkat jerih payah Nu Wo.

 
Perayaan Hari Kebesaran Dewi Jiu Tian Xuan Nu

Acara dilanjutkan dengan santap malam bersama dan pengambilan door prize. Acara terakhir adalah Sio Poe untuk patung Dewi Jiu Tian Xuan Nu. Sementara para Taoyu melakukan Sio Poe, Taoyu - Taoyu yang lain asyik foto-foto bersama para pemeran drama. Suasana menyenangkan dan acara berlangsung seru. Luar biasa!

 

Xie Shen En

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*