Intan Dalam Debu – the web

PLACENTA

Posted by adminidb September 10, 2012, under Volume 33 | No Comments





PLACENTA

Oleh : Gu Guo Hui

 
PLACENTA
Placenta (ari-ari) adalah organ yang tumbuh saat terjadi pembuahan antara sel telur (ovum) dengan sel sperma didalam rahim seorang calon ibu, pembentukan organ ari-ari ini gunanya adalah untuk menghubungkan antara janin dengan dinding rahim untuk menyalurkan nutrisi, mengeleminasi limbah dari janin, dan pertukaran gas melalui darah sang ibu sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang membentuk manusia sempurna. Singkatnya Ari-ari adalah organ penghubung (konektor) antara bayi dan ibu.

 

Ari-ari hanya ada saat seorang ibu sedang mengandung calon bayi, dan ari-ari tersebut akan keluar bersamaan dengan saat bayi itu dilahirkan. Saat bayi lahir, ari-ari itu tidak dapat lagi dipergunakan sebagai media penyerapan makanan, pernapasan, dsb. Setelah bayi itu lahir maka seluruh organ-organ tubuhnya sempurna untuk digunakan sebagaimana mestinya sebagai seorang manusia. Makanan masuk melalui mulut, pernafasan melalui hidung, dsb.

 

Kesimpulannya ari-ari ini adalah organ yang sangat penting, penting terutama bagi sang bayi saat masih berada dalam perut sang ibu, dan fungsinya akan berhenti disaat bayi dilahirkan. Perlukah kita memperlakukan secara khusus ari-ari ini sesaat setelah bayi dilahirkan? Karena hampir sebagian besar dari kita sudah banyak terpengaruh oleh budaya lokal akan hal ini.

 

Mari kita umpamakan telor ayam, cangkang telor dan segala isinya adalah bagian-bagian yang sangat penting bagi pembentukan calon anak ayam. Namun setelah anak ayam itu menetas tentu cangkang telor dan selaput-selaput didalamnya tidak lagi berguna bagi anak ayam itu. Seekor ular yang berganti kulit secara periodik, tentu tidak lagi membutuhkan kulitnya yang lama. Keong dan udang juga demikian, saat kulit luarnya yang keras tidak lagi dapat menampung pertumbuhan tubuhnya tentu secara alamiah akan menggantinya dengan yang baru untuk terus hidup.

 

Jika kita ambil perumpamaan dari diri kita, rambut yang tumbuh memanjang dan pada waktunya perlu juga dicukur untuk merapikannya, kuku yang panjang sebaiknya dipotong. Semuanya itu adalah proses alamiah yang normal dan wajar. Jadi bagi kita ari-ari ini tidaklah diperlukan perlakuan spesial, cukup dicuci bersih lalu dipendam dihalaman rumah, atau jika kita tidak mau repot dapat juga dititipkan pihak rumah sakit untuk mengurusnya.

 

Ari-ari bukanlah mahluk hidup yang bernyawa, bukan juga saudara kembar si bayi, organ ini memang penting bagi calon bayi saat dalam rahim. Jadi sebaiknya kita tidak lagi takut-takut akan hal ini. Karena memang itu adalah proses alamiah dari kehidupan manusia.

 

Bahkan berkat penelitian di negara barat, sekarang ini placenta banyak digunakan untuk kosmetika kecantikan kulit awet muda, obat luka bakar, dan obat-obatan.

 

Salam Tao

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*