Intan Dalam Debu – the web

Asah Otak: Siapa Berbohong ?

Posted by adminidb June 11, 2013, under Volume 4 | No Comments





Asah Otak: Siapa Berbohong ?

Intan Dalam Debu

 

Jaman dahulu kala, didesa Xi Dong, sebuah desa kecil di kerajaan Tiongkok Barat Daya, tinggal tiga suku dengan penduduknya yang aneh sifatnya. Mereka yang tinggal di daerah selatan dikenal sebagai suku Ngi selalu berkata bohong; mereka yang tinggal di daerah utara dikenal sebagai suku Lun selalu berkata jujur; sedangkan mereka yang tinggal di tengah disebut suku GU, kadang-kadang jujur dan kadang-kadang bohong.

 

Di pegunungan sebelah utara desa itu tinggal seorang guru TAO yang terkenal bijaksana dan arif. Suatu hari Sang Guru turun gunung mengunjungi desa tersebut untuk menghadiri pesta pernikahan putri kepala suku Lun. Pada kesempatan itu, ia disambut oleh tiga orang wakil dari tiap suku tersebut. Mereka berpakaian berbeda sesuai dengan pakaina adatnya masing-masing. Tetapi ia tidak tahu dari suku manakah tiap orang tersebut. Merupakan adat setempat waktu itu, seorang tamu memberikan hadiah / bingkisan, yang harus diberikan pada penerima tamu yang mewakili sukunya. Karena Sang guru tidak tahu penerima tamu yang mana yang mewakili suku Lun, dan tidak ingin salah memberikan hadiah, maka ia bertanya kepada tipa orang tersebut asal-usul mereka.

 

Tiga orang tersebut menjawab:

Orang ke-1: “Saya orang suku Lun”

Orang ke-2: “Saya orang suku Ngi”

Orang ke-3: “Mereka berdua bohong,lho...!! Saya sendiri adalah orang suku Gu....!”

 

Mendengar jawaban itu, Sang Guru tidak percaya begitu saja. Ia berpikir-pikir sebentar untuk mencari kebenarannya. Meskipun demikian ia yakin bahwa tiap-tiap orang tersebut berasal dari suku yang berlainan.

 

Nah, bila anda sebagai murid Sang Guru, bisakah anda membantu Guru anda dengan alasan yang logis menentukan berasal dari suku manakah orang ke-1, ke-2, dan ke-3 ?

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*