Intan Dalam Debu – the web

Kelebihan Kungfu Sebagai Olahraga

Posted by adminidb June 3, 2013, under Volume 4 | No Comments





Kelebihan Kungfu Sebagai Olahraga

Oleh : Daniel D

 

Berbagai macam jenis olahraga dapat kita pilih sebagai hobby kita. Disamping sebagai hobby, olahraga juga memiliki fungsi untuk kesehatan jiwa dan raga. Ada banyak jenis olahraga, dari yang bersifat kelompok maupun yang individuil, yang bersifat permainan atau yang memiliki nilai seni, dari yang sangat aman hingga yang berbahaya.

 

Pemilihan jenis olahraga tergantung selera, karakter dan pertimbangan kita.

 

Saya sendiri tertarik pada olahraga beladiri, khususnya kungfu. Hal itu adalah karena merasakan kebutuhan yang lebih daripada hanya sekedar olahraga gerak badan saja. Ada beberapa manfaat lain yang bisa kita peroleh. Yang paling jelas adalah bahwa disamping olahraga, juga menguasai teknik beladiri.

 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membicarakan kelebihan kungfu sebagai olahraga beladiri dibandingkan dengan jenis olahraga lain, ditinjau dari sudut fisik, mental dan pengetahuan.

 

Dari segi fisik, kungfu melatih tidak saja otot-otot kita saja, tetapi juga organ dalam, darah, kulit, tulang, dll. Di dalam kungfu, aspek kekuatan tidak hanya ditimbulkan hanya dari Lik (kekuatan tenaga) saja, tetapi juga menimbulkan kekuatan yang disebut Cing (tenaga ledakan / impulse). Ada banyak macam Jing yang bisa dipelajari, tetapi untuk hal ini kita bahas lain kali saja karena terlalu khusus. Disamping power, kita juga melatih stamina / daya tahan kita (nai lik).

 

Bila kita bicara mengenai olahraga secara umum, maka tidak bisa lepas membicarakan mengenai stamina ini. Didalam kungfu, kita melatih berbagai macam stamina yang tidak terdapat di dalam jenis olahraga lainnya:

  1. Stamina Dinamis.
    Tidak seperti stamina statis seperti pada olahraga lainnya seperti angkat besi, kungfu melatih stamina kita untuk bergerak.
  2. Stamina dari seluruh tubuh.
    Kungfu melibatkan seluruh bagian tubuh kita. Kebanyakan olahraga lain menitik beratkan pada salah satu atau beberapa bagian tubuh saja. Pelatihan termasuk kelenturan dan koordinasi gerak serta keseimbangan disamping nilai-nilai estetikanya.
  3. Stamina dari metabolisme Aerobic (oxygenic) dan Anaerobic.
    Kungfu merupakan olahraga yang memiliki kombinasi metabolisme aerobik dan anaerobik. Tidak seperti dalam olahraga marathon yang 98% membutuhkan metabolisme aerobik.
  4. Stamina terhadap kecepatan.
    Dalam pertarungan dibutuhkan stamina kecepatan yang tinggi dan percepatan/impuls yang terkendali. Meskipun olahraga lain (misal: bulutangkis) membutuhkan kemampuan impuls yang juga tinggi, tetapi hanya terbatas di beberapa jenis saja. Kungfu memiliki beberapa jenis impuls (CING) yang tidak terdapat pada jenis olahraga lainnya.
  5. Stamina terhadap daya tahan pukulan.
    Hal yang spesifik untuk jenis olahraga beladiri, yang mana kita perlu juga melatih ketahanan terhadap pukulan dan bantingan.

 

Disamping itu kungfu juga memiliki kelebihan dalam membina jiwa/mental kita, yang membedakannya dari jenis olahraga yang lain:

  1. Menambah kepercayaan diri
  2. Disamping fisik juga melatih mental dan pikiran kita
  3. Menimbulkan kewaspadaan yang tinggi
  4. Memupuk kegesitan dan kelincahan mental
  5. Lebih menumbuhkan jiwa ksatria
  6. Mempertebal kedisiplinan dan keuletan yang lebih tinggi karena sifat latihannya yang sulit dan lama
  7. Melatih kita untuk lebih banyak berpikir disamping hanya sekedar menggunakan otot belaka

 

Dari segi pengetahuan, kita juga akan lebih mengenal dan mengetahui bagian-bagian tubuh kita baik fungsi serta kelebihan dan kelemahannya.

 

Dalam tingkat yang lebih tinggi, kita bisa merasakan adanya aliran energi melalui saluran energi (meridian) kita. Hal yang terakhir ini sangatlah membantu kita untuk mempelajari CHI KUNG dan CING CO.

 

Di samping itu, dari segi pengetahuan kita juga lebih memahami hukum-hukum fisika mekanika yang dapat dirasakan secara langsung dalam aplikasi jurus-jurusnya. Dan bila kita berpikir mengenai "teknik" maka juga tidak lepas dari konsep strategi, yang mana merupakan suatu konsep yang tidak terlepas dari mempelajari kejiwaan manusia beserta tingkah lakunya. Mempelajari lebih jauh lagi, kita akan mulai tertarik pada kefilsafatan. Pendek kata dapat disimpulkan bahwa berlatih kungfu akan memberikan jalan untuk lebih maju setahap lagi dalam SIU TAO kita.

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*