Intan Dalam Debu – the web

Perlahan Berlatih, Pasti Timbul “ADA”

Posted by adminidb May 30, 2013, under Volume 4 | No Comments





Perlahan Berlatih, Pasti Timbul "ADA"

Dari : Liem Kien Kok (Kediri)

 

Jika kita berlatih dalam TAO, tentu kita menginginkan suatu hasil berupa tambahnya kekuatan kita. Demikian pula saya ingin pula segera mendapatkan hasil atau kekuatan-kekuatan itu (KUNG LIK). Sehingga pada awal-awal menerjuni SIU TAO, sering berlatih lebih dari dua kali sehari, itupun memakan waktu lebih dari setengah jam setiap kali latihan.

 

Begitu mendapatkan pengalaman menakjubkan waktu tangan digerakkan oleh Dewa dalam berlatih TAO YING SUK, segera terpikir bahwa seakan-akan semuanya adalah mungkin (bisa). Maka kukejar dengan secepatnya.

 

Tapi setelah banyak waktu latihan over dosis, dari SE FU juga dari para Senior kita, saya diberitahu bahwa latihan kita ibarat makan. Sehari cukup makan tiga kali, maka anak akan menjadi besar dan dewasa bersamaan dengan berjalannya waktu.

 

Bukannya dengan memakan jumlah makanan yang berlipat seorang anak tiba-tiba menjadi dewasa, bisa-bisa malah akan sakit perut dan sakit.

 

Demikianlah, walaupun sudah diberitahu sejak awal-awal, tapi masih saja sering saya lupa prinsip ini. Sehingga setelah lama berlatih tetap saja mengejar hasil dengan latihan yang over dosis. Hasilnya adalah saya menjadi seperti orang yang kekenyangan makan, saya mengalami kelelahan fisik dan pikiran, karena mengejar hasil latihan dengan terburu-buru.

 

Latihan TAO YING SUK kita juga memberikan hasil yang melapisi, bersamaan dengan berjalannya waktu maka lapisan hasil dan kekuatan (KUNG LIK) itu semakin lama makin tebal dan makin menyatu. Seperti mengecat maka harus dioleskan selapis demi selapis, bukannya satu kaleng cat langsung ditumpahkan kesatu tempat saja, bagaimana bisa menempel pada semua permukaan ? Tentu saja semua akan tumpah tidak karuan dan terbuang sia-sia.

 

Bersamaan dengan berjalannya waktu, maka setelah cukup agak lama berlatih, kekuatan-kekuatan itu barulah muncul-muncul dengan sendirinya, seperti tahu-tahu ada; prosesnya tidak saya sadari.

 

Justru hasil yang demikian ini cukup awet saya rasakan, artinya selama ini tetap ada dan tidak hilang. Sedang hasil-hasil latihan yang didapat dari latihan yang ngoyo justru cepat sekali hilang.

 

Dikatakan bahwa hasil latihan TAO yang sejalan dengan berjalannya waktu, adalah seperti kemampuan orang yang menjadi dewasa, seperti kekuatan fisik yang yang dimiliki seseorang yang telah menginjak dewasa.

 

Anak-anak dapat saja dilatih dengan latihan angkat berat / angkat besi dan menjadi kuat. Tapi kekuatan itu seperti sementara saja, jika tidak dilatih maka akan hilang seperti luntur saja. Tidak seperti kekuatan fisik seorang dewasa yang tentu saja tidak dapat hilang begitu saja. Nah, inilah hasil yang sewajarnya bukan karbitan seperti yang didapat anak-anak yang dipaksa dengan berat.

 

Demikian pula dalam berlatih TAO YING SUK, saya merasa bahwa kekuatan dan hasil yang diperoleh dengan berlatih sewajarnya secara konsisten dan teratur bersamaan dengan jalannya waktu adalah kekuatan dan hasil yang sebenarnya. Dan biasanya semua orang yang menjalani demikian juga sama-sama bisa mendapatkan hasil seperti itu.

 

Untuk itulah saya mengajak TAOYU sekalian, untuk tidak terlalu mengharapkan hasil-hasil yang bersifat tidak permanen, dan selalulah tetap berlatih sehingga setelah latihan kita matang, maka hasil yang didapat bukanlah sekedar hasil yang semu melainkan adalah hasil yang sebenarnya.

 

Sedangkan untuk hal-hal kejadian mendadak, janganlah dijadikan alasan untuk berlatih ngoyo. Karena latihan kita bukanlah seperti latihan yang lainnya, dalam latihan kita ada Dewa yang membimbing dan melindungi, sehingga untuk kesulitan-kesulitan mendadak justru Dewa kita akan turun tangan membantu atau memberi peringatan.

 

Seperti saya, hendaknya mengingat, bahwa dalam kesulitan hendaknya mohon pertolongan Dewa, sambil kita sendiri berusaha mengatasinya. Karena tidaklah benar mewajibkan Dewa harus menolong kita jika kita tidak mau mohon pertolongannya dan juga tidak mau berusaha. Sekian saja tulisan saya ini, semoga berguna. Salam TAO !!!

Share

No comment yet.

Leave a Reply








*